Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan Ppl 1 SMA Gebog

Laporan Ppl 1 SMA Gebog

Ratings: (0)|Views: 1,018|Likes:
Published by Mohamed Afree Awan

More info:

Published by: Mohamed Afree Awan on Feb 07, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/11/2014

pdf

text

original

 
1
BAB I
PENDAHULUAN
A.LATAR BELAKANG
Universitas Negeri Semarang (UNNES) merupakan suatu lembaga pendidikan tinggi negeriyang mempunyai jurusan pendidikan dan non pendidikan, dimana jurusan kependidikanluarannya yaitu berupa calon pendidik atau guru. Untuk itu maka dalam menyiapkan tenagakependidikan yang profesional seorang calon pendidik di haruskan menempuh berbagai macammata kuliah seperti Perencanaan Pengajaran, Strategi Belajar Mengajar, Evaluasi Pendidikan danmicroteaching serta yang paling penting yaitu PPL. PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) yaitusemua kegiatan kurikuler yang harus dilakukan oleh mahasiswa praktikan, sebagai pelatihanuntuk menerapkan teori yang diperoleh dalam semester-semester sebelumnya sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan agar mereka memperoleh pengalaman dan ketrampilanlapangan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di sekolahh atau tempat latihanlainnya. PPL ini meliputi : praktik mengajar, praktik administrasi, praktik bimbingan dankonseling serta kegiatan yang bersifat kokurikuler dan atau ekstra kurikuler yang berlakudisekolah/tempat latihan.Menginggat pada saat ini Indonesia masih membutuhkan tenaga pendidikan yang profesionalmaka UNNES juga ikut bertanggung jawab atas permintaan pada calon tenaga kependidikan/calon guru. Oleh karena menyiapkan tenaga calon pendidik yang intelek dan profesionalUniversitas Negeri Semarang bekerjasama dengan sekolah-sekolah baik negeri maupun swastauntuk bersedia dijadikan tempat Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) oleh mahasiswa UNNES.PPL ini wajib dilakukan oleh mahasiswa program S1, program diploma, dan program akta. PPLyang dilakukan pada tahun 2011 dibagi atas 2 macam tahapan yaitu PPL I dan PPL II dimanaantara PPL I dan PPL II waktunya selama 3 bulan, dilakukan di satu sekolah atau sekolah yangsama.PPL 1 atau PPL dini pelaksanaannya berupa observasi fisik dan administrasi sekolah. Hal inidilakukan agar calon pendidik terbiasa dan mengenal mengenai seluk beluk atau karakter sekolahlatihan. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan observasi pembelajaran dalam kelas. PPL 1 inidilaksanakan mulai tanggal 8 Agustus 2011 sampai dengan tanggal 20 Agustus 2011.Sedangkan untuk PPL II yaitu merupakan tindak lanjut dari PPL I dimana mahasiswa praktikan
 
2
sudah diberikan wewenang untuk melakukan pembelajaran dalam kelas. Tugas-tugas mahasiswa praktikan pada PPL adalah :
1.
Melakukan pengamatan dan pemahaman tentang kurikulum dan Garis-Garis Besar ProgramPengajaran (GBPP), khususnya berkaitan dengan bidang studi yang digeluti.
2.
Menyusun perangkat pembelajaran yang meliputi : Program Tahunan (PROTA), ProgramSemester (PROMES), Silabus, minggu efektif dan rencana pembelajaran (RP)
3.
Melaksanakan praktik pengajaran langsung dikelas dengan didampingi guru pamong secara berkelanjutan.
B.TUJUAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN 1 (PPL I)
1.Tujuan UmumPraktik Pengalaman Lapangan bertujuan untuk membentuk mahasiswa praktikan agar menjadi calon menjadi calon tenaga kependidikan yang profesional, sesuai dengan prinsip- prinsip pendidikan berdasarkan kompentensi, yang meliputi kompetensi, yang meliputikompetensi paedagogik, kompetensi kepribadian, yang meliputi kompetensi profesional, dankompetensi sosial.2.Tujuan khususMeningkatkan, memperluas dan memantapkan sikap etis profesionalisme dannasionalisme yang diperlukan mahasiswa untuk memasuki dunia kerja sesuai dengan bidangnya.
C.MANFAAT OBSERVASI
Pelaksanaan PPL I di SMA 1 GEBOG KUDUS yang dilaksanakan tanggal 8 Agustus 2011sampai dengan tanggal 20 Agustus 2011 telah banyak memberikan manfaat bagi kami antaralain adalah:
1.
Mahasiswa dapat mengetahui dan mengamati serta ikut andil dalam kegiatan belajamengajar di sekolah latihan.2.Praktikan memperoleh pengalaman yang berbeda dari teori-teori yang diberikan di kampusdan mengaplikasikannya dalam kehidupan di sekolah latihan.3.Praktikan mendapatkan gambaran secara nyata mengenai cara kerja atau kinerja dari sekolahlatihan.
 
3
4.Sebagai pengantar bagi mahasiswa praktikan untuk melanjutkan ke PPL II, sehingga sudahmengetahui seluk beluk dari sekolah latihan.
D.METODE PENGUMPULAN DATA
Ada beberapa metode yang dipakai dalam mendapatkan data yang valid dari sekolah latihanantara lain yaitu :a.Metode Observasi (pengamatan secara langsung) b.Metode Partisipasic.Metode Wawancarad.Metode Survai
E.SISTEMATIKA LAPORAN
Dalam penyusunan laporan ini, penulis menyajikan dengan sistematika sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
A.Latar BelakangB.Tujuan ObservasiC.Metode pengumpulan dataD.Sistematika Laporan
BAB II LANDASAN TEORIBAB III HASIL PENELITIAN
A.WAKTU PELAKSANAANB.KONDISI FISIK SEKOLAHC.KEADAAN LINGKUNGAN SEKOLAH
D.
VISI DAN MISI SMA 1 GEBOG KUDUSE.FASILITAS SEKOLAH1.Ruang Kepala Sekolah17. WC / Kamar Mandi Wakase2.Ruang Guru18. WC / Kamar Mandi Guru3.Ruang Tata Usaha19. WC / Kamar Mandi TU4.Ruang Kelas20. WC / Kamar Mandi Siswa5.Ruang Laboratorium Kimia21. Perumahan Kepala Sekolah

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->