Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Proposal Tipologi

Proposal Tipologi

Ratings: (0)|Views: 438|Likes:
TIPOLOGI KEPEMIMPINAN DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADARASAH ALIYAH NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO
TIPOLOGI KEPEMIMPINAN DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADARASAH ALIYAH NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO

More info:

Published by: Rosyidi Ahmad Bin Mawardi on Jan 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/30/2012

pdf

text

original

 
 1
BAB IPENDAHULUAN
A. Latar Belakang MasalahDalam dunia pendidikan saat ini banyak hambatan yang tidak bisa kita pungkiri, karena kalau kita lihat fenomena dalam kehidupan yang terjadisekarang ini dengan munculnya kebobrokan akhlak manusia dikalanganmasyarakat terutama dikalangan para pelajar, dikarenakan banyak beredarnyaVCD porno, narkoba, perjudian, seks bebas, pemerkosaan, maraknya informasimedia massa yang tanpa disensor, munculnya kerusakan-kerusakan lingkungan, pembunuhan, bahkan sampai pada banyaknya manusia yang melalaikan ajaran-ajaran agama, dan hanya merupakan sebuah argumentasi bagi para ahli ilmu,namun aplikasinya langsung terjun dimasyarakat kurang tentang masalah-masalah keagamaan, maka pendidikan Agama Islam merupakan bahan yangtepat untuk di manfaatkan dalam pembinaan anak didik. Baik dari segicognitive, afektif, dan psikomotoriknya. Yang mana anak didik itu nanti akanditerjunkan pada lapisan masyarakat, seharusnya pendidikan Agama Islam tidak hanya di jadikan bahan hafalan saja atau dipelajari jika akan mengahdapi ujiansaja, akan tetapi juga untuk di praktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Danusaha-usaha dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam seharusnyasangat diperhatikan, tidak hanya di madrasah yang bernuansa Islami saja, tetapidi sekolah-sekolah umum juga.dalam memperhatikan hal tersebut tidak bisalepas dari campur tangan seorang pemimpin.
 
 2Di dalam lembaga pendidikan baik formal maupun non formal, tentangmaju tidaknya mencapai tujuan tergantung kreatifitas pemimpinnya, karena pemimpin mempunyai peranan penting dalam segala hal untuk mewujudkan visidan misi dari lembaga pendidikan yang di pegangnya.Pemimpin menyangkut banyak kegiatan dalam aspek kehidupan baik itu pada lembaga pendidikan, organisasi, perusahaan, agama, masyarakat danlain sebagainya. Dalam Islam di jelaskan menurut hadis bahwa setiap muslimadalah seorang pemimpin, dan setiap pemimpin itu suatu saat akan di mintai pertanggung jawabannya di kemudian hari pada hari pembalasan
      :               )  ( 
Artinya
" Sari Ibnu Umar R.a. beliau berkata : saya mendengar Rasulullah SAW bersabda : Setiap kamu adalah pemimpin, dan setiap kamu akan di tanyaitentang kepemimpinannya (Mutafakkun 'Alaih)
1
 
Dalam Islam seorang pemimpin dituntut untuk selalu berupayamenegakkan aqidah dan syari'ah agama baik dalam keluarga, maupun dalammasyarakat lingkungannya. Seorang pemimpin muslim harus mampumempertahankan nilai-nilai agama secara baik dan benar sebagai dasar prioritasyang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.Seorang pemimpin harus menjadi suri tauladan yang baik "
Uswatun Hasanah
", yang berarti tidak hanya berbicara tetapi juga mampumenerapkannya sesuai dengan ajaran yang telah di wariskan oleh nabiMuhammad SAW.
1
Abu bakar Muhammad,
 Hadis Tarbawi Edisi
III (Surabaya: Karya AbdiTama, 1997), hlm. 132
 
 3Menurut Wirawan dalam syaiful Sagala; bahwa kepemimpinan berasaldari kata "Pemimpin" maksudnya adalah orang yang di kenal oleh dan berusahamempengaruhi para pengikutnya untuk mengaplikasikan misinya
2
. MenurutMarno, M.Ag. & Triyo Supriyanto, S.Pd., M.Ag. pemimpin adalah suatu prosesmempengaruhi orang lain atau kelompok bawahan guna mencapai tujuan secaraefektif dan efisien.
3
Sedangkan menurut Prof. Dr. Sudarwan DanimKepemimpinan adalah setiap tindakan yang dilakukan oleh individu ataukelompok untuk mengoordinasi dan memberi arah kepada individu ataukelompok lain yang tergabung dalam wadah tertentu untuk mencapai tujuanyang telah ditetapkan sebelumnya.
4
 Besar kecilnya peranan yang di lakukan oleh seseorang banyak ditentukan kepada apa, siapa, apa yang di pimpinnya, bagaimana carakepemimpinannya, kekuasaan (otoritas) apa yang dimiliki, dan wawasan atau peringkat mana ia berperan sebagai pemimpin, baik itu memimpin formalmaupun non formal, dan memberikan motivasi, kepada mereka yang di pimpinuntuk mencapai tujuan yang di cita-citakan. Di lain pihak juga seorang pemimpin dapat menjadi sumber kepercayaan dari masyarakat yang di pimpinnya.Pemimpin madrasah dalam hal ini kepala madrasah sebagai orang yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pendidikan dan pengajaran di lembaga pendidikan harus memiliki kesiapan dan kemampuan untuk membangkitkan
2
Syaiful Sagala,
 Administrasi Pendidikan Kontemporer 
(Bandung: AllfaBeta, 2005), hlm. 143
3
Marno, M.Ag. & Triyo Supriyanto, S.Pd., M.Ag,
Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam
(Bandung; PT Refika Aditama)hlm 23
4
Prof. Dr. Sudarwan Danim,
Visi Baru Manajemen Sekolah
(Jakarta;PT Bumi Aksara 2006) hlm204

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->