Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Mengenang Kekejaman Tentara Jepang Di Indonesia

Mengenang Kekejaman Tentara Jepang Di Indonesia

Ratings: (0)|Views: 48 |Likes:
Published by Arnan Maulana

More info:

Published by: Arnan Maulana on Feb 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/09/2012

pdf

text

original

 
Mengenang Kekejaman Tentara Jepang di Indonesia (7)
Selasa, 13 Mei 08 03:13 WIB
Tentara Jepang hanya 3, 5 tahun saja menjajah Indonesia,namun kekejamannya seakan melebihi Belanda. Bukan hanyakerugian di bidang materil, namun juga dari sisi mentalitas dankehormatan. Sebuah catatan sejarah gelap suatu bangsa yangmelakukan penjajahan dengan sempurna.Saat kami berada di Jepang selama 7 hari, di balik kekagumankami terhadap kemajuan secara materil terhadap negara ini,terbayang pula sejarah kelam antara Jepang dengan Indonesia.Salah satunya adalah catatan kelam tentang para wanita yang dijadikan pemuas kebutuhanbinatang tentara Jepang di masa penjajahan. Mereka kini sudah jadi nenek-nenek, tapikekejaman tentara Jepang yanrg sedang gila di masa itu, masih terbayang dengan jelas,belum terkubur.
Penjajahan Jepang
Salah satu analisa kenapa Jepang bersemangat untuk menguasai benua Asia adalah karenakebutuhan atas sumber enegi minyak bumi. Hal itu semakin memuncak saat geliat industri diJepang mulai naik, sementara negara-negara Barat yang diwakili oleh Amerika mengembargominyak ke Jepang.Maka mulailah Jepang melancarkan serangan ke Asia. Padahal awalnya Jepang berkampanyemenjadi pelindung Asia. Ada selogan di masa itu bahwa Jepang Cahaya Asia, JepangPemimpian Asia dan Jepang Pelindung Asia.Tetapi yang terjadi kemudian justru Jepang menjadi musuh sekaligus penjajah Asia. Termasukmenjadi malaikat pembunuh buat bangsa Indonesia. Kedatangan Jepang menandai sejarahhitam bangsa Indonesia sepanjang tiga setengah tahun.Di level dunia, meski awalnya pimpinan militer Jepang tidak menghendaki melawan beberapanegara sekaligus, namun sejak pertengahan tahun 1941 mereka melihat, bahwa Amerika
 
Serikat, Inggris dan Belanda harus dihadapi sekaligus. Apalagi bila mereka ingin menguasaisumber daya alam di Asia Tenggara.
Armada Kekuatan Yang Dahsyat
Admiral Isoroku Yamamoto, Panglima Angkatan Laut Jepang, mengembangkan strategiperang yang nekad, yaitu mengerahkan seluruh kekuatan armadanya untuk dua operasibesar.Seluruh potensi Angkatan Laut Jepang dikerahkan. Sejarah mencatat bahwa armada itumencakup 6 kapal induk (pengangkut pesawat tempur), 10 kapal perang, 18 kapal penjelajahberat, 20 kapal penjelajah ringan, 4 kapal pengangkut perlengkapan, 112 kapal perusak, 65kapal selam serta 2.274 pesawat tempur.Kekuatan pertama, yaitu 6 kapal induk, 2 kapal perang, 11 kapal perusak serta lebih dari1.400 pesawat tempur, tanggal 7 Desember 1941, akan menyerang secara mendadak basisArmada Pasifik Amerika Serikat di Pearl Harbor di kepulauan Hawaii.Sedangkan kekuatan kedua, sisa kekuatan Angkatan Laut yang mereka miliki, mendukungAngkatan Darat dalam Operasi Selatan, yaitu penyerangan atas Filipina danMalaya/Singapura, yang akan dilanjutkan ke Jawa.Kekuatan yang dikerahkan ke Asia Tenggara adalah 11 Divisi Infantri yang didukung oleh 7resimen tank serta 795 pesawat tempur. Seluruh operasi direncanakan selesai dalam 150 hari.Admiral Chuichi Nagumo memimpin armada yang ditugaskan menyerang Pearl Harbor.
Tentara Jepang Masuk Indonesia
Hanya di awal pendudukan, Jepang bersikap baik kepada bangsa Indonesia. Sebabkedatangan Jepang ternyata bisa mengusir Belanda yang sudah 14 keturunan menguasaikepulauan nusantara.Tapi lama kelamaan ketahuan juga belangnya. Jepang kemudian berubah menjadi sangatkejam. Makanan, pakaian, barang, dan obat-obatan menghilang dari pasaran. Karena sulitpakaian, banyak rakyat memakai celana terbuat dari karung goni. Hanya orang kaya sajayang punya baju yang terbuat dari kain. Itu pun kain seadanya, jauh dari layak.
 
Pokoknya kekejaman penjajahan Belanda selama 350 tahun seakan terhapus oleh kekejamanJepang. Bukan terhapus karena hilang, tapi terhapus karena mendapatkan penjajahan yanglebih berat.Para orang tua yang kini sudah kakek-kakek menceritakan bahwa rakyat sulit mendapat obat-obatan. Rumah-rumah sakit langka. Mereka yang menderita koreng dan jumlahnya banyaksekali, sulit mendapatkan salep. Alwi Sahab dalam tulisannya sampai menuliskan bahwaterpaksa uang gobengan digecek dan ditemplok ke tempat yang sakit sebagai ganti perban.Jangan tanya masalah sekolah, karena tidak ada buku dan tidak ada kertas. Bahkan buku tulisterbuat dari kertas merang. Pencilnya menggunakan arang, hingga sulit sekali menulis.Saking laparnya, tempat sampah menjadi tempat paling favorit bahkan orang berebutmakanan sisa buangan makan orang Jepang. Kalau bukan rebutan makanan di tempatsampah, penjajah Jepang memrintahkan rakyat makan bekicot.Radio yang hanya dimiliki beberapa gelintir orang disegel. Hanya siaran pemerintah DaiNippon yang boleh didengarkan. Kalau sampai ketahuan rakyat mendengarkan siaran luarnegeri pasti akan dihukuman berat. Orang akan bergidik bila mendengar Kempetai atau polisimiliter Jepang.Pada malam hari seringkali terdengar sirene kuso keho sebagai pertanda bahaya seranganudara dari tentara sekutu. Rakyatpun setelah memadamkan lampu cepat-cepat pergi ketempat perlindungan. Di halaman rumah-rumah kala itu digali lobang untuk empat atau limaorang bila terdengar sirene bahaya udara.Ratusan ribu tenaga kerja paksa atau disebut romushadikerahkan dari pulau Jawa ke luar Jawa, bahkan ke luar wilayahIndonesia. Mereka diperlakukan tidak manusiawi sehinggabanyak yang menolak jadi romusha.Dan Jepang pun menggunakan cara paksa. Setiap kepala daerahharus menginventarisasikan jumlah penduduk usia kerja, setelahmereka dipaksa jadi romusha. Ribuan romusha dikerahkan kemedan pertempuran Jepang di Irian, Sulawesi, Maluku, Malaysia,Thailand, Burma dan beberapa negara lainnya.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->