Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
16Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
1.HAKIKAT PENELITIAN PENDIDIKAN

1.HAKIKAT PENELITIAN PENDIDIKAN

Ratings: (0)|Views: 3,709|Likes:
Published by Surya Hanapi

More info:

Published by: Surya Hanapi on Jan 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

02/18/2013

pdf

text

original

 
 
Penelitian Pendidikan SD
1 - 1
 
Unit
 
1
 
HAKIKAT PENELITIAN PENDIDIKAN
M. Syukri
Pendahuluan
enelitian dapat dilakukan dengan baik terhadap ilmu manapun, termasuk terhadap praktik pendidikan. Penelitian dalam bidang pendidikan banyak yanglebih diarahkan pada aplikasi dari konsep dan teori. Penelitian yang demikian,dikelompokkan sebagai penelitian terapan atau applied research. Sedangkanpenelitian yang diarahkan untuk menguji konsep, asumsi, dan proposisi, penelitiantersebut dikategorikan sebagai penelitian dasar. Penelitian bidang pendidikantersebut dapat dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif maupunkuantitatif.Sesuai dengan judul unit ini, pemahaman lebih rinci tentang hakikat penelitianakan disajikan ke dalam dua sub unit, yaitu pengertian penelitian pendidikan yangdiawali dengan pertanyaan apakah penelitian itu? dan mengapa penelitian itudilakukan? dan sumber-sumber ilmu pengetahuan, tujuan dan kegunaan penelitianpendidikan. Melalui pembahasan, latihan-latihan, diskusi yang dilakukan sertamengerjakan tes formatif yang disediakan, Anda diharapkan dapat menjelaskansecara rinci tentang:1. Pengertian penelitian;2. Pengertian penelitian pendidikan;3. Alasan-alasan melakukan penelitian;4. Sumber-sumber ilmu pengetahuan untuk melakukan penelitian;5. Tujuan dan kegunaan penelitian pendidikan.Untuk membantu mendalami materi bahan ajar ini disarankan untuk mempelajarinya secara cermat, baik secara mandiri maupun kelompok menelaahsumber-sumber buku yang relevan untuk membantu pemahaman Anda. Setelahmengkaji secara saksama uraian materi pada unit ini, selanjutnya Anda diminta
P
 
 
1 - 2
Unit 1
untuk mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat di masing-masing subunit,membaca rangkuman, dan mengerjakan soal-soal tes formatif yang disediakan dibagian akhir tiap-tiap subunit. Pedoman jawaban latihan telah tersedia pada masing-masing subunit, demikian halnya kunci jawaban tes formatif juga telah disediakan dibagian akhir unit ini. Namun demikian, Anda diminta untuk menjawab soal-soallatihan dan soal-soal tes formatif secara mandiri terlebih dahulu sebelummencocokkannya dengan pedoman jawaban latihan ataupun kunci jawaban tesformatif yang telah disediakan.Selamat belajar, semoga sukses!
 
 
Penelitian Pendidikan SD
1 - 3
 
Subunit 1
Pengertian Penelitian Pendidikan
etelah Anda mempelajari seluruh materi dalam bagian unit ini diharapkan Andamemiliki pemahaman secara mendalam tentang konsep dan makna penelitian,karakteristik serta langkah umum penelitian sebagai pencarian kebenaran ilmiah dansumber-sumber ilmu pengetahuan. Sebelum Anda mem-pelajari lebih jauh mengenaipengertian penelitian pendidikan, pada sub uni ini, terlebih dahulu Anda diajak untuk memahami tentang apakah penelitian itu?, mengapa orang melakukan penelitian?Selanjutnya Anda perlu mengetahui dan memahami tentang penelitian sebagai upayapencarian kebenaran secara ilmiah, serta pengertian dan tujuan penelitian pendidikan.
 A. Pengertian Penelitian Pendidikan
Sebelum membahas lebih jauh tentang pengertian penelitian pendidikan,pertanyaan awal yang perlu diajukan, pada pembahasan ini adalah apakah penelitianitu?
1. Apakah Penelitian itu?
Penelitian pada hakikatnya merupakan suatu usaha untuk menemukan,mengembangkan, dan menguji kebenaran suatu pengetahuan dengan menggunakanmetode-metode ilmiah. Para pakar mengemukakan pendapat yang berbeda dalammerumuskan batasan penelitian atau penyelidikan terhadap suatu masalah, baik sebagai usaha mencari kebenaran melalui pendekatan ilmiah.Secara umum, penelitian diartikan sebagai suatu proses pengumpulan dananalisis data yang dilakukan secara sistematis dan logis untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Pengumpulan dan analisis data menggunakan metode-metode ilmiah,baik yang bersifat kuantitatif dan kualitatif, eksperimental atau noneksperimental,interaktif atau noninteraktif. Metode-metode tersebut telah dikembangkan secaraintensif, melalui berbagai uji coba sehingga telah memiliki prosedur yang baku.Penelitiaan merupakan upaya untuk mengembangkan pengetahuan, me-ngembangkan dan menguji teori. Dalam kaitannya dengan upaya pengembanganpengetahuan, Welberg (1986) mengemukakan lima langkah pengembanganpengetahuan melalui penelitian, yaitu: (1) mengidentifikasi masalah penelitian, (2)
S

Activity (16)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Fitri Aprilliyah liked this
Reni Apriani liked this
Hery Guevara liked this
Icruel Wahyudi liked this
Risa Rizkyana liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->