Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
83Activity

Table Of Contents

0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
HOTEL RESORT di PANTAI SIUNG [Bab 5]

HOTEL RESORT di PANTAI SIUNG [Bab 5]

Ratings: (0)|Views: 10,175 |Likes:
Published by sigrid_canny

More info:

Published by: sigrid_canny on Feb 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/06/2013

pdf

text

original

 
BAB VANALISIS PERENCANAAN DAN PERANCANGANHOTEL RESOR DI PANTAI SIUNG
Bab ini membahas mengenai bagaimana cara untuk menjawab permasalahan desain yang berkaitan dengan berbagai aspek desain sebuah bangunan arsitektural. Permasalahan desain dalam tulisan ini adalah “Bagaimanawujud rancangan hotel resor di kawasan Pantai Siung yang menyatu dengan alammelalui pengolahan tata ruang luar dengan nuansa arsitektur Jawa berdasarkangagasan desain arsitektur kontemporer.” Aspek-aspek yang dianalisis meliputiaspek perencanaan, aspek perancangan, sistem struktur dan sistem utilitas.Adapun terdapat 3 fokus permasalahan dalam setiap aspek yang dibahas.Aspek utama yang dibahas terkait erat dengan rumusan permasalahan, yaitu penciptaan tata ruang luar yang menyatu dengan alam, penciptaan nuansaarsitektur Jawa pada massa dan elemen bangunan, serta penciptaan desainkeseluruhan yang mewujudkan suatu karya arsitektur yang sesuai dengan gagasandesain arsitektur kontemporer etnik. Fokus analisis permasalahan dapatditekankan dengan kalimat pengolahan tata ruang luar yang menyatu dengan alamdan dikolaborasikan dengan penciptaan nuansa arsitektur Jawa berdasarkangagasan desain arsitektur kontemporer. Dengan demikian akan diperoleh kajiananalisis untuk mendapatkan hotel resor di Pantai Siung yang menyatu denganalam dengan nuansa arsitektur Jawa berdasarkan gagasan arsitektur kontemporer.
5.1.
Analisis Perencanaan Hotel Resor
Analisis perencanaan adalah proses mencari dan menentukan bagaimanaaspek perencanaan pada hotel resor di Pantai Siung. Aspek perencanaan meliputianalisis pelaku dan kegiatan, analisis kebutuhan ruang, analisis hubungan ruang,
175
 
analisis kedekatan ruang, analisis besaran ruang dan analisis tapak. Hasil padaanalisis perencanaan digunakan dalam merumuskan konsep perencanaan.
5.1.1.Analisis Pelaku dan Kegiatan
Analisis pelaku dan kegiatan merupakan proses menentukan pelaku padahotel resor, kegiatan yang dilakukan pada hotel resor, dan pola kegiatan pelaku pada hotel resor. Analisis pelaku dan kegiatan meliputi identifikasi pelaku,identifikasi kegiatan dan analisis pola kegiatan pelaku. Berikut analisis pelaku dankegiatan pada hotel resor di Pantai Siung.5.1.1.1.Identifikasi PelakuBerdasarkan macam aktivitas yang dilakukan di hotel resor, pelaku pada bangunan hotel resor dibedakan menjadi 4, yaitu :1.Tamu yang menginap atau disebut tamu hotel atau wisatawan2.Tamu yang tidak menginap atau pengunjung3.Pengelola4.PegawaiBerikut identifikasi pelaku menurut jenis aktivitas yang dilakukan di hotel resor.Tamu HotelTamu yang menginap atau biasa disebut tamu hotel, atau yang menurut pengertiannya dalam bab II disebut sebagai wisatawan, adalah orang yang datangke hotel resor sebagai pengguna jasa penginapan dan fasilitas-fasilitas yangdisediakan. Tamu hotel adalah subjek yang mendapatkan perhatian utama dalam perencanaan hotel resor. Menurut asalnya terdapat 3 jenis tamu hotel atauwisatawan, yaitu :
176
 
1.
Tamu hotel lokal, adalah tamu hotel yang berasal dari Provinsi DIY,dapat berasal dari kabupaten lain ataupun dari kabupatenGunungkidul, asalkan melakukan aktivitas menginap.2.Tamu hotel domestik, adalah tamu hotel yang merupakan warganegara Indonesia dan berasal dari luar Provinsi DIY.
3.
Tamu hotel mancanegara. Adalah tamu hotel yang berasal dari luar negeri dan masuk ke Indonesia.Sedangkan menurut tipe kamar yang ditinggali terdapat 5 jenis tamuhotel, dengan jumlah maksimal tamu hotel yang dapat ditampung hasil perkalian jumlah kamar dengan kapasitas maksimal kamar adalah sebagai berikut :
Tabel 5.1. Jenis Tamu Hotel Menurut Tipe Kamar
No.Tipe kamarKapasitasmaksimalJumlahkamarJumlah maksimaltamu hotel
1.
Single room
1662.
Twin room
25103.
 Doubleroom
2484.
 Double-double
47285.
Triple room
36186.
Suite room
428
Total3078
Sumber : Analisis Penulis
PengunjungTamu yang tidak menginap atau disebut pengunjung adalah orang yangdatang ke hotel resor untuk menggunakan fasilitas rekreasi dan fasilitas publik lain yang tersedia pada hotel resor, tanpa melakukan aktivitas menginap.Pengunjung merupakan subjek pendukung wisatawan. Menurut asalnya pengunjung juga dibagi 3, yaitu pengunjung lokal, pengunjung domestik dan pengunjung mancanegara.
177

Activity (83)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Mhd Hafiz liked this
sigrid_canny added this note
sama sama
Barry Pradana liked this
Choirur Roziqin liked this
wiranatadede liked this
WiEra ViRgo liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->