Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Format PKL STMIK Potensi Utama TA 2011-2012

Format PKL STMIK Potensi Utama TA 2011-2012

Ratings: (0)|Views: 770 |Likes:
Published by Din Afriansyah
Format Penyusunan laporan PKL di STMIK Potensi Untama Untuk Tahun Ajaran 2011-2012 #fix
Format Penyusunan laporan PKL di STMIK Potensi Untama Untuk Tahun Ajaran 2011-2012 #fix

More info:

Published by: Din Afriansyah on Feb 08, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/16/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA. Pengertian, Maksud dan Tujuan
Sebelum melaksanakan Tugas Akhir atau Skripsi mahasiswa diwajibkanmelaksanakan Praktek Kerja Lapangan untuk memperoleh jenjang pendidikanDiploma III dan Strata-1 di STMIK Potensi Utama. Praktek Kerja Lapanganmerupakan kegiatan yang dilakukan diluar maupun di kampus. Praktek KerjaLapangan ini diharapkan menjadi bahan untuk Tugas Akhir (D3) dan Skripsi (S1).Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah bagian dari beban studi yang harus diikutisetiap mahasiswa dalam rangka penyelesaian studi Praktek Kerja Lapangan (PKL)merupakan tugas yang dilakukan diluar kampus yaitu di berbagai perusahaan/instansi baik swasta maupun pemerintah yang telah ditentukan sebelumya dan bersediamenerima peserta.1.Yang dimaksud Laporan Praktek Kerja Lapangan dalam buku PedomanPenyusunan Laporan Praktek Kerja Lapangan adalah karya tulis ilmiah berdasarkan pengalaman dan pengamatan mahasiswa di instansi pemerintah/swasta, yang disusun oleh seorang mahasiswa sesuai dengan bidang studinya sebagai tugas akhir dalam studi formalnya pada SekolahTinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Potensi Utama.2.Yang dimaksud dengan pengalaman dan pengamatan adalah keseluruhankegiatan mahasiwa baik dalam bentuk pikiran maupun kegiatan Lapangandalam menyelesaikan tugas praktek dan menimba pengalaman di lapangan,sebagai aplikasi dari ilmu pengetahuan yang diterima.Adapun pendekatan yang dipergunakan dalam penulisan atau penyusunan laporanadalah pendekatan deskriptif. Melalui pelaksanaan PKL diharapkan para mahasiswasemakin mengetahui dan memahami dunia kerja yang beragam situasi serta kondisiriil diluar kampus. Selanjutnya dengan membandingkan situasi dan kondisi riiltersebut dengan ilmu/teori yang diterima dikampus, diharapkan para siswa dapatmemetik pelajaran dan pengalaman yang bermanfaat kelak dalam menghadapi duniakerja.
B. TUJUAN DAN KEGUNAAN LAPORAN PKL
Tujuan dan kegunaan Laporan Praktek Kerja Lapangan, yaitu menyajikan hasil-hasil pengalaman dan pengamatan selama melaksanakan praktek kerja secara ilmiah yang berguna bagi kepentingan praktis maupun pengembangan ilmu pengetahuan.
C. KARAKTERISTIK LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN
Laporan Praktek Kerja Lapangan yang disusun mahasiswa harus;1.Merupakan hasil karya asli, bukan jiplakan baik sebagian atau keseluruhan.2.Mempunyai manfaat praktis dan teoritis.3.Sesuai dengan kaidah kaidah keilmuan.
 
4.Menggunakan bahasa Indonesia yang baku.
D. Persyaratan Melakukan Laporan PKL
Untuk dapat melakukan Praktek Kerja Lapangan seorang mahasiswa harus memenuhisyarat-syarat sebagai berikut :1.Telah membayar biaya perkuliahan sesuai dengan peraturan yang sudahditetapkan STMIK Potensi Utama.
2.
Minimal Mengikuti Perkuliahan 4 (empat) semester dan telah menyelesaikan76 SKS bagi Diploma III dan 6 (enam) semester dan telah menyelesaikan 121SKS bagi Strata-1.3.Pernah menempuh mata kuliah Metode Penelitian bagi Diploma III dan Strata-14.Telah Menjalani keseluruhan mata kuliah sampai semester 4 untuk DiplomaIII dan semester 6 Strata-15.Terdaftar dalam KRS pada semester yang sedang berjalan atau masih berjalanatau masih aktif sebagai mahasiswa6.Sanggup melaksanakan PKL /Tugas Proyek sesuai dengan waktu yangditetapkan tanpa terputus/berhenti sebelum waktunya7.Membayar uang PKL sesuai dengan ketentuan
E. Tugas Dosen Pembimbing
1.Membimbing dan mengarahkan mahasiswa dalam menyusun laporan Praktek Kerja Lapangan mulai di kampus, dilapangan sampai kembali ke kampussampai laporan Praktek Kerja Lapangan selesai.2.Membimbing dan mengarahkan mahasiswa didalam penyusunan konseplaporan Praktek Kerja Lapangan.3.Menandatangani kartu konsultasi mahasiswa baik dalam pembuatan/penulisankonsep laporan Praktek Kerja Lapangan.4.Membimbing revisi bagi mahasiswa yang dibimbingnya pada saat laporanPraktek Kerja Lapangan yang disusun.
F. Proses dan Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan
1. Mahasiswa mengajukan permohonan PKL kepada Ketua Program .Studi dengan melampirkan persyaratan yang telah ditentukan.(formulir terlampir)2.Ketua Program Studi memeriksa setiap berkas permohonan PKL.3. Ketua Program Studi memberikan Persetujuan/menyetujui permohonan PKLyang telah memenuhi persyaratan.4.Ketua Program Studi Mengusulkan Penerbitan Surat Keputusan (SK)Dosen Pembimbing PKL kepada Ketua STMIK. Dengan demikian SK Dosen pembimbing PKL dikeluarkan dan ditandatangani oleh ketua STMIK.5.PKL dilaksanakan selama 1 bulan pada saat libur semester.6.PKL dapat dilaksanakan secara berkelompok dengan jumlah peserta maksimal5 orang untuk 1 perusahaan/instansi secara individual.
 
7.Mahasiswa menghubungi perusahaan/instansi tempat PKL, kemudianmemohon surat pengantar kepada ketua STMIK.8.Apabila mahasiswa peserta PKL tidak dapat/ tidak berhasil menghubungiPerusahaan/ instansi tempat PKL, maka Institusi bersedia membantu danmenempatkan peserta di perusahaan/instansi tertentu dan si peserta harus bersedia menerimanya.9.Permohonan Surat Pengantar pada point 8, ditujukan pada ketua programstudi, untuk kemudian mengusulkan surat pengantar kepada ketua STMIK.10.Dosen Pembimbing PKL wajib memberikan pembekalan bagi peserta PKLdan melakukan kunjungan ke lokasi PKL minimal 2 kali.11.Peserta PKL wajib menyusun laporan memuat hal-hal yang dilakukan setiaphari termasuk absensi selama pelaksanaan PKL. Laporan yang disusun pesertaPKL diperiksa dan disetujui oleh Dosen Pembimbing PKL serta diketahui olehketua program studi.12.Penilaian terhadap peserta PKL dilakukan dengan memperhatikan hal-hal berikut : Disiplin, Kerapian, Inisiatif, Kerjasama, Motivasi Kerja dan Perilakuselama PKL berjalan.13.Nilai Akhir dari peserta PKL di tentukan berdasarkan penilaian dari DosenPembimbing PKL maupun perusahaan/ instansi tempat PKL tehadap hal-hal pada point 12, dengan perbandingan Laporan sebesar 50%, dan Perusahaantempat PKL 50% .14.Rekapitulasi Nilai Akhir sesuai point 14 disusun oleh dosen PKA dandiserahkan kepada Ketua program Studi paling lambat 14 hari setelah masaPKL berakhir.15.Skripsi/Tugas Akhir dapat dilaksanakan apabila telah selesai melaksanakanPKL dan memperoleh nilai dari instansi terkait.

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
12omy15751 liked this
Wahyu Kitinkz liked this
Rifa Yasmi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->