Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
76Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Kebudayaan JAWA

Makalah Kebudayaan JAWA

Ratings: (0)|Views: 24,460|Likes:

More info:

Published by: Ikhfan Cyank Ratna Clama'a on Feb 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/27/2013

pdf

text

original

 
 MAKALAH KEBUDAYAAN JAWA
KATA PENGANTAR 
Seiring dengan kemajuan jaman, tradisi dan kebudayaan daerah yang pada awalnyadipegang teguh, di pelihara dan dijaga keberadaannya oleh setiap suku, kini sudah hampir  punah. Pada umumnya masyarakat merasa gengsi dan malu apabila masih mempertahankandan menggunakan budaya lokal atau budaya daerah. Kebanyakan masyarakat memilih untuk menampilkan dan menggunakan kesenian dan budaya modern daripada budaya yang berasaldari daerahnya sendiri yang sesungguhnya justru budaya daerah atau budaya lokallah yangsangat sesuai dengan kepribadian bangsanya.Mereka lebih memilih dan berpindah ke budaya asing yang belum tetntu sesuaidengan keperibadian bangsa bahkan masyarakat lebih merasa bangga terhadap budaya asingdaripada budaya yang berasal dari daerahnya sendiri..Tanpa mereka sadari bahwa budaya daerah merupakan faktor utama terbentuknyakebudayaan nasional dan kebudayaan daerah yang mereka miliki merupakan sebuahkekayaan bangsa yang sangat bernilai tinggi dan perlu dijaga kelestarian dan keberadaanyaoleh setiap individu di masyarakat. Pada umumnya mereka tidak menyadari bahwasesungguhnya kebudayaan merupakan jati diri bangsa yang mencerminkan segala aspek kehidupan yang berada didalalmnya.Besar harapan saya, semoga dengan dibuatnya makalah yang berjudul Budaya SukuJawa yang didalamnya membahas tentang kebudayaan yang berasal dari daerah Jawa Tengahini menjadi salah satu sarana agar masyarakat menyadari betapa berharganya sebuahkebudayaan bagi suatu bangsa, yang ahirnya akan membuat masyarakat menjadi merasa bangga terhadap budaya daerahnya sendiri.Penyusun
 
 
B
A
B
IPENDAHULUANA. Latar
Bel
akang
 Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari banyak pulau dan memiliki berbagaimacam suku bangsa, bahasa, adat istiadat atau yang sering kita sebut kebudayaan.Keanekaragaman budaya yang terdapat di Indonesia merupakan suatu bukti bahwa Indonesiamerupakan negara yang kaya akan budaya.Tidak bisa kita pungkiri, bahwa kita pungkiri bahwa kebudayaan daerah merupakan faktor utama berdirinya kebudayaan yang lebih global, yang biasa kita sebut dengan kebudayaannasional. Maka atas dasar itulah segala bentuk kebudayaan daerah akan sangat berpengaruk terhadap budaya nasional, begitu pula sebaliknya kebudayaan nasional yang bersumber darikebudayaan daerah, akan sangat berpebgaruh pula terhadap kebudayaan daerah / kebudayaanlokal.Kebudayaan merupakan suatau kekayaan yang sangat benilai karena selain merupakan cirikhas dari suatu daerah juga mejadi lambang dari kepribadian suatu bangsa atau daerah.Karena kebudayaan merupakan kekayaan serta ciri khas suatu daerah, maka menjaga,memelihara dan melestarikan budaya merupakan kewajiban dari setiap individu, dengan katalain kebudayaan merupakan kekayaan yang harus dijaga dan dilestarikan oleh setiap suku bangsa.
B
. Maksud dan Tujuan
 Karena menjaga, memelihara dan melestarikan kebubayaan merupakan kewajiban setiapindividu, maka dalam realisasinya saya mencoba menyusun makalah yang berjudulKebudayaan Suku Jawa yang didalamnya mengulas tentang berbagai kebudayaan tradisionalJawa Tengah/Jawa. Penyusunan makalan yang berjudul Budaya Suku Jawa ini bertujuan agar  pembaca mengetahui bahwa suku Jawa merupakan suku yang kaya akan budaya sertamenyadari bahwa menjaga dan melestarikan kebudayaan daerah merupakan kewajiban darisetiap orang.
 
B
A
B
IIPEM
B
AHASAN
Suku Jawa merupaka suku yang terdapat di Provinsi Jawa Tengah. Suku Jawa adalah salahsatu suku yang memiliki berbagai kebudayaan daerah, diantaranya pakaian tradisional,kesenian tradisional, bahasa daerah, dan lain sebagainya.Diantara sekian banyak kebudayaan daerah yang dimiliki oleh suku Jawa adalah sebagai berikut :
1. Pakaian Adat/Khas Jawa Tengah
 Suku Jawa mempunyai pakaian adat/tradisional yang sangat terkenal, yaitu kebaya. Kebayamerupakan pakaian khas Jawa Tengah yang sangat terkenal, sehingga kini kebaya bukanhanya menjadi pakaian khas Jawa saja tetapi sudah menjadi pakaian adat nasinal. Itumerupakan suatu bukti bahwa kebudayaan daerah merupakan bagian dari kebudayaannasional.
2. Kesenian Khas Jawa Tengah
 
a. Wayang Go
le
 Wayang Golek merupakan kesenian tradisional dari Jawa Tengah yaitu kesenian yangmenapilkan dan membawakan alur sebuah cerita yang bersejarah. Wayang Golek inimenampilkan golek yaitu semacam boneka yang terbuat dari kayu yang memerankan tokohtertentu dalam cerita pawayangan serta dimainkan oleh seorang Dalang dan diiringi olehnyanyian serta iringan musik tradisional Jawa Tengah yang disebut dengan degung.
b. Jaipong
 Jaipong merupakan tarian tradisional dari Jawa Tengah, yang biasanya menampilkan penaridengan menggunakan pakaian khas Jawa Tengah yang disebut kebaya, serta diiringi musik tradisional Jawa Bart yang disebut Musik Jaipong.Jaipong ini biasanya dimainkan oleh satu orang atau sekelompok penari yang menarikan berakan ± gerakan khas tari jaipong.
c. D
e
gung
 Degung merupakan sebuah kesenian Jawa yang biasany dimainkan pada acara hajatan.Kesenian degung ini digunakan sebagai musik pengiring/pengantar.Degung ini merupakan gabungan dari peralatan musik khas Jawa Tengah yaitu, gendang,goong, kempul, saron, bonang, kacapi, suling, rebab, dan sebagainya.Degung merupakan salah-satu kesenian yang paling populer di Jawa Tengah, karena iringanmusik degung ini selalu digunakan dalam setiap acara hajatan yang masih menganut adattradisional, selain itu musik degung juga digunakan sebgai musik pengiring hampir padasetiap pertunjukan seni tradisional Jawa Tengah lainnya.

Activity (76)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Iin SiiVirgogirl liked this
adambitor1713 liked this
Surya Pratama liked this
Tia Rahma liked this
zonks09 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->