Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Permendiknas No. 13 Tahun 2008-HET Buku Teks Pelajaran

Permendiknas No. 13 Tahun 2008-HET Buku Teks Pelajaran

Ratings: (0)|Views: 152 |Likes:
Published by satria60
HET Buku Teks Pelajaran
HET Buku Teks Pelajaran

More info:

Published by: satria60 on Jan 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/27/2012

pdf

text

original

 
SALINANPERATURANMENTERI PENDIDIKAN NASIONALREPUBLIK INDONESIANOMOR 13 TAHUN 2008TENTANGHARGA ECERAN TERTINGGI BUKU TEKS PELAJARANYANG HAK CIPTANYA DIBELI OLEH DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONALDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAMENTERI PENDIDIKAN NASIONAL,Menimbang : a.
bahwa untuk memfasilitasi penyediaan buku bagi pendidik,tenaga kependidikan, dan peserta didik, DepartemenPendidikan Nasional perlu menyediakan buku yang hakciptanya dibeli oleh
Departemen Pendidikan Nasional
yangdapat digandakan untuk keperluan sendiri, diperdagangkan,atau disebarluaskan;
b. bahwa harga
buku teks pelajaran yang
hak ciptanya dibeli olehDepartemen Pendidikan Nasional yang dapat
digandakan
untuk
diperdagangkan tidak melampaui harga ecerantertinggi;c. bahwa berdasarkan pertimbangan
sebagaimana dimaksuddalam huruf a dan huruf b, perlu menetapkan PeraturanMenteri Pendidikan Nasional tentang Harga Eceran TertinggiBuku Teks Pelajaran yang Hak Ciptanya Dibeli olehDepartemen Pendidikan Nasional;
 
Mengingat : 1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang SistemPendidikan Nasional (Lembaran Negara Tahun 2003 Nomor 78, tambahan Lembaran Negara Nomor 4301);2.
 
Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2005 tentang Kedudukan,Tugas, Fungsi, Susunan Organisasi, dan Tata KerjaKementerian Negara Republik Indonesia sebagaimana telahdiubah terakhir dengan Peraturan Presiden Nomor 94 Tahun2006;3.
 
Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 187/M Tahun2004 mengenai Pembentukan Kabinet Indonesia Bersatusebagaimana telah diubah terakhir dengan KeputusanPresiden 31/P Tahun 2007;4.
 
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2008tentang Buku;MEMUTUSKAN :Menetapkan : PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL TENTANGHARGA ECERAN TERTINGGI BUKU TEKS PELAJARAN YANGHAK CIPTANYA DIBELI OLEH DEPARTEMEN PENDIDIKANNASIONAL.
Pasal 1Dalam Peraturan Menteri ini yang dimaksud dengan:1. Departemen adalah Departemen Pendidikan Nasional.2. Kelompok Orang adalah persekutuan perdata atau korporasi bukan badanhukum yang melakukan usaha bersama untuk mencapai tujuan tertentu.3. Badan Hukum adalah badan hukum yang telah mendapatkan pengesahan dariDepartemen Hukum dan Hak Azasi Manusia.Pasal 2(1) Buku teks pelajaran yang hak ciptanya dibeli oleh Departemen dapatdigandakan dan/atau diperdagangkan oleh orang perseorangan, kelompokorang, atau badan hukum.(2) Buku teks pelajaran yang dapat digandakan dan/atau diperdagangkansebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dimuat dalam website Departemenoleh Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Departemen PendidikanNasional.
2
 
 Pasal 3Buku teks pelajaran yang digandakan untuk diperdagangkan harus mencantumkanharga eceran secara tercetak pada kulit sisi luar buku bagian belakang.Pasal 4(1)Orang perseorangan, kelompok orang, atau badan hukum yangmenggandakanbuku teks pelajaran sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 ayat(2) wajib mencantumkan identitas diri pada buku yang digandakan.(2)Orang perseorangan, kelompok orang, atau badan hukum yangmenggandakandan memperdagangkan buku teks pelajaran sebagaimanadimaksud dalam Pasal 2 ayat (2) berkewarganegaraan Indonesia atauberbadan hukum Indonesia.Pasal 5Spesifikasi buku teks pelajaran hasil penggandaan untuk diperdagangkan ataudisebarluaskan harus sesuai dengan ketentuan sebagaimana tercantum dalamLampiran Peraturan Menteri ini.Pasal 6(1) Harga eceran buku teks pelajaran yang hak ciptanya dibeli oleh DepartemenPendidikan Nasional yang digandakan untuk diperdagangkantidak melebihiharga eceran tertinggi.(2) Harga ecerantertinggibuku teks pelajaran sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tercantum dalam Lampiran Peraturan Menteri ini.Pasal 7Pemeriksaan terhadap spesifikasi buku teks pelajaran yang digandakan untukdiperdagangkan atau disebarluaskan hanya dilakukan oleh lembaga yangmemiliki kompetensi dan kewenangan memeriksa yaitu Badan PemeriksaKeuangan, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, InspektoratJenderal Departemen Pendidikan Nasional, Inspektorat Jenderal DepartemenAgama, danInspektorat Daerah.Pasal 8Buku teks pelajaran yang hak ciptanya tidak dibeli oleh Departemen dan telahditetapkan sebagai buku teks pelajaran wajib oleh satuan pendidikan, dapat digantidengan buku teks pelajaran lain yang hak ciptanya dibeli oleh departemen.Pasal 9Orang perseorangan, kelompok orang, dan/atau badan hukum yang melakukanpelanggaran terhadap harga eceran tertinggi dan spesifikasi buku teks pelajaransebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 dan Pasal 6 ayat (2) yang digandakan
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->