Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
38Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Tentang Kenakalan Remaja

Makalah Tentang Kenakalan Remaja

Ratings: (0)|Views: 4,788 |Likes:

More info:

Published by: Abdul Latif Al-Farizy on Jan 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/13/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN
 A.
 
Latar BelakangPerkembangan individu (remaja) berlangsung terus menerus dan tidak dapat di ulang kembali. Masa remaja merupakan masa yang rentan terhadap perbuatan-perbuatan yang kurang baik diakibatkan sikap mereka yang sukamencoba-coba pada hal yang baru. Pada perkembangan fisik remaja mulai Nampak terutama pada bagian organ-organ seksualnya secara fisik, pada masaremaja pula mulai pembentukan hormon-hormon seksual sudah mulai terbentuk sehingga perilaku atau tingkah lakunya banyak di pengaruhi oleh hormon tersebut Namun yang menjadi perhatian kita adalah pergaulan remaja pada zamansekarang ini sudah sampai pada taraf mengkhawatirkan. Media massa baik elektronik maupun cetak dengan leluasa menampilkan hal-hal yang menjadi salahsatu faktor penyebab kerusakan akhlak generasi muda padamasa sekarang ini.Bukan masalah akhlak saja, akibat dari itu juga menimbulkan rendahnya kualitas belajar siswa ketika mengalami gangguan pada masa-masa remaja.Untuk itu bimbingan orang tua terhadap anak pada seusia remaja sangatlahdibutuhkan agar mereka dapat tumbuh berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya.Agar orang tua dapat memberikan bimbingan kepada anaknyahenknya mengetahui perkembangan fisik remaja.Selain orang tua terdapat beberapa faktor yang dapat membantu untuk memecahkan promatika remaja.B.
 
Rumusan MasalahDari latar belakang masalah permasalahan di atas, dapat di ambil rumusanmasalah sebagai berikut:³Apa saja permasalahan pada dunia pergaulan remaja pada masa sekarangini dan bagaimana cara penanggulangannya?´C.
 
Tujuan1)
 
Mengidentifkasi dan memberikan gambaran bentuk-bentuk kenakalan yangdilakukan remaja.2)
 
Untuk mengetahui hubungan antara kenakalan remaja dengankeberfungsian sosial keluarga.
 
2
 
BAB II
 
PEMBAHASAN
 A.
 
MASA REMAJAMasa remaja merupakan masa dimana seorang individu mengalami peralihan dari satu tahap ke tahap berikutnya dan mengalami perubahan baik emosi, tubuh, minat, pola perilaku, dan juga penuh dengan masalah-masalah(Hurlock, 1998).Oleh karenanya, remaja sangat rentan sekali mengalami masalah psikososial, yakni masalah psikis atau kejiwaan yang timbul sebagai akibatterjadinya perubahan sosial (TP-KJM,2002).Masa remaja merupakan sebuah periode dalam kehidupan manusia yang batasannya usia maupun peranannya seringkali tidak terlalu jelas. Pubertas yangdahulu dianggap sebagai tanda awal keremajaan ternyata tidak lagi valid sebagai patokan atau batasan untuk pengkategorian remaja sebab usia pubertas yangdahulu terjadi pada akhir usia belasan (15-18) kini terjadi pada awal belasan bahkan sebelum usia 11 tahun. Seorang anak berusia 10 tahun mungkin saja sudah(atau sedang) mengalami pubertas namun tidak berarti ia sudah bias dikatakansebagai remaja dan sudah siap menghadapi dunia orang dewasa. Ia belum siapmenghadapi dunia nyata orang dewasa, meski di saat yang sama ia juga bukananak-anak lagi. Berbeda dengan balita yang perkembangannya dengan jelas dapatdiukur, remaja hampir tidak memiliki pola perkembangan yang pasti.Dalam perkembangannya seringkali mereka menjadi bingung karenakadang-kadang diperlakukan sebagai anak-anak tetapi di lain waktu merekadituntut untuk bersikap mandiri dan dewasa. Memang banyak perubahan pada diriseseorang sebagai tanda keremajaan, namun seringkali perubahan itu hanyamerupakan suatu tanda-tanda fisik dan bukan sebagai pengesahan akankeremajaan seseorang. Namun satu hal yang pasti, konflik yang dihadapi olehremaja semakin kompleks seiring dengan perubahan pada berbagai dimensikehidupan dalam diri mereka.Untuk dapat memahami remaja, maka perlu dilihat berdasarkan perubahan pada dimensidimensi tersebut, antara lain:
 
3
 
1.
 
Dimensi BiologiPada saat seorang anak memasuki masa pubertas yang ditandai denganmenstruasi pertama pada remaja putri atau pun perubahan suara pada remaja putra, secara biologis dia mengalami perubahan yang sangat besar.Pubertasmenjadikan seorang anak tiba-tiba memiliki kemampuan untuk ber-reproduksi.Pada masa pubertas, hormon seseorang menjadi aktif dalam memproduksi dua jenis hormon (gonadotrophins atau gonadotrophic hormones) yang berhubungandengan pertumbuhan, yaitu: 1) Follicle-Stimulating Hormone (FSH); dan 2).Luteinizing Hormone (LH). Pada anak perempuan, kedua hor mon tersebutmerangsang pertumbuhan estrogen dan progesterone: dua jenis hormonkewanitaan. Pada anak lelaki, Luteinizing Hormone yang juga dinamakanInterstitial-Cell Stimulating Hormone (ICSH) merangsang pertumbuhantestosterone.Pertumbuhan secara cepat dari hormon-hormon tersebut di atasmerubah sistem biologis seorang anak. Anak perempuan akan mendapatmenstruasi, sebagai pertanda bahwa sistem reproduksinya sudah aktif. Selain ituterjadi juga perubahan fisik seperti payudara mulai berkembang, dll.Anak lelakimulai memperlihatkan perubahan dalam suara, otot, dan fisik lainnya yang berhubungan dengan tumbuhnya hormon testosterone. Bentuk fisik mereka akan berubah secara cepat sejak awal pubertas dan akan membawa mereka pada duniaremaja.2.
 
Dimensi Kognitif Perkembangan kognitif remaja, dalam pandangan Jean Piaget (seorang ahli perkembangan kognitif) merupakan periode terakhir dan tertinggi dalam tahap pertumbuhan operasi formal (period of formal operations).Pada periode ini,idealnya para remaja sudah memiliki pola pikir sendiri dalam usaha memecahkanmasalah-masalah yang kompleks dan abstrak.Kemampuan berpikir para remaja berkembang sedemikian rupa sehingga mereka dengan mudah dapatmembayangkan banyak alternatif pemecahan masalah beserta kemungkinan akibatatau hasilnya.Kapasitas berpikir secara logis dan abstrak mereka berkembangsehingga mereka mampu berpikir multi-dimensi seperti ilmuwan. Para remajatidak lagi menerima informasi apa adanya, tetapi mereka akan memproses

Activity (38)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Anih Kurnia liked this
achmadarif2011 liked this
Rudy Mezha Zhy liked this
Vhilia Shiregar liked this
Achmad Suroyono liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->