Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Aliran Realisme

Aliran Realisme

Ratings: (0)|Views: 82 |Likes:
Published by Shidiq Slankers

More info:

Published by: Shidiq Slankers on Jan 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/18/2013

pdf

text

original

 
Aliran Realisme
Realisme merupakan aliran yang memandang dunia tanpa ilusi, mereka menggunakanpenghayatan untuk menemukan dunia. Salah seorang tokoh Realisme yang bernama “Courbet” dariPerancis mengatakan :“TUNJUKANLAH KEPADAKU MALAIKAT, MAKA AKU AKAN MELUKISNYA, artinya ia tidak akan melukissesuatu yang tidak ditunjukkan kepadanya (sesuatu yang tidak real/nyata). Aliran Realisme selalumelukiskan apa saja yang dijumpainya tanpa pandang bulu dan tanpa ada idealisasi, distorsi ataupengolahan-pengolahan lainnya. Gustave Courbet (1819-1877) memandang bahwa lukisan itu padadasarnya seni yang kongkrit. Lukisan-lukisan Courbet selalu menampilkan kenyataan hidup yangpahit seperti “Lukisan Pemecah Batu” dll. Lihat contoh pada lampiran.
 
Aliran Impresionisme
Apabila ada orang mendengar istilah Impresionisme, maka asosiasi mereka biasanya tertuju padalukisan-lukisan yang impresif, yaitu lukisan yang agak kabur dan tidak mendetail. Claud Monetbukan tokoh impresionisme, tetapi aliran impresionisme banyak diilhami oleh penemuan-penemuanClaud Monet dalam setiap lukisannya. Seorang tokoh impresionisme dari Prancis bernama PiereAuguste Renoir (1841-1919).Pelukis ini sangat gemar melukis wanita, baik dalam kondisi berpakaian maupun tanpa busana.Lukisan impresionis sangat dipengaruhi oleh keadaan cuaca, karena melukis dilakukan di luarstudio. Lukisan impresionis biasanya tidak mempunyai kontur yang jelas dan nampak hanya efek-efek warna yang membentuk wujud tertentu.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->