Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
3Activity
P. 1
PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 5 TAHUN 2010 TENTANG KENAVIGASIAN

PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 5 TAHUN 2010 TENTANG KENAVIGASIAN

Ratings: (0)|Views: 31 |Likes:
Published by Jaya Darmawan
PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 5 TAHUN 2010 TENTANG KENAVIGASIAN
PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 5 TAHUN 2010 TENTANG KENAVIGASIAN

More info:

Published by: Jaya Darmawan on Feb 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/03/2013

pdf

text

original

 
PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIANOMOR 5 TAHUN 2010TENTANGKENAVIGASIANDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,
Menimbang:bahwa untuk melaksanakan ketentuan mengenaikenavigasian sebagaimana diatur dalam Pasal 177, Pasal 183ayat (2), Pasal 184, Pasal 186 ayat (2), Pasal 196, dan Pasal206 ayat (2) Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentangPelayaran, perlu menetapkan Peraturan Pemerintah tentangKenavigasian;Mengingat:1.Pasal 5 ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara RepublikIndonesia Tahun 1945;2. Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran(Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 64, Tambahan Lembaran Negara Republik IndonesiaNomor 4849);
MEMUTUSKAN:
Menetapkan:PERATURAN PEMERINTAH TENTANG KENAVIGASIAN.
BABIKETENTUAN UMUMPasal 1
Dalam Peraturan Pemerintah ini yang dimaksud dengan:
1.
Kenavigasian adalah segala sesuatu yang berkaitandengan Sarana Bantu Navigasi-Pelayaran,Telekomunikasi-Pelayaran, hidrografi dan meteorologi, alur dan perlintasan, pengerukan dan reklamasi, pemanduan,penanganan kerangka kapal,
salvage,
dan pekerjaanbawah air untuk kepentingan keselamatan pelayarankapal.
2.
Sarana Bantu Navigasi-Pelayaran adalah peralatan atausistem yang berada di luar kapal yang didesain dandioperasikan untuk meningkatkan keselamatan danefisiensi bernavigasi kapal dan/atau lalu lintas kapal.
2.
Telekomunikasi-Pelayaran adalah telekomunikasi khusus untukkeperluan dinas pelayaran yang merupakan setiappemancaran, pengiriman atau penerimaan tiap jenis tanda,gambar, suara dan informasi dalam bentuk apapun melaluisistem kawat, optik, radio, atau sistem elektromagnetik lainnyadalam dinas bergerak-pelayaran yang merupakan bagian darikeselamatan pelayaran.
3.
Stasiun Bumi Pantai adalah stasiun bumi dalam dinas tetapsatelit atau dalam beberapa hal, dalam dinas bergerak satelitpelayaran yang ditempatkan di suatu tempat tertentu di daratyang disediakan untuk jaringan pencatu bagi dinas bergerak
 
satelit pelayaran.
4.
Stasiun Radio Pantai adalah stasiun darat dalam dinasbergerak pelayaran.
5.
Stasiun Radio Kapal adalah stasiun bergerak dalam dinasbergerak pelayaran yang ditempatkan di kapal yang tidaktertambat secara tetap kecuali stasiun sekoci penolong.
6.
Dinas Bergerak Pelayaran adalah suatu dinas bergerak antarastasiun pantai dengan stasiun-stasiun kapal atau antarstasiun-stasiun kapal atau antarstasiun-stasiun komunikasi yang adadi atas kapal, sedangkan stasiunstasiun sekoci penolong danstasiun-stasiun rambu radio petunjuk posisi darurat dapat juga mengambil bagian dalam dinas ini.8. Kuasa Perhitungan adalah Perusahaan Angkutan LautNasional dan perusahaan yang memiliki izin usaha jasamaritim yang ditunjuk dan bertanggung jawab untukmelakukan perhitungan jasa telekomunikasi danmenyelesaikan pembayaran jasa telekomunikasi radio kapallaut sehubungan dengan penggunaan fasilitastelekomunikasi untuk umum dalam dinas bergerakpelayaran dan/atau dinas bergerak satelit pelayaran baiknasional maupun internasional.
9.
Meteorologi adalah gejala alam yang berkaitan dengancuaca.
10.
Pelayanan Meteorologi adalah kegiatan yang berkaitandengan penyediaan informasi, penyebaran informasi, danpemberian jasa yang berkaitan dengan meteorologi.
11.
Buku Petunjuk Pelayaran adalah buku kepanduan bahari yangberisi petunjuk atau keterangan yang dipergunakan sebagaipedoman bagi para awak kapal agar dapat berlayar denganselamat.
12.
Alur-Pelayaran adalah perairan yang dari segi kedalaman,lebar, dan bebas hambatan pelayaran lainnya dianggapaman dan selamat untuk dilayari.
13.
Alur dan Perlintasan adalah bagian dari perairan yangdapat dilayari sesuai dimensi/spesifikasi kapal di laut,sungai, dan danau.
14.
Fasilitas Alur-Pelayaran adalah sarana dan prasarana yangdibutuhkan untuk kelancaran lalu lintas kapal, antara lainSarana Bantu Navigasi-Pelayaran,
Vessel Traffic Services,
dan Stasiun Radio Pantai.
15.
Alur Laut Kepulauan Indonesia adalah alur laut yang dilalui olehkapal atau pesawat dan/atau pesawat udara asing di atas alur tersebut, untuk melaksanakan pelayaran dan penerbangandengan cara normal semata-mata untuk transit yang terusmenerus, langsung dan secepat mungkin serta tidakterhalang melalui atau di atas perairan kepulauandan laut teritorial yang berdampingan antara satu bagianlaut lepas atau Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia danbagian laut lepas atau Zona Ekonomi EksklusiIndonesia lainnya.
16.
Zona Keamanan dan Keselamatan adalah ruang disekitaSarana Bantu Navigasi-Pelayaran, sarana Telekomunikasi-Pelayaran, dan bangunan atau instalasi yang dibatasi olehradius, tinggi, dan/atau kedalaman tertentu.
17.
Perairan Indonesia adalah laut teritorial Indonesia besertaperairan kepulauan dan perairan pedalamannya.
2
 
18.
Bangunan atau Instalasi adalah setiap konstruksi baikberada di atas dan/atau di bawah permukaan perairan.
19.
Pengerukan adalah pekerjaan mengubah bentuk dasar perairan untuk mencapai kedalaman dan lebar yangdikehendaki atau untuk mengambil material dasar perairanyang dipergunakan untuk keperluan tertentu.
19.
Reklamasi adalah pekerjaan timbunan di perairan atau pesisir yang mengubah garis pantai dan/atau kontur kedalamanperairan.
20.
Pemanduan adalah kegiatan pandu dalam membantu,memberikan saran, dan informasi kepada Nakhoda tentangkeadaan perairan setempat yang penting agar navigasi-pelayaran dapat dilaksanakan dengan selamat, tertib, danlancar demi keselamatan kapal dan lingkungan.
21.
Pandu adalah pelaut yang mempunyai keahlian di bidangnautika yang telah memenuhi persyaratan untukmelaksanakan pemanduan kapal.
22.
Kapal Negara adalah kapal milik negara digunakan olehinstansi Pemerintah tertentu yang diberi fungsi dankewenangan sesuai dengan ketentuan peraturanperundang-undangan untuk menegakkan hukum sertatugas-tugas Pemerintah lainnya.
23.
Kerangka Kapal adalah setiap kapal yang tenggelam,kandas, atau terdampar dan telah ditinggalkan.
24.
Salvage
adalah pekerjaan untuk memberikan pertolonganterhadap kapal dan/atau muatannya yang mengalamikecelakaan kapal atau dalam keadaan bahaya di perairantermasuk mengangkat kerangka atau rintangan bawah air atau benda lainnya.
25.
Pekerjaan Bawah Air adalah pekerjaan yang berhubungandengan instalasi, konstruksi, atau kapal yang dilakukan dibawah air dan/atau pekerjaan di bawah air yang bersifatkhusus, yaitu penggunaan peralatan bawah air yangdioperasikan dari permukaan air.27. Badan Usaha adalah badan usaha milik negara, badan usahamilik daerah, atau badan hukum Indonesia yang khususdidirikan untuk pelayaran.
28.
Pemerintah Pusat, selanjutnya disebut Pemerintah adalahPresiden Republik Indonesia yang memegang kekuasaanpemerintahan Negara Republik Indonesia sebagaimanadimaksud dalam Undang-Undang Dasar Negara RepublikIndonesia Tahun 1945.
29.
Pemerintah Daerah adalah gubernur, bupati/walikota, danperangkat daerah sebagai unsur penyelenggarapemerintahan daerah.30. Menteri adalah menteri yang menyelenggarakan urusanpemerintahan di bidang pelayaran.
Pasal 2
Peraturan Pemerintah ini mengatur mengenai Sarana BantuNavigasi-Pelayaran, telekomunikasi-pelayaran, pelayananmeteorologi, alur dan perlintasan, bangunan atau instalasi diperairan, pengerukan dan reklamasi, pemanduan, kerangkakapal,
salvage
dan pekerjaan bawah air, sistem informasikenavigasian, dan sumber daya manusia.
Pasal 3
3

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Dayan. Capt liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->