Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Teknik Pukulan Tenis

Teknik Pukulan Tenis

Ratings: (0)|Views: 436|Likes:
Published by RolandPnjsorkes

More info:

Published by: RolandPnjsorkes on Feb 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/14/2014

pdf

text

original

 
Teknik Pukulan Tenis Forehand
 Agustus 31, 2007
Forehand, pukulan yang paling dasar dan paling mudah diajarkan dalam tennis. Forehand sendiri adalah pukulanyang ayunannya dari belakang badan menuju depan dan bagian depan raket atau telapak tangan kita berhadapandengan bola.Saya akan coba jabarkan gerakan dasar dari forehand klasik yang mudah untuk dipelajari bagi pemula. Bagi andayang masih pemula, anda dapat menggunakan grip continental atau eastern dalam memegang raket tenis danstance yang digunakan adalah closed stance dimana posisi badan tegak lurus terhadap garis baseline atau net.Berikut ini adalah gambar yang menunjukkan pergerakan dalam pukulan forehand klasik.
y
 
Gerakan dimulai dari pergerakan badan menuju arah bola dan kita telah menentukan tepatnya zona bola akandipukul. Zona yang baik untuk memukul tenis dengan grip continental. (Gambar 1). atau eastern adalah padadaerah di depan badan anda, di daerah sekitar bawah perut.
 
y
 
Kemudian raket anda ayunkan ke belakang bersamaan dengan rotasi bahu tangan anda yang tidak memegangraket ke depan. Kaki kiri maju ke depan dan badan tegak lurus terhadap garis baseline atau net untuk melakukanclosed stance (Gambar 2 dan 3).
y
 
Ketika bola telah masuk pada zona pukulan yang anda kehendaki, raket anda ayunkan ke depan menuju titikkontak antara bola dengan raket (Gambar 4).
y
 
Raket kontak dengan bola tenis dan usahakan bola harus berada pada sweetspot dari raket untukkesempurnaan dari pukulan tersebut (Gambar 5).
y
 
Setelah terjadi kontak maka kita melakukan followthrough dengan cara raket tetap diayunkan hingga melintasibadan kita ke arah kira-kira jam 11 (Gambar 6).Gerakan forehand berikutnya merupakan pukulan forehand yang digunakan oleh pemain-pemain modern jamansekarang dimana perbedaan dengan cara klasik seperti di atas terletak pada pemilihan grip, stance, danfollowthrough. Grip yang umumnya dipakai oleh petenis modern adalah semi-western atau full-western sehinggapukulan utama dari pemain saat ini kebanyakan adalah topspin. Kemudian stance yang digunakan adalah openstance dimana pemain bersiap memukul bola dengan posisi badan paralel terhadap garis baseline atau menghadapnet. Mari kita lihat bagaimana pukulan forehand yang sekarang umumnya dilakukan.

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Nazmir Aznan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->