Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Holcim - Langkah Membangun Rumah

Holcim - Langkah Membangun Rumah

Ratings: (0)|Views: 1,168 |Likes:
Published by Andrei Ramani
Originally from www.membangunbersama.com
Originally from www.membangunbersama.com

More info:

Published by: Andrei Ramani on Jan 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/02/2013

pdf

text

original

 
Step By Step
– 
Membangun Rumah
 http://www.membangunbersama.com 
1
TAHAP PRA-PERENCANAAN
Financing 101
Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki tanah dan membangun rumah secara kredit, kini adabanyak institusi perbankan yang menawarkan kredit pemilikan tanah dan kredit pembangunanrumah dengan masa kredit hingga 20 tahun dengan ketentuan dan persyaratan yang beragamsesuai dengan institusi yang menawarkannya.Untuk kredit pembangunan rumah, sebagian besar produk lokasi pembangunan di lahan yangstrategis menurut penilaian pihak bank dan tanah yang akan dibangun harus minimal bersertifikatHak Guna Bangunan atas nama pemohon kredit.Di samping syarat status kepemilikan atas tanah, ada berbagai persyaratan lain yang harusdipenuhi yang beragam sesuai dengan institusi yang memberikan seperti penghasilan tetap, lamakerja/usaha, status dan latar belakang keuangan dan kredit, dokumen-dukumenkewarganegaraan, pajak, dan usaha.Beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih institusi penyedia kredit antara lain:1. KredibilitasKarena kredit pemilikan tanah biasanya berjangka panjang, pastikan kredibilitas penyedia kredityang Anda pilih benar-benar baik tidak timbul masalah di tengah jalan.2. Suku BungaSekarang ini berbagai institusi berlomba-lomba menawarkan kredit. Cermati dan bandingkanpenawaran tingkat suku bunga dan perhitungan bunga dari berbagai institusi sebelum Andamemilih.3. Persyaratan dan BirokrasiPerhatikan persyaratan dan birokrasi dari institusi penyedia kredit apakah dapat Anda penuhi danapakah terstruktur dengan baik. Pastikan Anda benar-benar memahami sistem birokrasinya agarAnda tidak melakukan kelalaian administratif yang dapat dihindari.4. Pelunasan Kredit Sebelum Jatuh TempoPerhatikan juga ketentuan pelunasan kredit sebelum jatuh tempo dari berbagai institusi penyediakredit tersebut, manakah yang paling sedikit membebani Anda.Terlepas dari berbagai persyaratan kredit dari bank, pengajuan kredit untuk kepemilikan tanahakan memberikan dampak panjang bagi keuangan Anda dan keluarga. Anda juga harus ingatbahwa tidak hanya biaya cicilan bulanan yang harus dibayarkan, tetapi juga biaya Pajak Bumi danBangunan serta biaya pemeliharaan rumah.
 
Step By Step
– 
Membangun Rumah
 http://www.membangunbersama.com 
2
Buying The Land
Setelah menemukan kavling yang benar-benar tepat, tiba waktunya Anda membeli tanahtersebut. Bila dalam pemilihan lahan Anda mencermati kebutuhan dan aktivitas, maka dalamproses pembelian hal utama yang harus dicermati adalah masalah legalitas. Beberapa hal yangperlu dicermati menyangkut legalitas adalah:- Status kepemilikan tanahDi Indonesia berlaku berbagai tingkat status kepemilikan tanah yaitu Hak Milik, Hak Guna Usaha,Hak Guna Bangunan, dan Hak Pakai. Semua status kepemilikan ini legal dan dapat digunakanuntuk membangun rumah, hanya saja rentang waktu kepemilikannya beragam. Statuskepemilikan Hak Milik adalah status yang paling tinggi karena tanah dapat dimiliki selamanya dan
dapat diwariskan, sedangkan Hak Guna Bangunan hanya dapat “dimiliki” hingga maksimum 30
tahun dan Hak Guna Usaha dan Hak Pakai hanya berlaku hingga 25 tahun.- Status sengketaSebelum membeli, pastikan tanah memiliki sertifikat kepemilikan dan tidak dalam statussengketa. Untuk mengecek status tanah yang diinginkan, Anda dapat bertanya ke BPN.- Akta Jual Beli TanahSetelah Anda membuat kesepakatan jual beli dengan pemilik tanah, maka Anda harus mengurusAkta Jual Beli Tanah di kantor Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) agar Anda dapat mengurusbalik nama sertifikat dan menjadi pemilik tanah secara legal.Dalam pengurusan jual beli tanah sebaiknya Anda didampingi oleh notaris dari awal sebelumAnda membuat kesepakatan hingga selesai pengurusan balik nama agar Anda dapatmengkonsultasikan berbagai hak dan kewajiban yang berkaitan dengan kepemilikan tanahtersebut dan agar proses jual beli dapat berlangsung lancar tanpa masalah di kemudian hari.
The Perfect Lot
Setelah menemukan kawasan dan menentukan kebutuhan lahan yang Anda inginkan, kini saatnyauntuk menemukan kavling yang paling tepat. Cara yang paling cepat untuk menemukan kavlingyang tepat adalah dengan menggunakan jasa makelar tanah. Dengan menggunakan jasa makelartanah yang biasanya dibayar dengan sistem komisi ini, Anda tinggal menyebutkan wilayah,ukuran, dan kriteria yang diinginkan, makelar kemudian akan mencarikan pilihan lahan yangsesuai dan mengantarkan Anda untuk melihat-lihat lokasi. Tetapi tanpa makelar pun, bila Andamemiliki cukup waktu dan tenaga, Anda dapat mencari kavling sendiri.Baik dengan ataupun tanpa jasa makelar, Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalammemilih kavling, seperti:
 
Step By Step
– 
Membangun Rumah
 http://www.membangunbersama.com 
3- Kavling sebaiknya berada di daerah yang memiliki akses PAM dan PLN, dan berakses langsung ke jalan raya.- Sebaiknya pilih kavling yang berorientasi timur-barat agar bangunan Anda nanti mendapatkancukup pencahayaan alami.- Periksa kelayakan kondisi saluran air dan drainase di lingkungan sekitar agar terhindar daribanjir.- Jangan sampai ada jalur pipa gas atau aliran listrik tegangan tinggi di dekat kavling Anda.- Bila kavling yang Anda inginkan bukan merupakan bagian dari suatu kompleks perumahan makaperhatikan juga kondisi tanah apakah cukup stabil untuk mencegah bahaya longsor dan hindarimemilih kavling yang jauh lebih rendah dari bangunan-bangunan sekitarnya agar tidak terkenabanjir dan longsor.Selain pertimbangan kondisi-kondisi fisik di atas, Anda juga harus memastikan keamananlingkungan sekitar. Bila Anda akan tinggal bersama-sama dengan anak-anak dalam usiapertumbuhan perhatikan juga ketersediaan ruang terbuka hijau dan lingkungan pergaulan disekitarnya. Ada baiknya bila sebelum memutuskan membeli kavling tersebut, Andamenyempatkan diri untuk berbincang-bincang dengan penghuni sekitar.
Kebutuhan Ruang untuk Gaya Hidup
Seiring dengan pencarian lokasi yang tepat, Anda juga harus mulai menentukan kira-kira berapabesar kavling yang Anda butuhkan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan ruang Anda. Untukmenentukan kebutuhan ruang, Anda tentu harus tahu aktivitas apa saja yang akan dilakukan dirumah sesuai dengan gaya hidup Anda.Secara umum standar kebutuhan minimal ruang untuk 1 orang di Indonesia adalah 9 m2, tapitentu saja standar itu hanya cukup untuk kebutuhan yang paling mendasar saja. Selain kebutuhanruang dalam, Anda juga tentu perlu ruang terbuka seperti teras, kebun, atau halaman. Menurutstandar yang dikeluarkan oleh Departeman Pekerjaan Umum*, luasan minimum bangunan untuk4 orang adalah 36 m2, dan idealnya berdiri di lahan 200 m2. Tapi kebutuhan ruangan juga harusmempertimbangkan faktor gaya hidup seperti:- Apakah Anda akan sering menerima tamu di rumah yang mengharuskan Anda memiliki ruangberkumpul?- Apakah Anda bekerja di rumah sehingga membutuhkan ruang kerja, ruang kantor, dan ruangpenerimaan?- Apakah akan ada tamu atau keluarga yang sering menginap sehingga Anda membutuhkan kamartidur tamu?- Apakah ada pembantu yang akan tinggal di rumah?

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Indra Saputra liked this
Lhia Muth liked this
kingthala liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->