Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
324Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Penyakit Menular Seksual

Penyakit Menular Seksual

Ratings:

4.76

(42)
|Views: 100,252 |Likes:
Published by Nikko Adhitama
informasi mengenai PMS
informasi mengenai PMS

More info:

Published by: Nikko Adhitama on Nov 14, 2008
Copyright:Traditional Copyright: All rights reserved

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC or read online from Scribd
See more
See less

05/29/2013

 
Penyakit Menular Seksual (PMS)dan Penyebabnya
Penyakit Menular Seksual (PMS) adalah penyakit yang ditularkanmelalui hubungan seks. Penyakit menular seksual akan lebih beresiko bilamelakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan baik melaluivagina, oral maupun anal. PMS dapat menyebabkan infeksi alat reproduksiyang harus dianggap serius.Bila tidak diobati secara tepat, infeksi dapat menjalar danmenyebabkan penderitaan, sakit berkepanjangan, kemandulan dan bahkankematian. Wanita lebih beresiko untuk terkena PMS lebih besar daripadalaki-laki sebab mempunyai alat reproduksi yang lebih rentan. Dan seringkaliberakibat lebih parah karena gejala awal tidak segera dikenali, sedangkanpenyakit melanjut ke tahap lebih parah.Oleh karena letak dan bentuk kelaminnya yang agak menonjol, gejalaPMS pada laki-laki lebih mudah dikenali, dilihat, dan dirasakan. Sedangkanpada perempuan sebagian besar gejala yang timbulhampir tak dapat dirasakan.Gejala-gejala umum PMS pada laki-lakiadalah :
Bintik-bintik berisi cairan, borok, atau lecetpada daerah sekitar kelamin.
Luka tidak sakit, keras dan berwarna merahpada sekitar daerah kelamin.
Adanya kutil yang tumbuh seperti jenggeayam.
Rasa gatal yang sangat hebat di sekitar kelamin.
Sakit luar biasa saat kencing.
Kencing nanah/darah dengan bau busuk.
Bengkak panas nyeri pada pangkal paha yang akhirnya menjadi borok.
Kehilangan berat badan secara drastis, diare berkepanjangan, danberkeringat saat malam.Sedangkan pada perempuan meliputi :
Rasa sakit atau nyeri saat kencing atau saat berhubungan seksual.
Rasa nyeri pada perut bagian bawah.
Keluarnya lendir pada vagina.
Keputihan berwarna putih susu, bergumpal, dan disertai rasa gatalpada kelamin.
Keputihan berbusa dan berbau busuk.
Bercak-bercak darah setelah berhubungan seks.Ada banyak jenis PMS yang telah ditemukan. Dan diantaranya yangpaling sering ditemui dan berbahaya adalah :
1.
Gonorea (GO)
Disebabkan oleh bakteri
Neisseria gonorrhoeae
. Ada masa tenggang(masa inkubasi) selama 2 -10 hari setelah kuman masuk ke dalam tubuhmelalui hubungan seks. Tanda-tanda penyakitnya adalah nyeri, merah,
 
bengkak dan bernanah. Gejala pada laki-lakiadalah rasa sakit pada saat kencing, keluarnyananah kental kuning kehijauan, ujung penistampak merah dan agak bengkak. Padaperempuan, 60% kasus tidak menunjukkan gejala.Namun ada juga rasa sakit pada saat kencing danterdapat keputihan kental berwarna kekuningan.Akibat penyakit GO, pada laki-laki danperempuan, seringkali berupa kemandulan. Pada perempuan bisa juga terjadiradang panggul, dan dapat diturunkan kepada bayi yang baru lahir berupainfeksi pada mata yang dapat menyebabkan kebutaan.
2.
Herpes Genital
Penyakit yang disebabkan oleh virus
Herpes simplex 
dengan masatenggang 4 - 7 hari sesudah virus masuk ke dalam tubuh melalui hubunganseks. Gejala yang ditimbulkan adalah :
Bintil-bintil berair seperti anggur di sekitar kelamin.
Pecah, lalu menyebabkan luka kering mengerak lalu hilang.
Terulang lagi sampai seumur hidup.Pada perempuan, seringkali menjadi kanker mulut rahim beberapatahun kemudian. Penyakit ini belum ada obat yang benar-benar mujarab,tetapi pengobatan anti virus bisa mengurangi rasa sakit dan lamanya episodepenyakit.
3.
Sifilis (Raja Singa)
Kuman penyebabnya disebut
Treponema pallidum
. Masa tanpa gejalaberlangsung 3-4 minggu, kadang-kadang sampai 13 minggu. Kemudiantimbul benjolan di sekitar alat kelamin. Kadang-kadang disertai pusing-pusingdan nyeri tulang seperti flu, yangakan hilang sendiri tanpa diobati.Ada bercak kemerahan padatubuh sekitar 6-12 minggu setelahhubungan seks. Gejala ini akanhilang dengan sendirinya danseringkali penderita tidakmemperhatikan hal ini.Selama 2-3 tahun pertama penyakit ini tidakmenunjukkan gejala apa-apa, atau disebut masa laten. Setelah 5-10 tahunpenyakit sifilis akan menyerang susunan syaraf otak, pembuluh darah dan jantung. Pada perempuan hamil sifilis dapat ditularkan kepada bayi yangdikandungnya dan bisa lahir dengan kerusakan kulit, hati, limpa danketerbelakangan mental.
4.
Klamidia
Penyakit ini disebabkan oleh
Chlamydia trachomatis
. Masa tanpagejala ber-langsung 7 - 21 hari. Gejalanya adalah timbul peradangan padaalat reproduksi laki-laki dan perempuan.Pada perempuan, gejalanya bisa berupa :
Keluarnya cairan dari alat kelamin atau sering disebut keputihan encer berwarna kuning kecoklatan.
Rasa nyeri di rongga pinggul.
Pendarahan setelah hubungan seksual.Sedangkan pada laki-laki, gejalanya bisa berupa :
 
Keluar cairan bening dari saluran kencing.
Rasa nyeri saat kencing.
Infeksi lebih lanjut dapat menyebabkan banyak cairan keluar danbercampur nanah.Tidak jarang pula, gejala tidak muncul sama sekali, padahal prosesinfeksi sedang berlangsung. Oleh karena itu penderita tidak sadar sedangmenjadi pembawa PMS dan menularkannya kepada pasangannya melaluihubungan seksual.Akibat terkena Klamidia pada perempuan adalah cacatnya salurantelur dan kemandulan, radang saluran kencing, robeknya saluran ketubansehingga terjadi kelahiran bayi sebelum waktunya (prematur). Sementarapada laki-laki akibatnya adalah rusaknya saluran air mani dan mengakibatkankemandulan, serta radang saluran kencing. Pada bayi, 60% - 70% terkenapenyakit mata atau saluran pernafasan (pneumonia).
5.
Trikomoniasis Vaginalis
Trikomoniasis adalah PMS yang disebabkan oleh parasit
Trichomonasvaginalis
.Gejala dan tanda-tandanya adalah:
Keluar cairan vagina berwarna encer dan baunyabusuk.
Vulva agak bengkak, gatal, dan tidak nyaman.
Nyeri saat kencing.
6.
Kandidadis Vagina
Kandidiasis vagina merupakan keputihan yang disebabkan oleh jamur 
Candidas albicans
.Pada keadaan normal, jamur ini terdapat di kulit maupun di dalam liangkemaluan perempuan. Tetapi pada keadaan tertentu, jamur ini meluas danberreplikasi secara tak terkendali sedemikian rupa sehingga mengakibatkaninfeksi dan terjadi keputihan.Gejalanya berupa keputihan berwarna putih seperti susu, bergumpal,disertai rasa gatal panas dan kemerahan pada kelamin dan di sekitarnya.Penyakit ini tidak selalu tergolong PMS, tetapi pasangan seksual dariperempuan yang terinfeksi jamur ini dapat mengeluh gatal dengan gejalabintik-bintik kemerahan di kulit kelamin.
7.
Kutil Kelamin
Penyebabnya adalah
human papilloma virus
(HPV) dengan gejalayang khas yaitu terdapat satu atau beberapa kutil di sekitar kemaluan.Pada perempuan, dapat mengenai kulit di daerah kelamin sampaidubur, selaput lendir bagian dalam liang kemaluan sampai leher rahim. Bilaperempuan hamil, kutil dapat tumbuh sampai besar sekali. Kutil kelaminkadang-kadang bisa mengakibatkan kanker leher rahim atau kanker kulit disekitar kelamin.Pada laki-laki mengenai alat kelamin dan saluran kencing bagiandalam. Kadang-kadang kutil tidak terlihat sehingga tidak disadari. Biasanyalaki-laki baru menyadari setelah ia menulari pasangannya.Sampai sekarang belum ada obat yang dapat secara tuntasmenyembuhkan kutil kelamin. Pengobatan hanya sampai pada tahapmenghilangkan kutilnya saja.

Activity (324)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred thousand reads
Ucha Clarinta liked this
Ag Deny liked this
Echie Ervianto liked this
Adecuitz Panjaitan added this note
like this materi yea
Nury Oke added this note
very good,, untuk tambahan materi

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->