Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
40Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bronchitis Makalah Adis

Bronchitis Makalah Adis

Ratings: (0)|Views: 4,428|Likes:

More info:

Published by: Fandy Faidhul Attamimi on Jan 31, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/20/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN
1.1
 
Latar Belakang Masalah
Bronkitis adalah peradangan dari satu atau lebih bronkus sedangkan bronkitis akut adalahserangan bronkitis dengan perjalanan penyakit yang singkat dan berat, disebabkan oleh karenaterkena dingin, penghirupan bahan-bahan iritan, atau oleh infeksi akut, dan ditandai dengandemam, nyeri dada (terutama batuk), dispnea, dan batuk (Dorland¶s pocket medicaldictionary).Bronkitis akut didapatkan lebih banyak pada laki-laki dari pada wanita. Di Indonesia jumlah perokok menurut Survei Kesehatan Rumah Tangga 1996 adalah 53% laki-laki dan 4%wanita. Diperkirakan didapatkan 30.000 kematian karena bronkitis setiap tahun (Soemantri danUyainah, 2001). Bronkitis adalah suatu penyebab utama dari kebanyakan keterbatasan aktifitas,kehilangan hari kerja, pensiun yang dini akibat kecacatan dan peningkatan angka kematiandimasyarakat. Karena itu penulis mengangkat judul ³Bronkitis Akut´Masalah utama pada penderita bronkitis adalah timbunan sputum yang berlebihan, yangdapat menyebabkan penyempitan saluran napas yang akhirnya meningkatkan tahanan padasaluran napas dan terjadi gangguan ventilasi. Gangguan ventilasi akan meningkatkan bebankerja pernapasan sehingga terjadi sesak napas. Timbunan sputum yang berlebih juga bisamenjadi tempat berkembang biak bakteri, jika hal itu dibiarkan maka bisa terjadi infeksi pada paru-paru yang dapat memperberat keluhan pasien.
1.2
 
Tujuan Penulisan
Tujuan yang ingin dicapai penulisan karya tulis ilmiah ini yaitu :1.
 
Tujuan umumMengetahui dan memahami tentang Bronkitis Akut.
 
2
 
2.
 
Tujuan khusus1. Untuk mengetahui Bronkitis Akut.2. Untuk mengetahui penyebab terjadinya Bronkitis Akut.3. Untuk mengetahui patofisiologi Bronkitis Akut.4. Untuk mengetahui gejala klinis Bronkitis Akut5. Untuk mengetahui diagnosa Bronkitis Akut.6. Untuk mengetahui pemeriksaaan fisik Bronkitis Akut.7. Untuk mengetahui komplikasi dan prognosa Bronkitis Akut.8. Untuk mengetahui pencegahan dan pengobatan Bronkitis Akut.
1.3
Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian yang ingin dicapai penulis pada kondisi Bronkitis adalah sebagai berikut :1 ) Ilmu PengetahuanHasil penelitian ini diharapkan dapat sebagai khasanah ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang kesehatan yang memberikan gambaran mengenai bronkitis akut.2 ) Institusi pendidikanHasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk institusi pendidikan sebagai sarana pendidikan untuk mempersiapkan peserta didik dilingkungan pendidikan kesehatan3 ) Bagi penulisMemperdalam dan memperluas wawasan mengenai hal ± hal yang berhubungan dengan bronkitis akut.4 ) Bagi pembacaMenyebarluaskan informasi kepada pembaca maupun masyarakat tentang Bronkitis akut.
 
3
 
BAB IITINJAUAN KEPUSTAKAAN
2.1
Anatomi Fisiologi Sistem Pernapasan
Pernapasan adalah peristiwa menghirup udara dari luar yang mengandung oksigen kedalam tubuh serta menghembuskan udara yang banyak mengandung CO2 sebagai sisa darioksidasi keluar dari tubuh. Fungsi dari sistem pernapasan adalah untuk mengambil O2 yangkemudian dibawa oleh darah ke seluruh tubuh untuk mengadakan pembakaran, mengeluarkanCO2 hasil dari metabolisme .a. HidungMerupakan saluran udara yang pertama yang mempunyai dua lubang dipisahkan olehsekat septum nasi. Di dalamnya terdapat bulu-bulu untuk menyaring udara, debu dan kotoran.Selain itu terdapat juga konka nasalis inferior, konka nasalis posterior dan konka nasalis mediayang berfungsi untuk menghangatkan udara.
Gambar 1. Hidung Gambar 2. Anatomi hidung

Activity (40)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Hazby Trijati liked this
hamiltonnapasha liked this
Theofilus Ardy liked this
Hendra Supeno liked this
davinetlampung liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->