Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Persamaan Kedudukan Warga Negara

Persamaan Kedudukan Warga Negara

Ratings: (0)|Views: 3,233|Likes:
Published by Inggy Aprilia

More info:

Published by: Inggy Aprilia on Jan 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/29/2013

pdf

text

original

 
Pendidikan Kewarganegaraan| 1
Persamaan Kedudukan Warga Negara
H  
ak-hak Dasar Warga Negara Kewajiban Dasar Warga Negara Ras  Agama Golongan Suku dan Budaya Gender  Asas-asas Kewarganegaraan Stelsel  Keawrganegaraan Pengertian Warga Negara Pengertian Kewarganegaraan Pengertian Pewaganegaraan 
Persamaan Kedudukan Warga Negara dalam Berbagai Aspek 
Pengertian Warga Negara,Kewarganegaraan, dan Pewarganegaraan  Asas dan Stelsel  Kewarganegaraan Penjelasan Undang- Undang Nomor 12 Tahun 2006 Persamaan Kedudukan Warga Negara dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara Persamaan Kedudukan Warga Negara tanpa membedakan Ras, Agama,Gender, Golongan, Suku dan Budaya 
 
Pendidikan Kewarganegaraan| 2 
Persamaan Kedudukan Warga Negara
1.
 
Pengertian Warga Negara, Kewarganegaraan dan Pewarganegaraan 
1.1.
 
Warga Negara
Warga negara yaitu mereka yang berdasarkan hukum tertentu merupakan anggotadari suatu negara, dengan status kewarganegaraan warga negara asli atau warganegara keturunan asing.
1.2.
 
K
ewarganegaraan
Kewarganegaraan memiliki arti keanggotaan yang menunjukan hubungan atau ikatanantara negara dan warga negara. Adapun menurut undang-undang kewarganegaraanRI kewarganegaraan adalah segala ikhwal yang berhubungan dengan negara.
1.3.
 
P
ewarganegaraan
Pewarganegaraan adalah tata cara bagi orang asing untuk memperolehkewarganegaraan RI melalui permohonan.
2.
 
Asas dan Stelsel Kewarganegaraan 
2.1.
 
Asas-asas
K
ewarganegaraan
U
ntuk menentukan kewarganegaraan seseorang, dikenal dua macam asas, yaituasas ius sanguinis (azas keturunan) dan asas ius soli (tempat kelahiran).
Ë
 
Ius Sanguinis, adalah asas yang menentukan kewarganegaraan seseorangmenurut pertalian darah atau keturunan dari orang yang bersangkutan. Jadi,yang menentukan kewarganegaraan seseorang ialah kewarganegaraan orangtuanya, dengan tidak mengindahkan di mana ia sendiri dan orang tuanya berada dan dilahirkan. Contoh: Seseorang yang dilahirkan di negara A, tetapiorang tuanya warga negara B, maka orang tersebut tetap menjadi warganegara B (dianut oleh negara RRC).
Ë
 
Ius Soli, adalah asas yang menentukan kewarganegaraan seseorang menurutdaerah atau negara tempat di mana ia dilahirkan. Contoh: Seseorang yangdilahirkan di negara A maka ia akan menjadi warga negara A, walaupunorang tuanya adalah warga negara B. Asas ini dianut oleh negara Inggris,Mesir, Amerika, dan lain-lain.Adanya perbedaan dalam menentukan kewarganegaraan di beberapa negara, baik yang menerapkan asas ius soli maupun ius sanguinis, dapat menimbulkan duakemungkinan yaitu apatride dan bipatride.
 
Pendidikan Kewarganegaraan| 3
 Apatride
, adalah adanya seorang penduduk yang sama sekali tidak mempunyai kewarganegaraan. Contoh: Seorang keturunan bangsa A (ius soli)lahir di negara B (ius sanguinis). Maka orang tersebut tidaklah menjadi warganegara A dan juga tidak dapat menjadi warga negara B. Dengan demikian,orang tersebut tidak mempunyai kewarganegaraan (apatride).
 B
ipatride
, adalah adanya seorang penduduk yang mempunyai dua macamkewarganegaraan sekaligus (kewarganegaraan rangkap). Contoh: Seorangketurunan bangsa B (ius sanguinis) lahir di negara A (ius soli). Oleh karena iaketurunan bangsa B maka dianggap sebagai warga negara B. Akan tetapi,negara A juga menganggap warga negaranya karena berdasarkan tempatlahirnya.
2.2.
 
Stelsel
K
ewarganegaraan
Dalam Menentukan suatu kewarganegaraan seseorang dalam suatu negara, pemerintah menggunakan dua stelsel yaitu stelsel aktif dan stelsel pasif.
menghasilkan
Hak Opsi adalah hak untukmemilih kewarganegaraanHak Repudiasi adalah untukmenolak kewarganegaraan
Stelsel Aktif adalah cara seseorang untuk memperoleh status kewarganegaraan suatunegara tertentu dengan melakukantindakan atau perbuatan hukum tertentu.Stelsel Pasif adalah cara seseorang untuk memperoleh status kewarganegaraansuatu negara tertentu tanpa melakukantindakan atau perbuatan hukum tertentu.

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Tulik Mamaeabid liked this
Joudy Supit liked this
Ayoek Iecha liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->