Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
HOTEL RESORT di PANTAI SIUNG [Bab 3]

HOTEL RESORT di PANTAI SIUNG [Bab 3]

Ratings: (0)|Views: 972|Likes:
Published by sigrid_canny

More info:

Published by: sigrid_canny on Feb 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/20/2012

pdf

text

original

 
BAB IIITINJAUAN TEORI
Setelah membahas mengenai tinjauan hotel resort secara umum maka pada bab III ini akan dibahas tinjauan teori yang mendukung proses prencanaandan perancangan. Pembahasan dalam bab III ini meliputi tinjauan teori berkaitandengan teori perencanaan dan perancangan yang akan diaplikasikan ke dalamdesain bangunan. Teori-teori yang digunakan dalam desain bangunan antara lainkajian teori penataan ruang luar, kajian teori arsitektur Jawa dan kajian teoriarsitektur kontemporer.Adapun teori-teori yang dibahas kemudian digunakan sebagai landasan berpikir dalam melakukan analisis perencanaan dan perancangan. Selain itu penguasaan terhadap teori yang mendukung mampu membantu dalammerumuskan konsep yang sesuai dengan permasalahan yang ada.
3.1.
Menyatu Dengan Alam
1
Ruangan tidak hanya sekedar membatasi alam ini dengan dinding-dinding secara privasi, namun bagaimana ruangan dibuat tersebut menjadi bagiankesenangan pemakai dalam menikmati keindahan. Menyatu dengan alam berartimembiarkan alam mempengaruhi bagaimana tata ruang diciptakan. Tata ruangalam yang sudah ada sebelumnya menjadi dasar bagi pola penataan ruangselanjutnya, sebisa mungkin tanpa mengganggu alam yang sudah adasebelumnya.Menyatu dengan alam dapat diciptakan daalam beberapa penciptaanruang, seperti adanya ruang terbuka, menggunakan unsur material alami,
1
 http://herusu71.wordpress.com/2009/10/31/menyatu-dengan-alam/, 12 Juni2011 (diolah kembali oleh penulis)
83
 
menggunakan unsur tanaman dan menggunakan unsur air dalam menciptakankondisi yang menyatu dengan alam.1.Ruang TerbukaBanyak cara sebenarnya untuk memindahkan suasana ruang luar kedalam ruang dalam. Dari aspek pembentukan ruang harusmemperbanyak perhubungan ruang antara ruang dalam dan ruang luar dengan cara antara lain, memperbanyak ruang-ruang taman yang berhubungan dengan udara luar ditengah-tangah bangunan. Dalamteknik ini biasanya diwujudkan dengan adanya taman-taman diantarafungsi-fungsi ruang. Besarnya proporsi ruang-ruang terbuka tersebutsangat mempengaruhi kualitas kedekatan ruang luar dan ruang dalam.Bahasa umumnya adalah memperbanyak taman-taman terbuka diantara ruangan. Memperbanyak dinding transparan yang secara visual juga merupakan teknik yang dapat diterapkan untuk menghubungkanruang dalam dan ruang luar. Kualitas hubungan ruang juga tergantungdari besarnya bukaan transparan yang terdapat dalam bidang-bidang pemisah.2.Unsur MaterialMasing-masing ruangan mungkin akan berbeda suasana yangditimbulkan sesuai dengan pemakai ruangan. Dalam susunan material bangunan bambu, batu-batu kali yang berserakan di taman belakangakan memberikan dampak kesan ruangan yang organik, alami,mengingatkan akan suasana ruangan etnik di desa. Tekstur merupakan bentuk fisik dari material alam. Susunan material alam dalam suatukelompok hamparan juga merupakan tekstur alam. Bahan-bahan penyusun dari unsur-unsur pembentuk ruang mempunyai pengaruh besar terhadap kesan ruang yang dibentuk. Setiap material atau bahanalam mempunyai habitat asli tempat material tersebut biasa berada.Seperti batu kali yang sering kita temukan di sungai-sungai di desa.
84
 
Demikian juga dengan bambu yang sering kita temukan dialamterbuka pedesaan. Batu-batu alam di daerah pegunungan juga menjadisalah satu pilihan untuk membangkitkan kesan ruang tertentu.Kesederhanaan dalam artian polos terhadap tekstur sesungguhnyadapat memberikan efek ruang etnik seperti tampilan batu bata tanpa plester. Dinding pembatas dengan bahan bambu atau kayu dapatmembuat kita terasa dekat dengan alam. Udara yang dihirup akanterasa beda dengan pembatas kayu dan alas tikar. Pada prinsipnya bahan-bahan yang berasal dari alam secara umum akan memberikankesan alami.3.TanamanSebagai salah satu pengisi ruang, tanaman akan mempengaruhi kesan, jika penempatan, jenis, komposisi jumlahnya diatur dalam kualitastertentu. Tanaman akan memberikan kesan sejuk dengan warna-warnaalam. Tanaman rambat akan mudah bergabung dengan dinding berlapis batu alam. Beberapa jenis tanaman dapat dipilih sesuaikarakter tanaman tersebut. Terdapat tanaman air, tanaman rambat,tanaman dalam pot kering. Susunan dari tanaman tersebut sangatmempengaruhi kualitas ruang yang kita bentuk. Posisi tanaman yang berada diatas posisi pandang manusia akan memberikan kesan kuatterhadap pemasukan kesan alam kedalam ruang.
4.
Unsur Air Air sebagai nyawa kehidupan alam ini menjadi elemen yang pentinguntuk ditampilkan dalam komposisi sebuah ruangan. Gerakan-gerakanair yang mengalir akan lebih memperkuat kehadiran roh alam. Air  bukan saja sekedar pengisi lubang, namun menggerakkan suasanaruangan.
85

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->