Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
konsep efisiensi pasar

konsep efisiensi pasar

Ratings: (0)|Views: 465|Likes:
Published by Faradillah Amir

More info:

Published by: Faradillah Amir on Feb 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/02/2012

pdf

text

original

 
qwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmrtyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwert yuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopas
 
 
Investasi dan Manajemen Portofolio
Konsep Efisiensi Pasar
 
Faradillah AmirA31109317
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNISUNIVERSITAS HASANUDDIN2011
 
Konsep Efisiensi Pasar
 
DEFINISI EFISIENSI PASAR
 Secara umum efisiensi pasar (
Market efficiency)
didefinisikan oleh Beaver (1989) sebagai hubunganantara harga-harga sekuritas dengan informasi. Secara detaiol efisiensi pasar dapat didefinisikan dalambeberapa macam definisi:
Definisi Efisiensi Pasar Berdasarkan pada Nilai Intrinsik Sekuritas
.Untuk konteks sekuritas-sekuritas yang harganya menyimpang dari nilai intinsiknya ataufundamentalnya, maka efisiensi pasar diukur dari seberapa jauh harga-harga sekuritas menyimpang darinilai intrinsiknya. Dengan demikian suatu pasar yang efisien menurut konsep ini dapat didefinisikansebgai pasar yang nilai-nilai yang sekuritasnya tidak menyimpang dari nilai-nilai intrinsiknya.
Definisi Efisiensi Pasar Berdasarkan Akurasi dari Ekspektasi Harga
.Fama (1970) mendefinisikan paar yang efisien sebagai berikut: Suatu pasar sekuritas dikatakan efisienjika harga-harga sekuritas mencerminkan secara penuh Informasi yang tersedia. Definisi inimenimbulkan banyak perdebatan, dan sehingga Fama juga menyadari bahwa definisinya sulit dibuktikan secara empiris, karena dibutuhkan suatu benchmark yang menunjukkan akurasi dariekspektasi harga semua investor. Fama mencoba menginformasikan definisinya dengan mendefinikansuatu fungsi dari harga-harga di masa datang yang tergantung dari sel informasi yang tersedia di periodesekarang. Fungsi dari harga-harga di masa mendatang akibat informasi yang tersedia menjadi benchmark yang kemudian dibandingkan dengan fungsi harga-harga di masa datang yang terjadi karenainformasi yang benar-benar digunakan oleh pasar. Perbedaan harga dari kedua fungsi tersebut dianggapsebagai pasar yang tidak efisien.
Definisi Efisiensi Pasar Efisiensi Pasar Berdasarkan Distribusi Informasi
 Pasar dikatakan efisien terhadap suatu sistem informasi , jika harga-harga sekuritas bertindak seakan-akan setiap orang mengamati sistem informasi tersebut.The Market is eficient with respect to some specified information system, if and ony if security pricesadd as if everyone observes the information system).Definisi ini secara implisit mengatakan bahwa jika seorang mengamati suatu sistem informasi yangmenghasilkan informasi, maka setiap orang dianggap mendapatkan informasi yang sama.Pendapat / Definisi tersebut diungkakan oleh Beaver (1970).Definisi Beaver juga menimbulkan masalah dalam hal pengujian pasar yang efisien tersebut. Untuk menguji pasar juga dibutuhkan pembanding dan dan benchmark yang digunakann adalah return normalyang diperoleh pelaku pasar. Return hasil hasil dari informasi kemudian dibandingkan dengan returnnormal. Jika hasilnya tidak menyimpang berarti pasar sudah efisien dan sebaliknya, jika hasilnyamenyimpang maka pasar dikatakan tidak efisien.
Definisi Efisiensi Pasar Didasarkan pada Proses Dinamik.
 
 
Definisi Efisiensi Pasar didasarkan pada proses dinamik memperimbangkan distribusi informasi yangtidak simetris dan menjelaskan bagaimana pada harga-harga akan menyesuaikan karena informasitidak simetris tersebut.Definisi yang mendasarkan pada proses yang dinamik ini menekankan pada kecepatan penyebaraninformasi yang tidak simetris, pasar dikatakan efisien jika penybaran informasi ini dilakukan secra cepat sehingga informasi menjasi simetris, yaitu setiap orang memiliki informasi ini.Jones (1995) memberikan definisi p[asar efisien yang memasukkan unsur dari kecepatan penyesuaiansebagai berikut:Suatu pasar yang efisien adalah pasar yang harga-harga sekuritasnya secara cepat dan penuhmencerminkansemua informasi yang tesedia di hadapan aktiva tersebut.
 ALASAN-ALASAN PASAR YANG EFISIEN DAN TIDAK EFISIEN.
 Faktor pasar efisien adalah:1.
 
Investor adalah penerioma harga yang berarti bahwa sebagai pelaku pasar, investor seorang diritidak dapat mempengaruhi hara dari satu securitas. Harga dari suatu securitas ditentukan olehbanyak investor yang menentukan demand dan suply.2.
 
Informasi tersedia luas kepada seluruh pelaku pasar pada saat yang bersamaan dan harga untuk memperoleh informasi tersebut murah.3.
 
Informasi dihasilkan seara acak dan tiap-tiap pengumuman informasi sifatnya random satudengan yang lainnya.4.
 
Investor bereaksi dengan mengunakan informasis ecara penuh dan cepat, sehinga harga darisekuritas berubah dengan semestinya mencerminkan informasi tersebut untuk mencapaikeseimbangan yang baru.Dan sebaliknya jika kondisi-kondisi di atas tidak terpenuhi, kemungkinan pasar ridak efisien dapat terjadi . dengan demikian pasar dapat menjadi tidak efisien jika kondisi-kondisi berikut ini terjadi:1.
 
Terdapat sejumlah kecil pelaku pasar yang dapat mempengaruhi harga dari sekuritas.2.
 
Harga dari informasi adalah mahal dan terdapat akses yang tidak seragam antara pelaku pasaryang satu dengan yang lainnya terhadap suatu informasi yang sama.3.
 
Informasi yang disebarkan dapat diprediksi dengan baik oleh sebagaian pelaku-pelaku pasar.4.
 
Investor adalah individu-individual yang lugas (Naif Invetsors) dan tidak canggih (Unsophs edInvestors).Untuk pasar yang tidak efisien masih banyak investor yang bereaksi terhadap informasi secara lugas,karena mereka mempunyai kemampuan yang tebatas di dalam mengartikan dan menginterpretasikaninformasi yang diterima. Karena media tidak canggih, maka sering kali mereka melakukan keputusanyang salah yang akibatnya securitas bersangkutan dihindari secara tidak tepat 
BENTUK-BENTUK EFISIENSI PASAR
 Pasar efisien yang ditinjau dari sudut informasi saja disebut dengan efisiensi pasar secara informasi(informationally efficient market) sedang pasar efisien yang ditinjau dari sudut kecanggihan pelaku

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->