Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
18Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sejarah Berdirinya Bank Indonesia

Sejarah Berdirinya Bank Indonesia

Ratings: (0)|Views: 3,554 |Likes:
Published by Arnan Maulana

More info:

Published by: Arnan Maulana on Feb 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/08/2013

pdf

text

original

 
Sejarah Berdirinya Bank Indonesia
Konferensi Meja Bundar (KMB) yang berlangsung di Den Haag,Belanda tahun 1949, boleh dikatakan tonggak sejarah berdirinyaBank Sentral di Indonesia. Salah satu keputusan penting KMB adalahmenunjuk De Javasche Bank sebagai Bank sentral. De Javache Bankadalah bank komersial dan sirkulasi milik pemerintah Kolonial HindiaBelanda yang sudah berdiri sejak tahun 1828.Dalam UUDS Republik Indonesia artikel 110 disebutkan :
Ada satu Bank Sentral untuk Indonesia.
Penunjukan Bank Sentral dan mengenai susunan sertawewenangnya diatur dalam UU.Pada tanggal 11 Oktober 1827 De Javasche Bank didirikandengan modal pertama satu juta Gulden. Unag ini disetor olehPemerintah Hindia Belanda bersama “De Nedherlandsche HandelMaatschaappi” (NHM). Dengan berdirinya De Javasche Bank makauang yang semula diedarkan oleh pemerintah dialihkan ke tangan De Javasche Bank. Bank ini memperoleh monopoli mengedarkan uangkertas. Tugas – tugas yang dilekukan oleh De Javasche Bank ialah :
Mengeluarkan dan mengedarkan uang kertas.
Mendiskonto wesel, surat utang jangka pendek, obligasinegara, dsb.
Menjadi kasir dari pemeritah.
 
Menyimpan dan menguasai dana – dana devisa.
Bertindak sebagai pusat kliring sejak tahun 1909.
Sejarah Singkat KBI Makassar.
Cikal bakal keberadaan Bank Indonesia Makassar adalahsebagai kantor cabang keempat De Javasche Bank yang dibuka padatanggal 21 Desember 1864. Gagasan untuk mendirikan Kantor BankIndonesia Makassar sudah timbul sejak lama yaitu beberapa waktusetelah didirikannya De Javasche Bank tanggal 24 Januari 1928.Gagagasan tersebut terhambat oleh ketetntuan/peraaturan De Javasche Bank yang membatasi wewenang direksi untuk melakukankegiaatan operasi diluar pulau jawa dan kekentuan yang menetapkanpula bahwa bilyet bilyet Bank (uang kertas bank) sebagai altpembaaayaaran yang sah yang berlaku di Pulau Jawa dan Madura.Dengan adanya ketentuan yang dikeluarkan pada tanggal 2November 1859, wilayah opersi De Javasche Bank berubah hinggameliputi seluruh wilayah Hindia Belanda. Berdasarkan hal tersebutmaka pada Rapat Umum Pemegang Saham tanggal 6 Agustus 1864diputuskan untuk mendirikan kantor cabang Mkassar denganpersetujuan Gubernur Jendral hindia belanda melalui surat keputusantanggal 11 Agustus 1864. Adapun peresmiannya dilakukan tanggal21 Desember 1853 Devasche Bank berubah menjadi Bank Indonesia.
 
Bank Indonesia pada saat pertama berdiri menggunakan ruangdarurat pada salah satu ruangan kantor Factory Von DeNedherlandsche Handel Maatschaapij”. Kantor Bank IndonesiaCabang Makassar pada bulan Juni 1866 telah memiliki gedungtersendiri di jalan Jampea. Pada tahun 1912 KC Makassarmembangun kantor sendiri di jalan Nusantara. Pembangunan gedungtersebut dialakukan bersamaan dengan pembangunan gedungkantor Jakarta kota dan Bank Indonesia Makassar ke Bank Arsitektur.Dengan adanya perubahan dari Bank Indonesia Makassar ke BankIndonesia Ujung Pandang, tanggal 4 Maret 1878 bank IndonesiaUjung pandang menempati gedung baru di jalan Jendral Sudirman,sementara gedung lama digunakan oleh Bank Pembangunan DaerahSul – Sel.Selaku koordinator, KBI Makassar mengkoordinir beberapa KBIyaitu KBI Ambon, Manado, Palu, Kendari dan Ternate.Sementara itu dalam pelaksanaan kegiatan operasionalnya KBIMakassar saat ini dibagi menjadi 2 bidang, terdiri atas 6 seksi dan 2tim, didukung oleh 79 orang pegawai tetap, 1 orang konsultan PPUK,dan 2 orang pegawai Arta Jasa. Selain itu, KBI Makassar dalamoperasionalnya dibantu oleh tenaga honorer yang berada dibawahPT. Bina Karsa Swadaya (PT.BKS) yang merupakan anak perusahaan YKK-Bank Indonesia, yang terdiri dari 7 orang pengemudi 12 orangpenjaga malam, dan 5 orang pesuruh. Sejak berdiri sampai sekarang,

Activity (18)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Maulida Ulda liked this
Fathin Interisti liked this
Muflihul Khair liked this
seniati liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->