Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
24Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
1. KERJA BANGKU (MENGIKIR)

1. KERJA BANGKU (MENGIKIR)

Ratings: (0)|Views: 2,657 |Likes:
Published by Nagusla Lutan

More info:

Published by: Nagusla Lutan on Feb 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/19/2013

pdf

text

original

 
1. Kerja Bangku.
Mengikir adalah salah satu kegiatan meratakan permukaan bendakerja hingga mencapai ukuran, kerataan dan kehalusan tertentu denganmenggunakan kikir yang dilakukan dengan tangan. Dalam hal ini untukmendapatkan hasil pengikiran yang presisi dan maksimal diperlukanpemahaman tentang jenis dan karakteristik kikir sebagai alat peraut/pengikis danteknik-teknik mengikir yang baik.Selain itu pekerjaan mengikir juga diperlukan tenaga yang kuat danharus telaten, ulet dan teliti. Dengan demikian pekerjaan mengikir dapatdikatakan sebagai dasar keterampilan untuk pembentukan seseorang menjadipraktisi pemesinan yang profesional dan handal.Perlu diketahui bahwa kegiatan mengikir bukan hanya meratakandan menghaluskan sebuah permukaan benda kerja hingga mencapai ukuran,kerataan dan kehalusan tertentu, melainkan juga harus tercapai kesejajaran dankesikuannya.1.1.1 Menentukan bidang dasar Yang dimaksud dengan bidang dasar adalah bidang yang dijadikanacuan untuk pengambilan ukuran, kesikuan dan kesejajaran terhadap bidanglain.Suatu pekerjaan yang berbentuk balok, minimal harus mempunyai3 bidang dasar, di mana bidang dasar tersebut diambil dari bidang yangberbatasan satu sama lain. Karena fungsinya sebagai acuan terhadap bidangyang lain, maka bidang dasar harus rata dan menyiku satu sama lain. Bidangdasar ditentukan secara berurutan , mulai dari bidang yang paling luas hinggayang paling kecil serta demikian pula dengan urutan pengerjaannya.1.1.2 Mengatur ketinggian ragumKetinggian ragum harus diatur sesuai dengan kebutuhanpengerjaan. Untuk pengerjaan kasar, di mana tenaga pengerjaan diperlukanlebih besar, tinggi ragum diatur lebih rendah. Untuk pengerjaan presisi, ragumdiatur lebih tinggi dan untuk pengerjaan yang umum, tinggi ragum diatur setinggisiku pada lengan (Gambar 1).
 
135Gambar 1.
Ketinggian ragum untuk pengerjaan umum kerja bangku1.1.3 Pencekaman benda kerja1.1.3.1 RagumRagum (Gambar 2) adalah alat untuk menjepit benda kerja, untukmembuka rahang ragum dilakukan dengan cara memutar tangkai/tuas pemutar ke arah kiri (berlawanan arah jarum jam) sehingga batang berulir akan menariklandasan tidak tetap pada rahang tersebut, demikian pula sebaliknya untukpekerjaan pengikatan benda kerja tangkai pemutar diputar ke arah kanan(searah jarum jam).
 
Gambar 2.
RagumRahang penjepitBatang berulir segi empatTangkai pemutar 
136
Rahang penjepit diberi landasan terbuat dari besi tuang yangpermukaannya pada umumnya diberi parutan bersilang agar penjepitan lebihkuat dan tidak licin, sehingga apabila menjepit benda kerja yang halus dandikawatirkan akan rusak permukaannya maka disarankan untuk memberi lapisanpelindung berupa plat yang dapat menjaga permukaan benda kerja tersebut.Namun ada juga jenis ragum kerja bangku yang rahang penjepitnya dibuat ratadan halus (digerinda), dimana jenis ragum ini digunakan untuk menjepit bendakerja yang sudah memiliki permukaaan rata.1.1.3.2 Pencekaman benda kerja pada saat mengikir Bagian benda kerja yang terjepit pada ragum diusahakansemaksimal mungkin, hal ini perlu diperhatikan mengingat fungsi mulut ragumselain dapat menjepit lebih kuat juga sebagai dasar kesikuan hasil pekerjaanpengikiran. Hal lain yang sangat penting diperhatikan dalam penjepitan bendakerja adalah kesejajaran permukaan benda kerja dengan mulut ragum. (Gambar 3)

Activity (24)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Yova Yuvitasari liked this
Putry Rachma liked this
David Oktavianus liked this
Zenki Corleone liked this
benyndun liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->