Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
8Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
permendagri_54_2010

permendagri_54_2010

Ratings: (0)|Views: 2,714|Likes:
Published by Ahmad Abdul Haq

More info:

Published by: Ahmad Abdul Haq on Feb 08, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/16/2013

pdf

text

original

 
http://www.wikiapbn.org 
MENTERIDALAM NEGERIREPUBLIK INDONESIA
 PERATURAN MENTERI DALAM NEGERINOMOR54TAHUN 2010TENTANGPELAKSANAAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 8TAHUN 2008 TENTANGTAHAPAN, TATACARA PENYUSUNAN, PENGENDALIAN, DAN EVALUASIPELAKSANAAN RENCANA PEMBANGUNAN DAERAHDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAMENTERI DALAM NEGERI,
Menimbang:bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal20ayat(3),Pasal37, Pasal 42 ayat (2), dan Pasal 51 Peraturan Pemerintah Nomor8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan,Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana PembangunanDaerahperlu menetapkan Peraturan Menteri Dalam Negeritentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008tentang Tahapan, Tatacara Penyusunan, Pengendalian, danEvaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah;Mengingat:1.Undang-UndangNomor 17 Tahun 2003 tentang KeuanganNegara (Lembaran Negara Republik IndonesiaTahun 2003Nomor 47, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia,Nomor 4287);2.Undang-UndangNomor 25 Tahun 2004 tentangSistemPerencanaan Pembangunan Nasional (Lembaran NegaraRepublik Indonesia Tahun 2004 Nomor 104,TambahanLembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4421);3.Undang-UndangNomor 32 Tahun 2004 tentang PemerintahanDaerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004Nomor 125, Tambahan Lembaran Negara Republik IndonesiaNomor 4437) sebagaimana telah diubah beberapa kali,terakhir dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 32Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran NegaraRepublik Indonesia Tahun 2008 Nomor 59, TambahanLembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4844);4.Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang PenataanRuang (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007Nomor 68, Tambahan Lembaran Negara Republik IndonesiaNomor 4725);5.Undang-UndangNomor 39Tahun 2008tentang KementerianNegara (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008Nomor 166, Tambahan Lembaran Negara Republik IndonesiaNomor 4916);
 
 http://www.wikiapbn.org 
-2 -6.Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005 tentangPengelolaan Keuangan Daerah (Lembaran Negara RepublikIndonesia Tahun 2005 Nomor 140, Tambahan LembaranNegara Republik Indonesia Nomor 4578);7.Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 6 Tahun2008 Tentang Pedoman Evaluasi PenyelenggaraanPemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik IndonesiaTahun 2008 Nomor 19, Tambahan Lembaran Negara RepublikIndonesia Nomor 4815);8.Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan,Tata Cara Penyusunan, Pengendalian dan EvaluasiPelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah, (LembaranNegara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 21, TambahanLembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4817);9.Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2010 tentang TataCara Pelaksanaan Tugas dan Wewenang serta KedudukanKeuangan Gubernur sebagai Wakil Pemerintah di WilayahProvinsi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2010Nomor 25, Tambahan Lembaran Negara Republik IndonesiaNomor 5107);
MEMUTUSKAN:
Menetapkan :PERATURAN MENTERI DALAM NEGERITENTANG PELAKSANAANPERATURAN PEMERINTAH NOMOR 8 TAHUN 2008 TENTANGTAHAPAN, TATACARA PENYUSUNAN, PENGENDALIAN, DANEVALUASI PELAKSANAAN RENCANA PEMBANGUNAN DAERAH.
BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1
Dalam Peraturan Menteri ini yang dimaksud dengan:1.
 
Daerahadalah kesatuan masyarakat hukum yang mempunyai batas-bataswilayah yang berwenang mengatur dan mengurus urusan pemerintahan dankepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri berdasarkanaspirasi masyarakat dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia.2.
 
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah selanjutnya disingkat DPRD atau dengansebutan lain adalah lembaga perwakilan rakyat daerah sebagai unsurpenyelenggara pemerintahan daerah.3.
 
Kepala daerah dan wakil kepala daerah adalah Gubernurdan wakil Gubernuruntuk provinsi, bupati dan wakil bupati untuk kabupaten, walikota dan wakilwalikota untuk kota.4.
 
Satuan kerja perangkat daerah yang selanjutnya disingkat dengan SKPDadalahperangkat daerah pada pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota.5.
 
Badan Perencanaan Pembangunan Daerahyang selanjutnya disingkat denganBappeda atau sebutan lain adalah unsur perencana penyelenggaraanpemerintahan yang melaksanakan tugas dan mengkoordinasikan penyusunan,pengendalian, dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah.
 
 http://www.wikiapbn.org 
-3 -6.
 
Pemangku kepentingan adalah pihakyang langsung atau tidak langsungmendapatkan manfaat atau dampak dari perencanaan dan pelaksanaanpembangunan daerah antara lain unsur DPRD provinsi dan kabupaten/kota,TNI, POLRI, Kejaksaan, akademisi, LSM/Ormas, tokoh masyarakat provinsi dankabupaten/kota/desa, pengusaha/investor, pemerintah pusat, pemerintahprovinsi, kabupaten/kota, pemerintahan desa, dan kelurahan sertaketerwakilan perempuan dan kelompok masyarakat rentan termajinalkan.7.
 
Pembangunan daerah adalah pemanfaatan sumber daya yang dimiliki untukpeningkatan kesejahteraan masyarakat yang nyata, baik dalam aspekpendapatan, kesempatan kerja, lapangan berusaha, akses terhadappengambilan kebijakan, berdaya saing, maupun peningkatan indekspembangunan manusia.8.
 
Perencanaan pembangunan daerah adalah suatu proses penyusunan tahapan-tahapan kegiatan yang melibatkan berbagai unsur pemangku kepentingan didalamnya, guna pemanfaatan dan pengalokasian sumber daya yang ada,dalam rangka meningkatkan kesejahteraan sosial dalam suatu lingkunganwilayah/ daerah dalam jangka waktu tertentu.9.
 
Rencana pembangunan jangka panjang daerah yang selanjutnya disingkatRPJPD adalah dokumen perencanaan daerah untuk periode 20 (dua puluh)tahun.10.
 
Rencana pembangunan jangka menengah daerah yang selanjutnya disingkatRPJMD adalah dokumen perencanaan daerah untuk periode 5 (lima) tahun.11.
 
Rencana kerja pembangunan daerah yang selanjutnya disingkat RKPDadalahdokumen perencanaan daerah untuk periode 1 (satu) tahun atau disebutdengan rencana pembangunan tahunan daerah.12.
 
Rencana strategis SKPD yang selanjutnya disingkat dengan Renstra SKPDadalah dokumen perencanaan SKPD untuk periode 5 (lima) tahun.13.
 
Rencana kerja SKPD yang selanjutnya disingkat Renja SKPD adalah dokumenperencanaan SKPD untuk periode 1 (satu) tahun.14.
 
Rencana pembangunan jangka panjang nasional yang selanjutnya disingkatRPJPN adalah dokumen perencanaan pembangunan nasional untuk periode 20(dua puluh) tahun.15.
 
Rencana pembangunan jangka menengah nasional yang selanjutnya disingkatRPJMN adalah dokumen perencanaan pembangunan nasional untuk periode 5(lima) tahunan.16.
 
Rencana kerja pemerintah yang selanjutnya disingkat dengan RKPadalahdokumen perencanaan nasional untuk periode 1 (satu) tahun.17.
 
Anggaran pendapatan dan belanja negara,selanjutnya disingkat APBN,adalahrencana keuangan tahunan pemerintahan negara yang disetujui oleh DewanPerwakilan Rakyat dan ditetapkan dengan Undang-Undang.18.
 
Anggaran pendapatan dan belanja daerah,selanjutnya disingkat APBD adalahrencana keuangan tahunan pemerintahan daerah yang dibahas dan disetujuibersama oleh pemerintah daerah dan DPRD dan ditetapkan dengan PeraturanDaerah.19.
 
Kebijakan umum APBD yang selanjutnya disingkat KUA adalah dokumen yangmemuat kebijakan bidang pendapatan, belanja, dan pembiayaan serta asumsiyang mendasarinya untuk periode 1 (satu) tahun.

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
alfalahiioke liked this
deni74 liked this
Widya Astuty liked this
Irma Yani liked this
Arif Sugiarto liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->