Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
11Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Rongga Mulut

Rongga Mulut

Ratings: (0)|Views: 316 |Likes:
Published by Nadya Pratiwi DH

More info:

Published by: Nadya Pratiwi DH on Jan 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/26/2014

pdf

text

original

 
Rongga Mulut (Cavum Oris)
Posted on
 
 
1. RONGGA MULUT (CAVUM ORIS)
Mulut merupakan jalan masuk untuk sistem pencernaan dan sistem pernafasan.Bagian dalam dari mulut dilapisi oleh
selaput lendir 
.Proses mengunyah terjadi di dalam mulut. Mengunyah makanan bersifat pentinguntuk pencernaan semua makanan, selain itu mengunyah akan membantupencernaan makanan untuk alasan sederhana yaitu karena enzim enzim pencernaanhanya bekerja pada permukaan partikel makanan.Dalam proses mengunyah terjadi proses mencerna secara mekanik maupun secarakimiawi. Secara mekanik dilakukan oleh gigi dan dengan bantuan lidah, secarakimiawi karena adanya kerja enzim pencerna.
a. Glandula/kelenjar saliva dalam mulut
Saluran dari kelenjar liur di pipi (glandula parotis), dibawah lidah (Glandulasublingualis) dan dibawah rahang (Glandula submandibularis) mengalirkan isinya kedalam mulut.Pada saat makan, aliran dari ludah membersihkan bakteri yang bisa menyebabkanpembusukan gigi dan kelainan lainnya.Ludah juga mengandung
antibodi
dan
enzim
(misalnya lisozim), yang memecahprotein dan menyerang bakteri secara langsungGambar 2Kelenjar parotis (1), kelenjar sublingual (2)dan kelenjar submandibularis (3)Pengeluaran air liur biasanya diatur oleh rangsangan syaraf, misalnya karenaterstimulasi oleh aroma makanan. Pada saat membaui aroma makanan tertentu, apayang kalian rasakan pada daerah di sekitar lidah ?Sekresi saliva normal sehari – hari berkisar 800 – 1500 ml dengan pH 6,0 – 7,0.Fungsi air ludah adalah untuk :- Melindungi lapisan lunak rongga mulut dari kerusakan akibat dari gesekan.
 
- Melumasi makanan supaya lebih mudah ditelan- Ludah mengandung buffer yang membantu mencegah pembusuka geligidengan cara ,menetralkan asam dalam mulut.- Zat antibakteri dalam ludah juga akan membunuh banyak bakteri yangmemasuki mulut melalui makanan.Saliva mengandung dua tipe sekresi protein yang utama :(1) sekresi serus yang mengandung ptialin (suatu α amilase ludah), yangmerupakan enzim yang mencernakan pati (polimer glukosa dari tumbuhan) danglikogen (polimer glukosa dari hewan).dan(2) sekresi mukus yang mengandung musin untuk tujuan pelumasan danperlindungan permukaan.
b. Lidah
Gambar 3Papila – Papila di LidahDi dasar mulut terdapat lidah, yangnberfungsi untuk merasakan dan mencampurmakanan. Makna penting dari pengecapan terletak pada fakta bahwa hal itumemungkinkan manusia memilih makanan sesuai dengan keinginannya danmungkin juga sesuai dengan kebutuhan jaringan akan substansi nutrisi tertentu.Pengecapan dirasakan oleh organ perasa yang terdapat di permukaan lidah. Terdapat 3 jenis papila di lidah Yaitu :- papila filiformis- papila fungiformis- papila circumvallate
 
Di dalam papila ini tersebar kuncup – kuncup rasa /taste bud yaitu daerah yangmemiliki reseptor untuk menerima impuls dan akan mengirimkan impuls rasa inimenuju sistem syaraf pusat.Gambar 4Daerah sensasi rasa di LidahSensasi utama . pengecapan terbagi menjadi empat kategori yaitu asam , asin,manis dan pahit.Seorang manusia dapat menerima beratus ratus pengecapan yang berbeda . Semuaitu merupakan kombinasi dari sensasi sensasi dasar dengan cara yang sama sepertikita melihat warna , yang merupakan kombinasi dari ketiga sensasi warna utama.
Rasa asam.
Rasa asam disebabkan oleh asam, dan intensitas dari ion hidrogen.Semakin asam suatu asam , makin kuat sensasi yang terbentuk.
Rasa Asin.
Rasa asin dibentuk oleg garam garam yang terionisasi . Kualitas rasanyaberbeda beda antara garam yang satu dengan garam yang lainnya karena garam juga membentuk sensasi rasa yang lain selain rasa asin. Kation dari garam terutamaberperan membentuk rasa asin, tetapi anionnya juga ikut berperan walaupun kecil.
Rasa Manis.
Rasa manis tidak dibentuk oleh satu golongan kelas substansi kimiasaja. Beberapa tipe substansi kimia yang menyebabkan rasa ini mencakup gula,glokol,alkohol, aldehid, keton,amida,ester,asam amino, beberapa protein kecil, asamsulfonat,asam halogenasi dan garam-garam anorganik dari timah dan berilium.Perhatikan bahwa kebanyakan substansi yang membentuk rasa manis adalahsubstansi kimia organik .
Rasa pahit.
Rasa pahit ,seperti rasa manis tidak dibentuk hanya oleh satu tipesubstansi kimia, tetapi substansi yang membentuk rasa pahit hampir seluruhnyamerupakan substansi organik. Dua golongan substansi tertentu yang cenderungmenimbulkan rasa pahit adalah (1) substansi organik rantai panjang yangmengandung nitrogen dan (2) alkaloid . Alkaloid meliputi banyak zat yangdigunakan dalam obat obatan seperti kuinin, kafein,striknin, dan nikotin.Lidah akan mengecap makanan, memanipulasinya selama pengunyahan danmembantu membentuk makanan menjadi bolus . Selama penelanan, lidah akanmendorong bolus ke bagian belakang rongga mulut dan akhirnya ke dalam faring.
c. Gigi
Gambar 5,

Activity (11)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Dhira Pratiwi liked this
Fadhli Ahmad liked this
Aries Zodiack liked this
peaceandpeace liked this
Raja Alfatih liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->