Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Olahraga

Makalah Olahraga

Ratings: (0)|Views: 168 |Likes:
Published by Estu Mahendra

More info:

Published by: Estu Mahendra on Jan 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/04/2013

pdf

text

original

 
OLAHRAGA
Pendahuluan
Program dalam olahraga merupakan pelatihan dalam mmbentuk fisik sebagai dasar untuk menunjang pencapaian prestasi disetiap cabang olahraga yang dilatihkan. Program perkondisian merupakan suatu progam yang dilaksanakan pada masa persiapan umum dankhusus yang tujuannya selain untuk membentuk fisik dasar, juga untuk mengatasi cidera padasaat berlatih maupun pada saat pelatihan. Program perkondisian meliputi kekuatan, daya tahan,kelincahan dan keseimbangan. Dalam program perkondisian ini pelatih dituntut untuk menguasaistruktur otot yang dominan dalam cabang tersubut, menguasai tipe otot dari semua atlit yangdilatihnya .
Apabila bercita-cita ingin menjadi pemain bulutangkis elite atau berprestasi, maka harusmenguasai bermacam-macam dasar bermain bulutangakis dengan benar. Oleh karena itu, hanya denganmodal berlatih tekun, disiplin, terarah dibawah bimbingan pelatih yang berkualifikasi baik, dapatmenguasai berbagai teknik dasar bermain bulutangkis secara benar pula.
 
BU
L
U
TANGKIS
I
PengertianBulu tangkis adalah pukulan yang dilakukan seperti smes. Perbedaannya pada posisiraket saat perkenaan dengan kok. Bola dipukul dengan dorongan dan sentuhan yang halus.
 Dropshot 
(pukulan potong) yang balk adalah apabila jatuhnya bola dekat dengan net dan tidak melewati garis ganda.Beberapa faktor yang harus diperhatikan:
y
 
H
arus berdiri sedemikian rupa, sehingga berat badan tetap berada pada kedua kaki dan tetapmenjaga keseimbangan tubuh.
y
 
T
ekuk kedua lutut, berdiri pada ujung kaki, sehingga posisi pinggang tetap tegak danrileks. Kedua kaki terbuka selebar bahu dengan posisi kaki sejajar atau salah satu kakidiletakkan di depan kaki lainnya.
y
 
Kedua lengan dengan siku bengkok pada posisi di samping badan, sehingga lengan bagian atas yang memegang raket tetap bebas bergerak.
y
 
Raket harus dipegang sedemikian rupa, sehingga kepala (daunnya) raket berada lebihtinggi dari kepala.Kesalahan yang terjadi:
y
 
Pada ready position, tumpuan kaki tidak berada di bagian depan atas kaki. Akibatnya reaksimenjadi lambat.
y
 
Posisi lutut lurus, tidak bengkok.
y
 
Pada posisi memukul kaki dan badan sejajar dengan net.
y
 
Pada posisi underhand, kaki kiri berada di depan, keseimbangan kaki tidak ada dan sulitmengarahakan bola dengan tepat
y
 
L
utut/paha tidak turun, jangkauan kurang, lambat kembali ke bagian tengah lapangan.
 
Komponen-Komponen Pengkondisian Dalam Olahraga Bulu
T
angkisKomponen Pengkodisian Pengertian Penerapan pada pencegahancederakekuatanPower Kekuatan maksimal yangdikeluarkan dari usaha sebuahototKekuatan x jarak x waktu xatau kekutan x kecepatanUntuk menstabilkan daerahtubuh melawa n kekuatanyang digunakanUntuk memendekkan waktuyang digunakan gunameningkatkan tenaga yangdigunakan (tipe pergerakanspontan) missal; kemunkinandibutuhkannya responlangsung untuk mengurangicederaDaya
T
ahan OtotKelenturanKelincahanKemampuan untuk mengurangi sejumlahkontraksi ototJangkauan pergerakan dari penghubung yang diijinkanoleh jaringan sekitarnyaPeranan koordinasi dankecepatan mengijinkan pengendalian yang cepatdalam pergerakan atau perubahan perintah tubuhKapasitas daya tahan ototyang rendah berpotensimeningkatkan cederaUntuk merespon kekutan luar tanpa mencederai jaringanyang ikut sertaUntuk merubah arah dan posisi tubuh secara cepat,efisien dan dengan ketepatandalam respon guna mencegahcederaKeseimbangan Keseimbangan tubuh berdasar  pendukung bdasarnyaUntuk mengendalikan danmemelihara keadaan tubuh

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->