Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
28Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Geopolitik Indonesia

Geopolitik Indonesia

Ratings: (0)|Views: 5,060|Likes:
Published by Hadi Siswanto

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: Hadi Siswanto on Jan 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/20/2012

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Dalam hubungan dengan kehidupanmanusia dalam suatu Negaradalam hubungannya dengan lingkungan alam, kehidupan manusia di duniamempunyai kedudukan sebagai hamba Tuhan Yang Maha Esa dan sebagaiwakil Tuhan (khlifatullah) di bumi yang menerima amanatnya untuk mengelolakekayaan alam. Bangsa Indonesia sebagai umat manusia religious dengansendirinya harus dapat berperan sesuai dengan kedudukan tersebut.Sebagai Negara kepulauan denganmasyarakatnya yang beranekaragam,Negara Indonesia memiliki unsur-unsur kekuatan dan sekaliguskelemahan. Kekuatannya terletak pada posisi dan keadaan geografi yang strategidan kaya akan sumber daya alam. Sementara kelemahannya terletak pada wujudkepulauan dan keanekaragaman masyarakat yang harus disatukan dalam satu bangsa dan satu tanah air, sebagaimanatelah diperjuangkan oleh para pendiri Negara.Dalam pelaksanannya bangsa Indonesia tidak bebas dari pengaruhinteraksi dan interelasi dengan lingkungan sekitarnya, baik lingkungan regionalmaupun internasional. Dalam hal ini bangsa Indonesia perlu memiliki prinsip- prinsip dasar sebagai pedoman agar tidak terombang-ambing dalammemperjuangkan kepentingan nasional untuk mencapai cita-cita dan tujuannasionalnya. Salah satu pedoman bangsa Indonesia adalah wawasan nasionalyang berpijak pada wujud wilayah nusantara. Sehingga kelompok kamimenjadikan kasus Ambalat yang menjadi Studi kasus dalam tugas kelompok ini.
 
B.Rumusan masalah
Dari latar belakang yang telah ada, penulis merumuskan beberapa permasalahan diantaranya :1.Apa yang dimaksud dengangeopolitik Indonesia dan wawasan Nusantara?2.Faktor apa sajakah yang mempengaruhi wawasan nusantara?3.Apakah Unsur-Unsur Dasar Wawasan Nusantara?4.Bagaimana hubungan wawasan nusantara dan ketahananNasional?
C.Tujuan Penulisan
Tujuan pembuatan makalah ini adalah:1.Untuk memenuhi tugas kelompok Pendidikan Kewarganegaraan2.Untuk dijadikan bahan dalam kegiatan diskusi3.Untuk mengetahui hubungan wawasan nusantara dengan ketahanannasional.
 
BAB IIGEOPOLITIK INDONESIA1.Geopolitik IndonesiaA. Pengertian
Geopolitik diartikan sebagai sistem politik atau peraturan-peraturandalam wujud kebijaksanaan dan strategi nasional yang didorong oleh aspirasinasional geografik (kepentingan yang titik beratnya terletak pada pertimbangan geografi, wilayah atau territorial dalam arti luas) suatu Negara,yang apabila dilaksanakan dan berhasil akan berdampak langsung kepadasystem politik suatu Negara. Sebaliknya, politik Negara itu secara langsungakan berdampak pada geografi Negara yang bersangkutan. Geopolitik  bertumpu pada geografi sosial (hukum geografis), mengenai situasi, kondisi,atau konstelasi geografi dan segala sesuatu yang dianggap relevan dengankarakteristik geografi suatu Negara.Oleh karena itu, wawasan nusantara adalah geopolitik Indonesia. Halini dipahami berdasarkan pengertian bahwa dalam wawasan nusantaraterkandung konsepsi geopolitik Indonesia, yaitu unsur ruang, yang kini berkembang tidak saja secara fisik geografis, melainkan dalam pengertiansecara keseluruhan (Suradinata; Sumiarno: 2005).
B. Pengertian Wawasan Nusantara
Istilah wawasan berasal dari kata ‘
wawas’ 
yang berarti pandangan,tinjauan, atau penglihatan indrawi. Akar kata ini membentuk kata ‘mawas’yang berarti memandang, meninjau, atau melihat, atau cara melihat.sedangkanistilah nusantara berasal dari kata ‘nusa’ yang berarti diapit diantara dua hal.Istilah nusantara dipakai untuk menggambarkan kesatuan wilayah perairandan gugusan pulau-pulau Indonesia yang terletak diantara samudra Pasifik dansamudra Indonesia, serta diantara benua Asia dan benua Australia.

Activity (28)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Devi Astuti liked this
Mila liked this
Ninik Mulyani liked this
Agung Harmoko liked this
Aida Rafrin liked this
Angga Riana liked this
Laras Pualamsari liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->