Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
59543100 Array Sorting Search

59543100 Array Sorting Search

Ratings: (0)|Views: 12 |Likes:
Published by Cut Ratnawati

More info:

Published by: Cut Ratnawati on Feb 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/20/2013

pdf

text

original

 
Array Sorting Search & Matriks 
19:41 Avib No comments 
 
P
engertian
 
Array Sorting Search
 
Array Sorting Search adalah sebuah program untuk mencari data dalam sebuah datayang di random. Dan fungsi-fungsi yang digunakan adalah : Array, Sorting, Class,Constructor, Void dan Scanner.
 Array
adalah suatu koleksi dari beberapa materi menyangkuttipe data yang sama. Misalnya array dari integer adalah array yang terdiri dari suaturangkaian integer. Array digunakan untuk menyimpan sejumlah nilai pada sebuah variabel. Nilai-nilai yang tersimpan dalam array disebut elemen. Untuk mengakses elemen tertentu pada array digunakan angka index. Index menunjukkan nomor urutdari posisi elemen yangingin diakses dalam array. Untuk sekedar pemberitahuan, Java memulai angka indexnya dari0,bukan 1.
Class
adalah suatu koleksi metode dan variable. Sebuah kelasmenggambarkan suatu template untuk menyimpan satuan kode dan data yangberhubungan dengan suatu entitas. Karena itu, kelas merupakan bentuk dasar darikeseluruhan bahasa Java.
 
Sorting 
adalah sekumpulan instruksi yang bertugas mengurutkansekumpulan data. Ada dua jenis pengurutan yaitu pengurutan menaik (ascending)dan pengurutan menurun (descending). sedangkan
ontru 
tor 
digunakan padasaat object dideklarasikan untuk mengisi variable awal.
Void 
adalah fungsi yangtidak mengembalikan sebuah nilai dan hanya mengerjakan sebuah perintah saja.Kemudian yang terakhir adalah
Scanner,
a
nner 
merupakan suatu statement yang
 
berfungsi untuk meng-inputkan data yang nantinya bisa diproses sesuai programyang ingin dikehendaki.
 
 
Matriks
 
M
atriks adalah sebuah program matematika yang untuk pengerjaa kali inimenggunakan java(netbean). Pada soal kali ini menggunakan
Void 
adalah fungsiyang tidak mengembalikan sebuah nilai dan hanya mengerjakan sebuah perintahsaja.
 
C
ontoh
P
ermasalahan 
Array sorting search
 
P
ermasalahan :
 
Disini kita harus membuat sebuah program dimana kita akan meng-inputkan berapa jumlahdata yang ingin kita tampilkan, sehingga pada out put nanti jumlah data-nya sama denganyang kita input kan. Dan juga data yang di input kan harus secara otomatis dari computer danitu pun data-nya jga harus Random. Kemudian kita akan memasukkan kata kunci (dalam bentuk angka), yang berguna untuk mencari data yang kita inginkan (terletak pada data ke- berapa).
Matriks
 
P
ermasalahan :
 
Disini kita harus menyelesaikan sebuah persoalan Matematika dengan java, kita harusmembuat sebuah matriks 2x2 yang nantinya di setiap matriks-nya akan diberi nilai secararandom (acak),, dan juga kita harus membuat program penjumlahan serta pengurangan dua buah matriks 2x2.
P
enyelesaian masalah dan ALGORITMA
 
 
Array sorting search
 
P
emecahan masalah :
 
 
Disediakan Sebuah array yang dapat anda berikan indeks, disini kita akanmemberikan input-an secara otomatis. Dan masing-masing elemen diisikanbilangan bulat dengan random(acak). Lalu dari bilangan acak tersebut kita harusmengurutkan mulai dari bilangan terkecil hingga bilangan terbesar. Nah, untuk itudisini saya menggunakan bubble sort untuk mengurutkan bilangan-bilangan yangmerupakan elemen-elemen dari masing-masing indeks array. Kemudian kita dapatmeng-input kan data atau elemen yang ingin kit acari. Dan apabila data yang andcari tidak ada maka out put pun akan menampilkan bahwa ´tidak ada datatersebutµ (hanya permisalan).
 
 Algoritma :
 
(a)
 
Buat variable i dengan nilai 0 dan j nilainya sama dengan i
 
(b) Inisialisasikan elemen-elemen array secara acak.
 
(c)
 
Urutkan elemen elemen tersebut dengan cara membandingkan elemenberindeks i dengan elemen berindeks j+1.
 
(d)
 
Jika elemen berindeks i lebih besar daripada elemen berindeks j+1 maka tukar elemen tersebut. Lalu nilai I dan j masing-masing ditambah 1.
 
(e)
 
Ulangi langkah c sampai semua elemen ±elemen tersebut urut mulai elementerkecil hingga elemen terbesar .
 
(f)
 
Lalu cetak.
 
 
Matriks
 
Pemec
ahan
m
asalah :
 
Awalnya harus kita membuat sebuah int untuk menampung 2 buah matriks,, masing-masingint mewakili 1 buah matriks, dan kali ini matriks yang kita buat berukuran 2x2. Setelah itu kita memasukkan nilai-nilai pada tiap matriks dengannilai random (acak), dengan menggunakan
 R
andomData
. Kemudian kita harus membuatsebuah program penjumlahan dan pengurangan Matriks dengan nilai yang sudaah di tentukansecara otomatis (random).
Algoritma : 
1. Deklarasikan variabel matrik1[2][2],matrik2[2][2],matrik[2][2],i,j,k,l,m,n,a,b2.
P
roses ulang atau looping dari i=0 sampai i<2

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->