Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
5Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Ganglion

Ganglion

Ratings: (0)|Views: 512|Likes:
Published by mega

More info:

Published by: mega on Jan 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/12/2012

pdf

text

original

 
GANGLION Kista Ganglion atau biasa disebut Ganglion merupakan kista yangterbentuk dari kapsul suatu sendi atau sarung suatu tendo. Kista ini berisi cairankental jernih yang mirip dengan jelly yang kaya protein. Kista merupakan tumor  jaringan lunak yang paling sering didapatkan pada tangan. Ganglion biasanyamelekat pada sarung tendon pada tangan atau pergelangan tangan atau melekat pada suatu sendi; namun ada pula yang tidak memiliki hubungan dengan struktur apapun. Kista ini juga dapat ditemukan di kaki. Ukuran kista bervariasi, dapat bertambah besar atau mengecil seiring berjalannya waktu dan bahkan menghilang.Selain itu kadang dapat mengalami inflamasi jika teriritasi. Konsistensi dapatlunak hingga keras seperti batu akibat tekanan tinggi cairan yang mengisi kistasehingga kadang didiagnosis sebagai tonjolan tulang. Ganglion timbul padatempat-tempat berikut ini:
o
Pergelangan tangan – punggung tangan (
dorsal wrist ganglion
), pada telapak tangan (
volar wrist ganglion
), atau kadang padadaerah ibu jari. Kista ini berasal dari salah satu sendi pergelangantangan, dan kadang diperberat oleh cedera pada pergelangantangan.
o
Telapak tangan pada dasar jari-jari (
 flexor tendon sheath cyst 
).Kista ini berasal dari saluran yang menjaga tendon jari padatempatnya, dan kadang terjadi akibat iritasi pada tendon -tendinitis.
o
Bagian belakang tepi sendi jari (
mucous cyst 
), terletak di sebelahdasar kuku. Kista ini dapat menyebabkan lekukan pada kuku, dandapat menjadi terinfeksi dan menyebabkan infeksi sendi walaupun jarang. Hal ini biasanya disebabkan arthritis atau taji tulang padasendi.
 
Anatomi
Ganglion terjadi pada sendi, oleh karena itu perlu diketahui mengenaianatomi sendi. Ganglion ditemukan pada sendi diartrodial yang merupakan jenissendi yang dapat digerakkan dengan bebas dan ditemukan paling sering pada
wrist joint 
. Hal ini mungkin diakibatkan banyaknya gerakan yang dilakukan oleh
wrist joint 
sehingga banyak gesekan yang terjadi antar struktur di daerah tersebutsehingga memungkinkan terjadinya reaksi inflamasi dan pada akhirnyamengakibatkan timbulnya ganglion. Selain itu
wrist joint 
merupakan sendi yangkompleks karena terdiri dari beberapa tulang sehingga kemungkinan timbulnyairitasi atau trauma jaringan lebih besar.Jenis sendi diartrodial mempunyai unsur-unsur seperti rongga sendi dankapsul sendi. Kapsul sendi terdiri dari selaput penutup fibrosa padat sertasinovium yang membentuk suatu kantung yang melapisi seluruh sendi danmembungkus tendon-tendon yang melintasi sendi. Sinovium tidak terlalu meluasmelampaui permukaan sendi tetapi terlipat sehingga memungkinkan gerakansendi secara penuh. Lapisan-lapisan bursa di seluruh persendian membentuk sinovium. Sinovium menghasilkan cairan yang sangat kental yang membasahi permukaan sendi. Cairan sinovial normalnya bening, tidak membeku, dan tidak  berwarna. Jumlah yang ditemukan pada tiap sendi relatif sedikit (1-3 ml). Asamhialuronidase adalah senyawa yang bertanggung jawab atas viskositas cairansinovial dan disintesis oleh sel-sel pembungkus sinovial. Bagian cair dari cairansinovial diperkirakan berasal dari transudat plasma. Cairan sinovial juga bertindak sebagai sumber nutrisi bagi tulang rawan sendi.
 Epidemiologi
Kista ganglion merupakan tumor jaringan lunak yang paling seringditemukan pada tangan dan pergelangan tangan. Kista ini dapat terjadi pada berbagai usia termasuk anak-anak; kurang lebih 15% terjadi pada usia di bawah21 tahun. Tujuhpuluh persen terjadi pada dekade kedua dan keempat kehidupan.Perempuan tiga kali lebih banyak menderita dibandingkan laki-laki. Tidak ditemukan predileksi antara tangan kanan dan kiri, dan tampaknya pekerjaan tidak 
 
meningkatkan resiko timbulnya ganglion, namun referensi lain menyebutkan bahwa ganglion banyak ditemukan pada pesenam dimana terjadi tekanan yang besar pada pergelangan tangan.
 Etiologi
Penjelasan yang paling sering digunakan untuk mengungkapkan pembentukan kista hingga degenerasi mukoid dari kolagen dan jaringan ikat.Teori ini menunjukkan bahwa sebuah ganglion mewakili struktur degeneratif yang melingkupi perubahan miksoid dari jaringan ikat. Teori yang lebih baru,yang dipostulasikan oleh Angelides pada 1999, menjelaskan bahwa kistaterbentuk akibat trauma jaringan atau iritasi struktur sendi yang menstimulasi produksi asam hialuronik. Proses ini bermula di pertemuan sinovial-kapsular.Musin yang terbentuk membelah sepanjang ligamentum sendi serta kapsul yangmelekat untuk kemudian membentuk duktus kapsular dan kista utama. Duktus pada akhirnya akan bergabung menjadi kista ganglion soliter yang besar.Seperti yang telah disebutkan, penyebab ganglion tidak sepenuhnyadiketahui, namun ganglion dapat terjadi akibat robekan kecil pada ligamentumyang melewati selubung tendon atau kapsul sendi baik akibat cedera, prosesdegeneratif atau abnormalitas kecil yang tidak diketahui sebelumnya.
 Patofisiologi
Kista ganglion dapat berupa kista tunggal ataupun berlobus. Biasanyamemiliki dinding yang mulus, jernih dan berwarna putih. Isi kista merupakanmusin yang jernih dan terdiri dari asam hialuronik, albumin, globulin danglukosamin. Dinding kista terbuat dari serat kolagen. Kista dengan banyak lobusdapat saling berhubungan melalui jaringan duktus. Tidak terdapat nekrosisdinding atau selularitas epitel atau sinovia yang terjadi.
 Normalnya, sendi dan tendon dilumasi oleh cairan khusus yang terkunci didalam sebuah kompartemen kecil. Kadang, akibat arthritis, cedera atautanpa sebab yang jelas, terjadi kebocoran dari kompartemen tersebut.Cairan tersebut kental seperti madu, dan jika kebocoran tersebut kecil

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->