Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Contoh Rancangan Script Film Dokumenter

Contoh Rancangan Script Film Dokumenter

Ratings: (0)|Views: 88 |Likes:
Published by bhumijaya

More info:

Published by: bhumijaya on Feb 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/02/2012

pdf

text

original

 
Contoh Rancangan Script Film DokumenterTema FILM DOKUMENTER : EFEK BENCANA Terhadap Perkembangan Anak 
Subyek : Anak Lokasi : Daerah-daerah bencana dan potensi menimbulkan bencana.POV 1 : Point of View Anak terhadap lingkungannya (bencana alam yang memperngaruhilingkungan sosial budayanya.)POV 2 : Pandangan orang luar (para ahli, media) terhadap kejadian, bencana, hal yang berhubungan dengan lokasi pengamatan (pembuatan film).Data tambahan : Klipping koran, komparasi data historis dan segment Animasi.Rancangan tayangan :60 menit dengan 5 segment dan 1 teaser 
Pembagian segment :
Teaser : Montage dan narasi awal tentang kejadian sebuah bencana atau sebuah ketakutanterhadap ancaman bencana.Segment 1 (hubungan anak dgn keluarga dan lingkungannya) : Subyek anak sebagai pemainutama menerangkan pola hubungannya terhadap keadaan keluarga dan lingkungan sekitarnya.Segment 2 (Anak melihat Lingkungannya yang berubah rusak atau mulai mengalami tekanan – intervensi dari orang luar atau kendala lingkungan yang memaksa ia/keluarganya melakukansesuatu).Segment 3 (Sisi pandang orang lain – contoh : para Investor yang melihat daerah lokasi sebagaitempat menuai uang (tempat yang cocok untuk dieksploitasi). Sisi pandang orang-orang yangmelakukan kesalahan (perusakan lingkungan), karena alasan ekonomi dsb.Segment 4 : Penjelasan para Ahli dan Animasi data. Bisa juga dimasukkan komparasi datahistoris terhadap lingkungan yang sama atau kejadian yang berbeda di waktu yang berbeda(komparasi data NEWS, data riset dsb.)Segment 5 : Sang Anak menemukan sebuah jawaban atau sebuah pertanyaan terhadap kondisilingkungannya yang semakin rusak. Eksplorasi kesedihan/dramatika subyek terhadap keadaan bencana / kerusakan lingkungan.
 
Rancangan Cerita per Episode :Episode Anak Petani Sayuran – Dieng- Wonosobo
Teaser : Kerusakan lingkungan dataran tinggi Dieng Wonosobo. Aspek budaya dan ekonomi.Mengerucut pada persoalan keluarga seorang petani penggarap lahan kentang yang mempunyaianak yang membantu ayah ibunya sepulang sekolah.Segment 1 : Subyek anak adalah anak yang rajin membantu ayahnya untuk bertani dan menanamsayuran.Segment 2 : Subyek anak melihat kesulitan orang tuanya dalam hal ekonomi. Ia melihat sangAyah terjerat hutang kepada para pemodal/investor/tengkulak yang memberinya pinjaman uanguntuk modal usaha.Segment 3 : POV para investor yang melihat dataran tinggi dieng sebagai lahan yang bagusuntuk investasi pertanian. POV pemerintah daerah yang melihat daerah tersebut sebagai daerahsubur dan pertanian yang menjanjikan. POV para petani yang merasa tidak mempunyai pilihandan terdesak kebutuhan ekonomi.Segment 4 : Pendapat para Ahli dan pemerintah Wonosobo terhadap lingkungan yang rusak didaerahnya.Segment 5 : Subyek Anak menemui sebuah dilema dan sebuah ketakutan akan bahaya longsor dan penggundulan daerah dataran tinggi.
Episode Anak Penambang pasir – Pegunungan Sindoro – Wonosobo
Teaser : Kerusakan lingkungan dataran tinggi Sindoro. Penambangan pasir besar-besaran. Tanah pertanian yang berubah menjadi lahan terbengkalai. Eksploitasi besar-besaran yangmengakibatkan kerusakan lingkungan. Fokus menuju cerita seorang anak yang mempunyaiorang tua penambang pasir.Segment 1 : Subyek anak adalah anak yang terpaksa membantu ayahnya menjadi penambang pasir.Segment 2 : Subyek anak melihat kesulitan orang tuanya dalam hal ekonomi. Sebagai keluargamiskin, mereka terpaksa menjadi penambang pasir untuk mendapatkan uang lebih.Segment 3 : POV para investor yang melihat daerah Sindoro sebagai tambang pasir yang besar.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->