Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
290Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pakaian Adat 33 Provinsi Di Indonesia

Pakaian Adat 33 Provinsi Di Indonesia

Ratings:

2.67

(3)
|Views: 79,819 |Likes:

More info:

Published by: Ikhfan Cyank Ratna Clama'a on Feb 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/25/2014

pdf

text

original

 
Pakaian Adat 33 Provinsi Di Indonesia
1.
 
Nanggroe Aceh Darussalam / NAD (Daerah Istimewa)
Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam atau yang lebihdikenal dengan Serambi Mekah mempunyai kekayaan budaya yang banyak dipengaruhi oleh agama Islam.Provinsi yang pusat pemerintahannya berada di BandaAceh ini telah melahirkan beberapa Pahlawan Nasionalyang jasa dan namanya masih terus dikenang hingga saatini, seperti : Cut Nyak Dhien, Cik Ditiro, Cut Nyak Meutia, dll. Pakaian adat di sebut BAJE MEUKASAH
2
.
 
S
umatera Utara /
S
umut
Propinsi Sumatera Utara beribukota Medan, Terletak antara10 - 40 LU, 980 - 1000 B.T. Batas wilayahnya sebelahutara propinsi Aceh dan Selat Sumatera, sebelah barat berbatasan dengan propinsi Sumatera Barat dan Riau,sedangkan sebelah Timur di batasi oleh Selat Sumatera.
 3
.
 
S
umatera Barat /
S
umbar
Pakaiaan adat khas sumatra barat sangatlah feminim biladilihat dari sudut busananya. Pakaian Khas sumatra baratdi bagi menjadi dua yaitu : Pakaian Tradisional dariMinangkabau dan Pakaian Bundo Kanduang. Produk yang kami iklankan ini merupakan bagian dari PakaianBundo Kanduang. Seorang bundo kandung mengenakantengkuluk tanduk atau tengkuluk ikek sebagai penutupkepala. Bahannya berasal dari kain balapak tenunanPandai Sikat Padang Panjang . Bentuknya seperti tanduk kerbau dengan kedua ujung runcing berumbai dari emasatau loyang sepuhan. Pemakaian tengkuluk inimelambangkan bahwa perempuan sebagai pemilik rumahgadang.
 
4.
 
Bengkulu
P
akaian Adat Indonesia Busana Tradisional DaerahIndonesia
- Dalam hal pakaian tradisional, ada beragam
 pakaian adat Indonesia
yang berasal dari tiap daerah di provinsi Indonesia. Inilah keunikan budaya IndonesiaSebagai bangsa yang memiliki banyak provinsi. Tidak cuma tempat wisata di Indonesia saja yang menarik untuk di kunjungi, tapi pakaian tradisional juga menambahkekayaan dan keaneka ragaman budaya yang ada diIndonesia.5.
 
RiauAdat istiadat tentu tidak terlepas dari Pakain Adat, itusebuah ciri khas suatu daerah dengan adat istiadatnyasesuai dengan Hukum dan Norma Adat yang berlaku.Berikut beberapa foto pakaian adat, tradisional MelayuRiau. Pakain Adat ini adalah pakaian tradisional Riau,walaupun ada beberapa macam-macam namun hanya satu pakaian adat untuk daerah Riau, yaitu pakaian adat MelayuRiau.6.
 
Kepulauan Riau / KepriIndonesia terdiri dari beragam adat istiadat yangmemperkaya kebudayaan bangsa kita Mulai dari, rumahadat, tarian adat, alat musik tradisionalnya, senjatatradisional dan juga pakaian adat. Poin yang terakhir adalah poin yang sangat penting, karena dari pakain adat ini, kitamengetahui betapa leluhur kita memiliki nilai seni yangtinggi. Sebelum muncul pakaian modern, pakaian adatmuncul dengan desain dan kekhasan tersendiri, denganornamen-ornamen etnis yang melengkapi keseluruhanya.Termasuk pakaian adat Kepulauan Riau pengantin pria memakai jubah yang dilengkapi celana panjang, kain selempang, dan ikat pinggang. Ia punmenggunakan tutup kepala yang disebut Baju Kurung untuk Wanita Riau.Untuk kaum wanita memakai atasan berupa baju kurung dan kain selempang yang telah disuji. Bawahnyaadalah kain songket dengan motif-motif 
yang cantik. Pakaian inidilengkapi dengan perhiasan berupa anting, gelang,
 
7
.
 
JambiSuku Melayu Jambi adalah sebutan bagi orang-orang Melayuyang mendiami daerah sepanjang sungai Batang Hari, propinsi Jambi. Dalam berbusana kaum wanita sehari-hari pada awalnya hanya dikenal dengan kain dan baju tanpalengan. Sedangkan kaum prianya mengenakan celanasetengah ruas yang melebar pada bagian betisnya danumumnya berwarna hitam, sehingga lebih leluasa geraknyadalam melakukan kegiatan seharihari. Pakaian untuk pria inidilengkapi dengan kopiah sebagai penutup kepala. Pada perkembangan berikutnya dikenal adanya pakaian adat.Pakaian adat ini lebih mewah daripada pakaian sehari-hariyang dihiasi dengan sulaman benang emas dan pemakaian perhiasan sebagai pelengkapnya.8.
 
Sumatera Selatan / Sumselsumatra selatan propinsi di selatan pulau sumatra masihdipengaruhi budaya melayu sumatra selatan jugamempunyai budaya yang unik, ciri khas tersendiri , ciriwong kito galoh kalau mereka bilang berikut beberapafoto dari budaya sumatra selatan9.
 
LampungSebagai penutup badan dikenakan kawai, yaitu baju berbentuk teluk belanga belah buluh atau jas. Baju ini terbuat dari bahankain tetoron atau belacu dan lebih disukai yang berwarnaterang. Tetapi sekarang banyak digunakan kawai kemija, yaitu bentuk kemeja seperti pakaian sekolah atau moderen.Pemakaian kawai kemija ini sudah biasa untuk menyertai kaindan peci, ketika menghadiri upacara adat sekalipun. Bagian bawah mengenakan senjang, yaitu kain yang dibuat dari kainSamarinda. Bugis atau batik Jawa. Tetapi sekarang telahdikenal adanya celanou (celana) pendek dan panjang sebagai penganti kain. Kaum wanita Lampung sehari-hari memakaikanduk/ kakambut atau kudung sebagai penutup kepala yangdililitkan. Bahannya dari kain halus tipis atau sutera.

Activity (290)

You've already reviewed this. Edit your review.
Veen Terry liked this
LiaKhanza liked this
1 hundred thousand reads
poetradn liked this
Fadel M Rafi liked this
Ukat Hidayat added this note
Macam Macam Uang Kartal
Sofjan Napoleon liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->