Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
67Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Habitat Dan Relung Ekologi

Habitat Dan Relung Ekologi

Ratings: (0)|Views: 2,648 |Likes:
Published by Chandra Nda Kurnia
ekologi hewan
ekologi hewan

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: Chandra Nda Kurnia on Feb 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/16/2013

pdf

text

original

 
Makalah
HABITAT DAN RELUNG EKOLOGI
Untuk memenuhi tugas mata kuliah ekologi tumbuhanYang dibina oleh Bpk.Faturrachman
Oleh Kelompok 3 :Offering GG
Musa¶adah 407342408150Dora dayu 407342408155Chandra Kurnia 407342409189
UNIVERSITAS NEGERI MALANGFAKULTAS MATEMATIKA DAN IMU PENGETAHUAN ALAMJURUSAN BIOLOGIMaret 2009
 
BAB IIPEMBAHASAN2.1 Pengertian Habitat
S
etiap populasi mahluk hidup menempati habitat atau biotop tertentu.Habitat suatu populasi hewan pada dasarnya menunjukkan totalitas dari corak lingkungan yang ditempati populasi itu,termasuk faktor-faktor abiotik berupa ruang,tipe substratum atau medium yangditempati,cuaca dan iklimnya serta vegetasinya.
2.2 Macam-macam Habitat
S
ecara garis besar dikenal empat tipe habitat utama yakni: daratan,perairantawar,perairan payau,dan estuaria serta perairan bahari/laut. Masing-masing kategori utamaitu dapat dipilah-pilahkan lagi tergantung corak kepentingannya,mengenai aspek yang ingindiketahui.Dari sudut pandang dan kepentingan populasi-populasi hewan yangmenempatinya,pemilihan tipe-tipe habitat itu terutama didasarkan pada segi variasinyamenurut waktu dan ruang.Berdasarkan variasi habitat menurut waktu,dapat dikenal 4 macam habitat.1.
 
Habitat yang konstan, yaitu suatu habitat yang kondisinya terus-menerusrelatif baik atau kurang baik.2.
 
Habitat yang bersifat memusim,yaitu suatu habitat yang kondisinya secara relatif teratur secara berganti-ganti antara baik dan kurang baik.3.
 
Habitat yang tidak menentu,yaitu suatu habitat yang mengalami suatu perioda dengankondisi baik yang lamanya juga bervariasi sehingga kondisinya tidak dapatdiramalkan.4.
 
Habitat yang
efemeral 
,yaitu suatu habitat yang mengalami perioda kondisi baik yang berlangsung relatif singkat,diikuti oleh suatu perioda dengan kondisi yang berlangsung relatif lama sekali.
 
Berdasarkan variasi kondisi habitat menurut ruang,habitat dapat diklasifikasi menjadi3 macam.1.
 
Habitat yang bersinambung,yaitu apabila suatu habitat mengandung area dengankondisi baik yang luas sekali,yang melebihi luas area yang dapat dijelajahi populsihewan penghuninya.
S
ebagai contoh yang luas sebagai habitat dari populasi rusa yang berjumlah 10 ekor.2.
 
Habitat yang terputus-putus,merupakan suatu habitat yang mengandung area dengankondisi baik letaknya berselang-seling dengan area berkondisi kurang baik,danhewan-hewan penghuninya dengan mudah dapat menyebar dari area berkondisi baik yang satu ke yang lainnya.3.
 
Habitat yang terisolasi,merupakan suatu habitat yang mengandung area berkondisi baik yang terbatas luasnya dan letaknya terpisah jauh dan area berkondisi baik yanglain,sehingga hewan-hewan tidak dapat menyebar untuk mencapainya,kecuali biladidukung oleh faktor kebetulan.Misal suatu pulau kecil yang dihuni oleh populasirusa.Jika makanan habis rusa tersebut tidak dapat pindah ke pulau lain.Pulau keciltersebut bukan merupakan habitat terisolasi bagi suatu populasi burung yang dapatdengan mudah pindah ke pulau lainnya,tetapi lebih cocok disebut habitat yangterputus.
Mikrohabitat
Populasi-populasi hewan yang mendiami suatu habitat tertentu akan terkonsentrasiditempat-tempat dengan kondisi yang paling cocok bagi pemenuhan persyaratan hidupnyamasing-masing. Mikrohabitat adalah bagian dari habitat yang merupakan lingkungan yangkondisinya paling cocok dan paling akrab berhubungan dengan hewan.
2.3 Pengertian Relung Ekologi
Istilah relung ekologi diluar bidang ekologi praktis tidak dikenal. Hal ini dikarenakankonsep relung ekologi relatif baru.
S
ecara umum dapat dikatakan bahwa relung ekologimerupakan suatu konsep abstrak mengenai keseluruhan persyaratan hidup dan interaksiorganisme dalam habitatnya. Dalam hal ini habitat merupakan penyedia berbagai kondisi dansumberdaya yang dapat digunakan oleh organisme sesuai dengan persyaratan hidupnya.Menurut Keindegh (1980), Relung ekologi suatu populasi atau hewan adalah statusfungsional hewan itu dalam habitat yang ditempatinya berkaitan dengan adaptasi-adaptasifisiologis, struktur/morfologi, dan pola perilaku hewan itu.

Activity (67)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
rizaleki liked this
Vitta Keccil liked this
Ndayah Nabila liked this
Farhan Muhtadi liked this
Idayati Saliman liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->