Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
9Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bagian Isi Laporan Pkm

Bagian Isi Laporan Pkm

Ratings: (0)|Views: 872 |Likes:
Published by Andree Andshani

More info:

Published by: Andree Andshani on Feb 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/24/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
A.LATAR BELAKANG
SD Ngawen II berada di wilayah Desa Kampung, Kecamatan Ngawen, KabupatenGunungkidul. SD ini berada di daerah Jantung kota kecamatan Ngawen dan berdiri disebelah utara kantor kecamatan Ngawen. Jumlah siswa SD Ngawen II ada 140 siswa,dengan satu Kepala Sekolah, Guru Kelas 6 orang, 1 Guru Agama Islam, 1 Guru mulok Bahasa Inggris, 1Guru Olahraga, serta 1 Penjaga sekolah.Pembelajaran dikelas yang berlangsung selama ini belum optimal melibatkan belajar aktif dalam menyelesaikan tugas sebagai tuntutan akademis maupun sosial sewaktu bekerja dikelas. Keadaan yang terjadi adalah belum banyak siswa terlibat secara tanggung jawab dalam suatu kelompok kerjaDalam pembelajaran di kelas V, penulis menemukan kendala yang sangat serius,dimana siswa banyak yang pasif dan diam jika guru mengajukan pertanyaan.Setiap akhir pembelajaran, guru selalu mengadakan tes akhir. Dari hasil tersebutditemukan bahwa prestasi hasil belajar siswa masih rendah. Dari siswa kelas V yang jumlahnya 21 anak yang mencapai nilai ketuntasan minimal 65, hanya 37 %, selebihnya belum mencapai ketuntasan belajar.Menurut Sutan Zanti Arbi (1992 : 134), tugas guru secara profesional meliputitugas mendidik, mengajar, dan melatih. Sehubungan dengan tugas tersebut, guru harusmampu menguasai kemampuan dasar profesional dalam belajar mengajar.Dalam kegiatan belajar mengajar, guru juga dituntut mampu menilai kinerjanyasendiri. Kemampuan ini berkaitan dengan penelitian yang ruang lingkupnya berada didalam kelas, yaitu penelitian di kelasnya sendiri (Wardani I. G. A. K, 2004)Peningkatan Kemampuan mengajar guru antara lain dilakukan dengan studidiprogram S 1 PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka.Mahasiswa program S1 PGSD diwajibkan untuk menempuh mata kuliah PemantapanKemampuan Mengajar ( PKM ). Mata kuliah PKM ini merupakan mata kuliah yangmelatih dan membekali guru dengan kemampuan untukmenyelenggarakan pembelajaran diSD. Pembelajaran dilakukan berdasarkan prinsip prinsip keilmuan anak sekolah dasar dankependidikan keguruan yang dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Berbekal pengetahuan dan pengalaman yang diperolehnya, guru diharapkan dapat menerapkannyadalam unjuk kerja pembelajaran pada jenjang pendidikan sesuai dengan bidang tugasnya.
 
B.TUJUAN MENGIKUTI PKM
Berdasarkan latar belakang, Praktek Kemantapan Mengajar ini bertujuan untuk :1. Meningkatkan nilai hasil belajar siswa.2.Meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran.3.Menyusun rencana pembelajaran dengan menerapkan prinsip prinsip dan keilmuan pendidikan anak sekolah dasar.4.Melaksanakan pembelajaran secara efektif dengan mengacu pada rencana pembelajaran yang telah disusun5.Mempersiapkan pembelajaran, termasuk mengenali karakteristik dan kebutuhan belajar pesrta didik.6.Mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan dalam mengajar melalui refleksi.7.Memperbaiki tindak penyelenggaraan berikutnya mempertanggung jawabkantindak pembelajaran yang telah dilakukan. 
C.MANFAAT MENGIKUTI PKM1.Bagi Guru
.1. Untuk memperbaiki kinerja guru dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswadalam proses pembelajaran, dengan metode dan media yang tepat.2. Dapat mengkaji ulang konsep penting yang terkait bidang keilmuan pendidikan anak sekolah dasar .3. Mempunyai kemampuan untuk melakukan refleksi diri dalam menemukankekurangan dan kelebihan pembelajaran yang telah dilakukan.4. Terbiasa mengambil keputusan/tindak pembelajaran yang dilakukan berdasarkan prinsip prinsip keilmuan yang dapat dipertanggung jawabkan.
2.Bagi Siswa.
Untuk meningkatkan keaktifan dan pemahaman terhadap pembelajaran, sehinggahasil belajarnya meningkat.
3.Bagi Sekolah.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan kepada guru-guru di SD Ngawen II untuk menggunakan metode dan media pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran , dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
 
Proses identifikasi masalah yang dilakukan penulis pada waktu penulis mengajar di kelas V SD Ngawen II, Ngawen, Gunungkidul, D.I. Yogyakarta, penulis dapat melihatlangsung hasil dari proses pembelajaran sampai pelaksanaan tes akhir menunjukkan bahwa:1.Prestasi belajar siswa masih rendah.2.Siswa banyak yang pasif.3.Siswa kurang berkonsentrasi pada materi pelajaran.4.Siswa menganggap pelajaran Sains suatu pelajaran yang sulit.
ANALISIS MASALAH
Berdasarkan identifikasi masalah yang peneliti temukan pada pembelajarandikelas V SD Ngawen II dengan bantuan teman sejawat, peneliti mencoba mencari penyebab mengapa siswa kurang aktif, siswa kurang antusias dan rendahnya pemahamanserta hasil belajar siswa yang didapat ternyata ada penyebab timbulnya masalah.Penyebab timbulnya masalah dalam pembelajaran di kelas V SD Ngawen IIterdiri dari 3 faktor, yaitu :1.
Faktor dari guru
, antara lain :a.Guru kurang mempersiapkan pembelajaran dengan baik. b.Guru hanya menggunakan satu metode pembelajaran.c.Guru tidak menggunakan metode yang bervariasi.d.Guru kurang bisa membuat pertanyaan agar siswa aktif.e.Guru tidak menggunakan alat peraga yang dapat mengaktifkan siswa.2.
Faktor dari siswa
, antara lain :a.Rendahnya perhatian siswa pada pembelajaran. b.Siswa tidak mempersiapkan diri belajar materi pelajaran dari rumah.c.Siswa tidak berani bertanya bila mendapat kesulitan.d.Siswa mudah bosan menerima materi pelajaran.3.
Faktor dari materi pelajaran
.Pada waktu pembelajaran berlangsung, lebih tepat jika guru menyajikan denganmelibatkan aktifitas fisik siswa, tetapi biasanya guru mengajar hanya menggunakanmetode ceramah, sehingga siswa dalam pembelajaran menjadi pasif.

Activity (9)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Zuetha Arista liked this
Suaidin Abdullah liked this
Nailz Chuky liked this
Muhammad Yunus liked this
Abang Dmn liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->