Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
27Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Asuhan Keperawatan Anak Dengan Hydrocephalus

Asuhan Keperawatan Anak Dengan Hydrocephalus

Ratings: (0)|Views: 1,088 |Likes:
Published by Panz CoLenz

More info:

Categories:Types, Research
Published by: Panz CoLenz on Jan 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/08/2013

pdf

text

original

 
ASUHAN KEPERAWATAN ANAK DENGAN HYDROCEPHALUSA.
 
PENGERTIANHydrocephalus
adalah akumulasi cairan serebro spinal dalam ventrikelserebral, ruang subarachnoid atau ruang subdural (Suriadi dan Yuliani, 2001).
Hydrocephalus
merupakan keadaan patologis otak yang mengakibatkan bertmbahnya cairan serebro spinalis tanpa atau pernah dengan tekanan intracranialyang meninggi sehingga terdapat pelebaran ruangan tempat mengalirnya cairanserebro spinal (Ngastiyah, 1997).
Hydrocephalus
adalah suatu keadaan dimana terjadi peningkatan tekananIntrkranial yang disebabkan karena adanya penumpukan
cerebrospinal fluid 
didalamventrikel otak 
(Sharon & Terry; 1993; 292)
.
J
enis Hydrocephalus dapat di klasifikasikan menurut :
 
1.
 
Waktu pembentukan
 
 
 H 
 ydrocephalus Congenital 
, yaitu hydrocephalus yang dialami sejak dalamkandungan dan berlanjut setelah dilahirkan.
 
 H 
 ydrocephalus Akuisita,
yaitu hydrocephalus yang terjadi setelah bayidilahirkan atau terjadi karena faktor lain setelah bayi dilahirkan (Harsono,2006).
2
 .
 
 Pros
e
 s
Te
bentuknya Hyd 
roc
ephalu
 s
 
 
 H 
 ydrocephalus Akut,
yaitu hydrocephalus yang tejadi secara mendadak yang diakibatkan oleh gangguan absorbsi CSS (Cairan Serebrospinal).
 
 H 
 ydrocephalus Kronik,
yaitu hydrocephalus yang terjadi setelah cairanCSS mengalami obstruksi beberapa minggu (Anonim,2007).
3
 .
 
 Si 
kula
 s
Ca
an
 S 
e
eb
ros
 p
nal 
 
 
Communicating,
yaitu kondisi hydrocephalus dimana CSS masih biaskeluar dari ventrikel namun alirannya tersumbat setelah itu.
 
 
 N 
on Communicating,
yaitu kondis hydrocephalus dimana sumbatanaliran CSS yang terjadi disalah satu atau lebih jalur sempit yangmenghubungkan ventrikel-ventrikel otak (Anonim, 2003).
4
 .
 
 Pros
e
 s
 
 P 
enyak 
 
 
 Acquired,
yaitu hydrocephalus yang disebabkan oleh infeksi yangmengenai otak dan jaringan sekitarnya termasuk selaput pembungkusotak (meninges).
 
 Ex-V 
acuo,
yaitu kerusakan otak yang disebabkan oleh stroke atau cederatraumatis yang mungkin menyebabkan penyempitan jaringan otak atauathrophy (Anonim, 2003).
B
.
 
ETIOLOGI
Hydrocephalus terjadi bila tempat penyumbatan aliran cairan serebro spinal pada salah satu tempat antara tempat pembentukan cairan serebro spinal dalamsystem ventrikel dan tempat absorbsi dalam ruang subarachnoid. Akibat penyumbatan terjadi dilatsi ruangan cairan serebro spinal diatasnya. Tempat yangsering tersumbat dan terdapat dalam klinik ialah foramen monroi, foramen luschkadan magendie, sisterna magna dan sisterna basialis. Secata teoritis pembentukancairan serebro spinal yangn terlalu banyak dengan kecepatan absorbsi yang normalakan menyebabkan terjadinya Hydrocephalus, dapat juga Hydrocephalus pada bayidiakibatkan oleh kelainan bawaan (congenital), infeksi, neoplasma dan pendarahan(Ngastiyah, 1997).Menurut Suriadi dan Yuliani (2001) patofisiologi dari Hydrocephalus yaitutyerjadi karena adanya gangguan absorbsi cairan serebro spinal dalam subarachnoiddan atau adanya obstruksi dalam ventrikel yang mencegah cairan serebro spinalmasuk kerongga subaracnoid karena infeksi, neoplasma, perdarahan atau kelainan bentuk perkembangan otak janin, cairan terakumulasi dalam ventrikel danmengakibatkan dilatasi ventrikel dan penekanan organ-organ yang terdapat dalamotak.
 
C.
 
PATOFISIOLOGI
 Jika terdapat obstruksi pada system ventrikuler atau pada ruangansubarachnoid, ventrikel serebral melebar, menyebabkan permukaan ventrikuler mengkerut dan merobek garis ependymal. White mater dibawahnya akan mengalamiatrofi dan tereduksi menjadi pita yang tipis. Pada gray matter terdapat pemeliharaanyang bersifat selektif, sehingga walaupun ventrikel telah mengalami pembesaran graymatter tidak mengalami gangguan. Proses dilatasi itu dapat merupakan proses yangtiba ± tiba / akut dan dapat juga selektif tergantung pada kedudukan penyumbatan.Proses akut itu merupakan kasus emergency. Pada bayi dan anak kecil suturakranialnya melipat dan melebar untuk mengakomodasi peningkatan massa cranial.Jika fontanela anterior tidak tertutup dia tidak akan mengembang dan terasategang pada perabaan.Stenosis aquaductal (Penyakit keluarga / keturunan yangterpaut seks) menyebabkan titik pelebaran pada ventrikel laterasl dan tengah, pelebaran ini menyebabkan kepala berbentuk khas yaitu penampakan dahi yangmenonjol secara dominan (dominan Frontal blow). Syndroma dandy walkker akanterjadi jika terjadi obstruksi pada foramina di luar pada ventrikel IV. Ventrikel ke IVmelebar dan fossae posterior menonjol memenuhi sebagian besar ruang dibawahtentorium. Klein dengan type hidrosephalus diatas akan mengalami pembesarancerebrum yang secara simetris dan wajahnya tampak kecil secara disproporsional.Pada orang yang lebih tua, sutura cranial telah menutup sehingga membatasiekspansi masa otak, sebagai akibatnya menujukkan gejala : Kenailkan ICP sebelumventrikjel cerebral menjadi sangat membesar. Kerusakan dalam absorbsi dan sirkulasiCSF pada hidrosephalus tidak komplit. CSF melebihi kapasitas normal sistimventrikel tiap 6 ± 8 jam dan ketiadaan absorbsi total akan menyebabkan kematian.Pada pelebaran ventrikular menyebabkan robeknya garis ependyma normal yang padadidning rongga memungkinkan kenaikan absorpsi. Jika route kolateral cukup untuk mencegah dilatasi ventrikular lebih lanjut maka akan terjadi keadaan kompensasi.

Activity (27)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
murianda liked this
Dhian Cattleya liked this
MayaSuheri liked this
Dewi Ratna Wulan liked this
nataliaratna liked this
Kelompoksatu liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->