Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Periodesasi Sejarah an Pemikiran Hukum Islam

Makalah Periodesasi Sejarah an Pemikiran Hukum Islam

Ratings: (0)|Views: 243 |Likes:
Published by Muhammad Jays

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Muhammad Jays on Feb 01, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/04/2013

pdf

text

original

 
0
PERIODESASISEJARAH PERKEMBANGANPEMIKIRAN HUKUM ISLAM
Disusun Oleh :Muhammad JayusProdi Ilmu Syari’ahDosen Pembimbing :1.Prof. Dr. H. Said Aqil Siradj, MA.2.Dr. H. Moh. Mukri, M.Ag.3.Dr. Alamsyah, M.Ag.
PROGRAM PASCASARJANAINSTITUTAGAMA ISLAM NEGERI RADEN INTANLAMPUNG2011
 
1
BAB IPENDAHULUANA.Latar Belakang Masalah
Dalam kehidupannya manusia tidak akan terlepas dari yang namanya hukum, baik dari Tuhan maupun hukum yang dibuat oleh manusia sendiri yang meliputihukun Negara, adat dan lain sebagainya. Hukum tersebut akan terus mengikatselama hayat masih dikandung badan dan selama dunia ini belum berakhir.Hukum-hukum tersebut diciptakan tidak lain hanyalah demi untuk kemaslahatan manusia itu sendiri. Hukun diciptakan agar manusiabisa salingmenghargai diatara sesama. Itulah yang menjadi tujuan awal dari terbentuknyahukum.Islam merupakansumber hukum dan pemikiran dimana Rasulullah hidupselama tiga belas tahun di Mekkah untuk menyiarkan dan mengingatkan kepada pemduduk Mekkah pada masa itu untuk menyembah Allah semata danmeninggalkan segala macam bentuk sesembahan kepada selain-Nya, kemudiandatang fase madinah dimana Rasulullah menegakkan pilar-pilar hukum Islamyang berdiri dan tegak di atas fondasi utama yaitu al-Qur’an danas-Sunnah, padamasa inilah hukum Islam terlembagakan dibawah pimpinan seorang rasul yangmulia penutup para nabi Muhammad Saw.Setelah meninggalnya sang nabi akhir zaman dan penyempurna seluruh risalahAllah di muka bumi kemudian Allah memilih empat diantara para sahabat beliauuntuk meneruskan risalah yang mulia ini dan menegakkan seluruh hukum-hukumyang terkandung di dalamnya mereka adalah Abu Bakar, Umara bin al-Khaththab,Usman bin Affan dan Ali bin Abi thalib–semoga ridha Allah senantiasaterlimpahkan kepada mereka-yang pada masa mereka terbentuklah beberapakaidah-kaidah hukum dan perundang-undangan Islam yang bernaung dibawah al-Qur’an dan as-Sunnah.Dalam perkembangannya, permasalahan yang berkenaan dengan hukum punsemakin berkembang dan meluas,maka hukum Islam pun semakin berkembang.
 
2
B.Rumusan Masalah
Dalam masalahyang telah penulis ungkapkan di atas, maka dalammakalah ini yang akan dibahas adalah sebagai berikut :a.Bagaimana perkembangan pemikiran hukum Islam pada masa pertumbuhan? b.Bagaimana perkembangan pemikiran hukum Islam pada masa kejayaan?

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Achmad Sielmy liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->