Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
18Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Excel Makalah

Excel Makalah

Ratings: (0)|Views: 4,981|Likes:
Published by bonzds

More info:

Published by: bonzds on Jan 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/06/2014

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN1.1 Latar Belakang
Microsoft Excel (MS-Excel) merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik) canggih yang paling populer dan paling banyak digunakan saat ini.Excel akan sangat membantu kita dalam hal menghitung, memproyeksikan,menganalisa dan mampu mempresentasikan data dalam bentuk tabel dengan berbagai jenis tabel yang disediakannya, mulai dari bentuk Bar, Grafik, Pie, Line dan banyak lagi. Excel 2000 merupakan pengembangan dari excel versi sebelumnya yang lebihditingkatkan fungsinya dan dikonsentrasikan agar spreadsheet ini lebih familia(mudah dipakai), lebih fleksibel, lebih mudah diintegrasikan dengan program officelainnya dan yang tak kalah penting adalah kemampuan untuk langsung berhubungandengan internet. Walaupun demikian, Excel 2000 ini akan selalu dikembangkan oleh pihak Microsoft sehingga akhirnya kita betul-betul dimanja oleh software Microsoftini.Dalam makalah ini kami menjelaskan mengenai cara menggunakanMikcrosoft Excel khususnya dalam dunia pendidikan.Karena fungsi Microsoft Excelsangat berperan penting dalam dunia pendidikan khusunya bagi para calonguru.Contoh bahwa Microsoft Excel sangat berperan penting dalam dunia pendidikanmisalnya dalam mengentri data data nilai siswa,merangking hasil belajar siswa,pembayaran SPP siswa,presensi kehadiran,dan lain lain. Dengan alasantersebut kami menyusun makalah Microsoft Excel ini demi menunjang bagaimanacara menggunakan Microsoft Excel.Dengan demikian pembaca dapat menggunakanmakalah ini sebagai tuntunan dalam mempelajari Teknologi Informasi khususnyadalam bidang Microsoft Excel.
1.2 Tujuan
1. Mengetahui definisi dan fungsi Microsoft Excel2. Mengetahui cara menggunakan Microsoft Excel dengan baik dan benar 3. Dapat mengaplikasikan Microsoft Excel dalam bidang pendidikan
1.3 Rumusan Masalah
1. Apa definisi dan fungsi Microsoft Excel?2. Bagaimana cara menggunakan Microsoft Excel dengan baik dan benar?3. Bagaimana cara mengaplikasikan Microsoft Excel dalam bidang pendidikan?
BAB II
1
 
PEMBAHASAN2.1 Definisi dan Fungsi Microsoft Excel
Definisi Microsoft ExcelMicrosoft excel adalah program aplikasi yang banyak digunakan untuk membantumenghitung, memproyeksikan, menganalisa, dan mempresentasikan data. Disini kita akan banyak bersinggungan dengan metode-metode pembuatan tabel dan grafik yang sangatdibutuhkan sekali dalam penyusunan data-data sekolah, hasil-hasil penelitian, maupun dalam pembuatan makalah pribadi.Fungsi Microsoft Excel1. Kalkulasi, dengan program ini kita bisa melakukan kalkulasi atau penghitungandengan mudah, baik penghitungan yang sederhana maupun dengan rumus – rumusyang sangat kompleks.2. Grafik, dengan program ini kita bisa mempresentasikan data kita dalam bentuk grafik yang komunikatif.3. Komunikasi, dengan program ini kita juga bisa berkomunikasi dengan pengguna(user) lain.Program ini sudah dirancang untuk bisa saling bertukar informasi dalam bentuk jaringan dimana orang lain bisa membuka lembar kerja kita dari terminal(komputer) yang berlainan,bahkan ia juga bisa melakukan perubahan pada lembar kerja yang sama pada saat yang bersamaan pula.4. Internet,suatu saat mungkin kita akan mengirim data dalam bentuk tabel atau grafik  pada orang lain di tempat di seluruh dunia,Microsoft Excel bisa melakukanyadengan baik sekali.5. Otomatis, dengan Excel kita bisa menggunakan otomatisasi penghitungan datayang kita ketikkan.Dengan perumusan yang benar,maka Excel akan langsungmelakukan perubahan secara otomatis terhadap data kita setiap kali mengalami perubahan.6. Aplikasi, Microsoft Excel dapat membantu kita merancang aplikasi siap pakai,yaitudengan fasilitas macro.
2.2 Cara Menggunakan Microsoft Excel
Sebelum mulai memasuki pembahasan Microsoft Excel, ada baiknya kita mengenal lebihdulu bagaimana tampilan Microsoft Excel itu, beserta beberapa istilah-istilah umum yangakan digunakan.2
 
Dalam Microsoft Excel terdapat 4 komponen utama yaitu :
1.Row Heading
Row Heading (Kepala garis), adalah penunjuk lokasi baris pada lembar kerjayang aktif. Row Heading juga berfungsi sebagai salah satu bagian dari penunjuk sel(akan dibahas setelah ini). Jumlah baris yang disediakan oleh Microsoft Excel adalah65.536 baris.2.
Column
 Heading 
Column Heading (Kepalakolom), adalah penunjuk lokasi kolom pada lembar kerja yang aktif. Sama halnya denganRow Heading, Column Heading juga berfungsi sebagai salah satu bagian dari penunjuk sel(akan dibahas setelah ini). Kolom di simbol dengan abjad A – Z dan gabungannya. Setelahkolom Z, kita akan menjumpai kolom AA, AB s/d AZ lalu kolom BA, BB s/d BZ begituseterus sampai kolom terakhir yaitu IV (berjumlah 256 kolom). Sungguh suatu lembar kerjayang sangat besar, bukan. (65.536 baris dengan 256 kolom).
3.Cell Pointer
Cell Pointer (penunjuk sel), adalah penunjuk sel yang aktif. Sel adalah perpotonganantara kolom dengan baris. Sel diberi nama menurut posisi kolom dan baris. Contoh. Sel A1 berarti perpotongan antara kolom A dengan baris 1.
4.Formula Bar
Formula Bar, adalah tempat kita untuk mengetikkan rumus-rumus yang akan kitagunakan nantinya. Dalam Microsoft Excel pengetikkan rumus harus diawali dengan tanda ‘=’. Misalnya kita ingin menjumlahkan nilai yang terdapat pada sel A1 dengan B1, maka padaformula bar dapat diketikkan =A1+B1 .
2.3 Menggerakkan Penunjuk Sel (Cell Pointer)
Cell Pointer berfungsi untuk penunjuk sel aktif. Yang dimaksud dengan sel aktif ialahsel yang akan dilakukan suatu operasi tertentu. Untuk menggerakan ponter dengan Mousedapat dilakukan dengan meng-klik sel yang diinginkan. Untuk sel yang tidak kelihatan kitadapat menggunakan Scroll Bar untuk menggeser layar hingga sel yang dicari kelihatan laluklik sel tersebut. Untuk kondisi tertentu kita lebih baik menggunakan keyboard. Berikutdaftar tombol yang digunakan untuk menggerakan pointer dengan keyboard :3
Column HeadingRow HeadingFunction BarCell

Activity (18)

You've already reviewed this. Edit your review.
jayjum44 liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Fahmi liked this
murianda liked this
murianda liked this
Fitri Audia liked this
Abad Tea liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->