Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Doktrin Akhir Zaman - Materi Training Guru November 2011

Doktrin Akhir Zaman - Materi Training Guru November 2011

Ratings: (0)|Views: 294 |Likes:
Published by Otniol Seba

More info:

Published by: Otniol Seba on Feb 10, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/03/2014

pdf

text

original

 
Sistematik Teologi VI: Doktrin Akhir Zaman
Training Guru, Sabtu, 19 November 2011
Ev. Otniol Seba, S.Th -- Copyright © 2011
1
Doktrin Akhir Zaman
I.
 
Konsep Doktrin Akhir Zaman (Eskatologi)
Konsep pengajaran tentang Akhir Zaman merupakan suatu pengajaran umum yangdapat dilihat di dalam konteks agama-agama dan kepercayaan yang ada. Semua agama dankepercayaan, termasuk juga kekristenan mengakui dan mengajarkan tentang akhir zaman,namun di dalam cara dan pendekatan yang berbeda. Kekristenan secara khusus mengajarkanbahwa Akhir Zaman memang harus terjadi dan dialami oleh setiap manusia, sebagaimanayang tercatat di dalam Alkitab. Alkitab memaparkan dengan jelas mengenai konsep AkhirZaman dan hal-hal yang berkaitan dengan itu. Lebih lanjut sejarah kekristenan mencatat,pengajaran tentang Akhir Zaman terus-menerus diajarkan sampai hari ini.Istilah ”Eskatologi” merupakan suatu istilah yang terdapat di dalam Alkitab. Secarakhusus istilah ini berasal dari bahasa Yunani yang menggunakan beberapa katae
σχατος
 /e
σχάτη
 /e
σχατον
(=eschatos/eschate/eschaton) yang dapat diartikan sebagai suatustudi yang berkaitan dengan hal-hal/peristiwa-peristiwa akhir yang memang akan terjadi didalam sejarah. Konsep Akhir Zaman tidak pernah secara langsung diajarkan di dalam PL,karena hal itu lebih bersifat nubuatan. Hal-hal yang dikaitkan dengan ”Eskatologis” nampak di dalam teks PL yang ditulis di dalam bahasa Yunani (= Septuaginta, LXX) menggunakanistilah ”
eschatais hmerais
” (= eschatais hemerais) seperti dalam Yesaya 2:2 dan
eschaton emeron” (
= eschaton hemeron
)
seperti dalam Mikha 4:1. Namun hal inimenjadi berbeda di dalam PB, di mana pengajaran berkaitan dengan peristiwa terakhir tidak hanya bersifat nubuatan tetapi mengantisipasi akan datangnya peristiwa tersebut, sebagaicontoh pengajaran Rasul Petrus di dalam 1 Petrus 1:20 yang berkaitan dengan waktuterakhir
eschatou ton chronon
(= eschatou ton chronon), dan pengajaran Rasul Yohanestentang waktu yang terakhir
eschate o[[ra
(= eschate hora).Istilah Eskatologi ini pertama kali digunakan pada tahun 1550, di wilayah sekitarInggris. Kamus Oxford mengartikan istilah ”Eskatologi” dengan menghubungkan 4peristiwa penting yang berkaitan dengan hal-hal berikut ini, yaitu: kematian, penghakiman,surga dan neraka. Sedangkan kekristenan menghubungkan konsep ”Eskatologi” dengankedatangan Kristus kedua kali dan pemerintahan Kristus di bumi yang memang akan terjadidi dalam sejarah dunia ini.
II.
 
Hal-Hal Penting di dalam Eskatologis
Hal-hal penting di dalam Eskatologis menunjuk kepada sejumlah peristiwa yangterjadi berkaitan dengan kedatangan Kristus yang kedua kali dan akhir dari dunia ini. Hal-hal yang dibahas di dalam bagian ini adalah: Kematian, Neraka, Kedatangan Kristuskembali, Kebangkitan Orang Mati, Penghakiman Terakhir, Penggenapan Kerajaan Allah,Keadaan Terahir dari orang-orang durhaka dan orang-orang saleh.
1.
 
Kematian
Kematian merupakan bagian dari kehidupan manusia, karena kejatuhanmanusia pertama di dalam dosa (Kejadian 3). Hal ini menyebabkan bahwa seluruhmanusia berada di bawah kutuk dan hukum dosa (Roma 3:9, 23 bandingkan
 
Sistematik Teologi VI: Doktrin Akhir Zaman
Training Guru, Sabtu, 19 November 2011
Ev. Otniol Seba, S.Th -- Copyright © 2011
2Galatia 3:10). Akibat dari dosa tersebut manusia mengalami kematian jasmani(Kejadian 3:19) dan setelah itu manusia akan mengalami penghakiman dari Allah(Ibrani 9:27).
2.
 
Neraka
Alkitab baik PL dan PB mengajarkan tentang neraka. Perjanjian Lamamengguna-kan istilah ”Sheol” dan Perjanjian Baru menggunakan ”Hades” didalam penggunaan kedua istilah ini menunjuk kepada tempat di mana siksaankekal akan berlangsung terhadap orang-orang durhaka. Istilah-istilah lain yangdigunakan juga di dalam Alkitab secara khusus PB adalah ”Gehenna” (Matius23:15, 33; 25:41, 46), ”Tartaroo” (2 Petrus 2:4), dan ”Abyss” (Lukas 8:31; Wahyu9:1, 2, 11).
3.
 
Kedatangan Kristus Kedua kali
Sejarah kekristenan di dalam tradisi para rasuli memegang teguh keyakinanbahwa Tuhan Yesus akan datang kembali pada masa yang akan datang untuk menghakimi dunia ini dan memerintah bersama orang-orang percaya. Dasar darikeyakinan ini adalah pada apa yang dituliskan di dalam Alkitab. Alkitab, secarakhusus Perjanjian Baru memaparkan kedatatang Kristus untuk yang kedua kali(Matius13, 14, 25; Markus 13; Lukas 21; sebagian besar tulisan Rasul Paulus didalam 1 & 2 Tesalonika serta kitab Wahyu).
4.
 
Kebangkitan orang mati
Kebangkitan orang mati merupakan suatu peristiwa yang akan terjadi padakedatangan Kristus untuk kedua kalinya. Di dalam Perjanjian lama bayangankebangkitan orang mati nampak di dalam sejumlah peristiwa, baik melaluiungkapan-ungkapan umat pilihan Allah (Mazmur 17:15; 49:15; 73:24-25), melaluinubuatan para nabi (Yesaya 26:19), bahkan juga melalui penglihatan dari nabiAllah (Daniel 12:1-2).Di dalam Perjanjian Baru, ajaran kebangkitan orang mati diajarkan olehYesus sendiri (Matius 22:29 bandingkan dengan Markus 12:24-27; Lukas 20:34-38; Yohanes 5:28-29; 6:39-40, 44, 54; 11:25-26). Juga melalui tulisan para rasul,khususnya Rasul Paulus (1 Korintus 15; 1 Tesalonika 4:16; 2 Timotius 2:18) danpenglihatan tentang kebangkitan orang mati sebagaimana digambarkan di dalamWahyu 20:4-5.
5.
 
Penghakiman Terakhir
Penghakiman terakhir juga merupakan bagian dari peristiwa yang akanterjadi pada kedatangan Yesus Kristus untuk kedua kalinya. Alkitab mengajarkanhal ini dengan jelas sekali, baik melalui pengajaran dan perkataan Tuhan Yesussendiri (Matius 11:24; 16:27; 25:14-30; Lukas 19:11-27) maupun di dalampengajaran para rasul-Nya (Roma 14:10 bandingkan dengan 2 Korintus 5:10; 1Korintus 3:12-15; 4:5; Ibrani 9:27; Wahyu 20:10-15) dan orang Kristenmemegang teguh akan keyakinan tersebut.Alkitab memberikan indikasi bahwa ada 2 kelompok orang yang akanmenghadapi penghakiman dari Allah.
 
Sistematik Teologi VI: Doktrin Akhir Zaman
Training Guru, Sabtu, 19 November 2011
Ev. Otniol Seba, S.Th -- Copyright © 2011
3(1)
 
Malaikat yang jatuh ke dalam dosa, yaitu Setan [dan juga parapengikutnya] (Matius 8:29; 1 Korintus 6:3; 2 Petrus 2:4 dan Yudas 6).(2)
 
Setiap manusia akan berdiri di depan pengadilan Allah, (Pengkhotbah12:14, Mazmur 50:4-6; Matius 12:36, 37; 25:32; Roma 14:10; 2 Korintus5:10; Wahyu 20:12).
6.
 
Penggenapan Kerajaan Allah
Kedatangan Kristus kedua kalinya ke dalam dunia sekaligus menggenapi apayang diajarkan di dalam Kitab Wahyu bahwa Yesus Kristus akan mendirikankerajaan-Nya di bumi dan memerintah bersama dengan orang percaya (Wahyu20:4-6). Secara khusus Wahyu 20:6 menuliskan hal ini demikian:
 Berbahagia dankuduslah ia, yang mendapat bagian dalam kebangkitan pertama itu. Kematian yang kedua tidak berkuasa lagi atas mereka, tetapi mereka akan menjadi imam-imam Allah dan Kristus, dan mereka akan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Dia, seribu tahun lamanya
. Semua orang percaya dari segala zamanmengamini akan Firman Tuhan ini.
7.
 
Keadaan Orang-orang saleh dan orang-orang durhaka
Alkitab juga memberikan gambaran mengenai kehidupan akhir dari orang-orang saleh dan orang-orang durhaka. Hal ini juga menjadi keyakinan sekaliguspengharapan bahwa setiap orang Kristen yang saleh untuk berusaha hidup benarsebagaimana yang dituntut oleh Tuhan.(1)
 
Keadaan orang-orang saleh digambarkan oleh Alkitab bahwa merekamenjadi ciptaan yang baru dan menempati langit dan bumi yang baru (2Petrus 3:13 dan Wahyu 21:1); Selanjutnya mereka akan hidup danmewarisi tempat yang kekal sebagaimana yang dijanjikan oleh TuhanYesus (Yohanes 14:1) dan penglihatan Rasul Yohanes, sebagaimanayang diunyatakan Tuhan kepadanya bahwa orang benar akan mewarisibumi yang baru (Wahyu 21:1-3 bandingkan dengan Matius 5:5).(2)
 
Keadaan orang-orang durhaka digambarkan oleh Alkitab bahwa merekaakan menempati tempat penyiksaan kekal dan eksistensi keberadaanmereka akan tetap selamanya di tempat tersebut (Matius 24:5; 25:30, 46;Lukas 16:19-31). Mereka akan mengalami ketidakhadiran Allah samasekali, kesengsaraan dalam hidup yang tiada berakhir; kesakitan danpenderitaan yang dialami baik secara tubuh maupun jiwa; kesedihan,tangisan penderitaan dan kertakan gigi (Matius 8:12; 13:50; Markus 9:43,44, 47, 48; Lukas 16:23, 28; Wahyu 4:10; 21:8).
III.
 
Persoalan 1: Status Antara
Status Antara merupakan suatu pertanyaan dan pergumulan teologis di dalamgereja sampai hari ini. Hal ini ditunjukkan dengan pertanyaan: Apakah setelahmanusia mati [khususnya pada masa lalu dan masa sekarang] langsung dihakimi olehAllah? Ataukah Allah menunda penghakimannya [menunggu untuk menghakimisemua manusia] sampai pada kedatangan Yesus Kristus kedua kali? Pergumulanteologis ini disebut dengan ”Status Antara.”Setidaknya ada 3 pendapat berbeda mengenai hal ini:

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Yehezkiel Dwi V liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->