Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
10Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Fungsi Keluarga

Fungsi Keluarga

Ratings: (0)|Views: 2,516|Likes:
Published by Iwan Hermawan

More info:

Categories:Types, Reviews, Book
Published by: Iwan Hermawan on Feb 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/08/2013

pdf

text

original

 
FUNGSI KELUARGA
A.Pengertian Keluarga
Keluarga menurut etimologi berasal dari dua kata, yakni kawula dan warga.Kawula berarti hamba dan warga berarti anggota. Menurut terminology keluargaadalah suatu kesatuan (unit) dimana anggota-anggotanya mengabdikan dirikepada kepentingan dan tujuan unit tersebut. Keluarga juga terdiri dari beberapa pengertian antara lain menurut Hurlock ( 1999 : 220 ) keluarga adalah “Lingkungan pendidikan yang pertama dan utama bagi anak. Keluarga berfungsisebagai “
Transmater budaya
atau
mediator sosial anak 
“.Menurut Bahri Djamarah (2004 : 16) dalam bukunya yang berjudul
 Polakomunikasi orang tua dan anak 
menyatakan bahwa “ keluarga adalah “Sebuahinstitusi yang terbentuk karena ikatan pernikahan , di dalamnya hidup bersama pasangan suami istri secara sah karena pernikahan.Mereka hidup bersama sehidupsemati , ringan sama dijinjing, berat sama dipikul, selalu rukun dan damai dengansuatu tekad dan cita-cita untuk membentuk keluarga bahagia dan sejahtera lahir dan batin” .Menurut F .J. Brown, seperti yang dikutip oleh Syamsu Yusuf (2004:36 ) ditinjau dari sudut pandang sosiologis, keluarga dapat diartikan dua macam,yaitu a) dalam arti luas, keluarga meliputi semua pihak yang ada hubungan darahatau keturunan yang dapat dibandingkan dengan “
clan”
atau marga, b) dalam artisempit keluarga meliputi orangtua dan anak.Dari teori di atas, penulis dapat simpulkan bahwa keluarga adalahkumpulan manusia yang terdiri dari ayah ibu dan anak yang mempunyai tugas danfungsi yang berbeda-beda namun mempunyai tujuan yang sama.
B.Peranan dan Fungsi Keluarga
Keluarga memiliki peranan yang sangat penting dalam upayamengembangkan pribadi anak. Untuk menciptakan keluarga yang sakinah,mawadah warohmah, tentu harus memiliki ilmu pengetahuan tentang alam jagatraya ini, agar manusia dapat mengatur dirinya sendiri tetap eksis dalam kehidupandi dunia ini. Orang tua sebagai kepala rumah tangga mempunyai fungsi yangcukup besar dalam melengkapi dan mengisi perannya dalam keluarga, yang padaakhirnya melahirkan keluarga yang sakinah, mawadah warohmah.Fungsi keluarga terdiri dari:
1.Fungsi Edukati
Fungsi Edukatif adalah pendidikan yang utama dan pertama, majumundurnya anggota keluarga ditentukan dengan pelaksanaan pendidikan didalamkeluarga. Ki Hadjar Dewantara mengemukakan dengan konsep Tri PusatPendidikannya. Pendidikan yang dilaksanakan paling pertama adalah dalamkeluarga, sejak anak lahir ke dunia, orang tua harus sudah mulai menanamkan pendidikan yang paling pertamaPusat pendidikan yang paling utama adalah keluarga, namun belakangan inidengan kesibukan masing-masing orang tua, maka fungsi dalam mendidik anaknya sudah berpindah kepada pembantu, tetangga atau kepada panti-pantiyang kurang menumbuhkan kasih sayang seperti umumnya orang tua. Manakala pendidikan dalam keluarga sudah dimantapkan sedini mungkin, maka untuk diteruskan kepada lembaga yang lainnya, anak tidak akan kaku dan canggungkarena sudah memiliki dasar yang ditanamkan orang tua sejak kecil, dan belajar diwaktu kecil akan melekat dan sukar dilupakan.
 
Lain halnya dengan memberikan pendidikan dan pelajaran setelah dewasaakan sukar diterima, walaupun diterima terkadang akan mudah pula hilang sepertidikemukakan dalam pribahasa Arab “belajar di waktu kecil bagai mengukir di atas batu, belajar telah dewasa bagai mengukir di atas air”. (Soekanto 2004: 21). Anak dilahirkan ke dunia dalam keadaan fitrah, orang tuanyalah yang akanmenjadikannya Yahudi, Nasrani atau Majusi sebagaimana sabda Rasulullah Sawdalam kitab Sohih Bukhari :
لاق ةر يره بِ نعىعدو ي دوم ك: ص ِ لوس لاق : (ِع 'ف*تم) ِِا/ج ي ِِر/ يِِ/و ي وا ِةرطِف;
 Artinya :Dari Abi Hurairah ia berkata : telah bersabda Rasulullah SA“Setiap anak yang dilahirkan dalam keadaan fitrah, maka orang tuanyalah yang menjadikannya Yahudi, atau Nasrani atau Majusi.
(Hadist Riwayat Bukhari Muslim .Kitab Sohih Bukhari : 14 . )Dari pengertian hadist di atas tampak jelas bahwa fungsi orang tua sangatmenentukan masa depan anak. Pendidikan yang ditanamkan orang tua kepadaanak merupakan upaya orang tua dalam melindungi anaknya dan berbagaikemungkinan yang mudah masuk dan berpengaruh pada anak.Anak adalahamanat bagi kedua orang tuanya, hati yang suci itu adalah permata yang mahal.Apabila ia diajar dan dibiasakan kepada kebaikan, maka ia akan tumbuh padakebaikan itu. Tetapi apabila ia dibiasakan melakukan kejahatan, maka ia akansengsara dan binasa. Untuk melindunginya adalah dengan mendidik danmengajarkan akhlak-akhlak yang mulia kepadanya.
2.Fungsi Sosial
Fungsi Sosial adalah sosialisasi untuk mempersiapkan anak agar dapatmenempatkan dirinya sebagai pribadi yang mantap dalam masyarakat. Menurut pendapat Soekanto (2004: 40) : “ Fungsi sosial adalah fungsi yang sangat penting peranannya dalam kelangsungan kehidupan bermasyarakat, yang bertujuan untuk mendidik warga masyarakat agar mematuhi kaidah-kaidah dan nilai-nilai yangdianut. Manusia disamping sebagai makhluk individu ia juga sebagai makhluk sosial.”Sedangkan menurut Sofyan Sauri (2006 : 87) “Orang tua sebagai tokohterkemuka dalam keluarga mempunyai kewajiban untuk memberikan bimbingandan penciptaan situasi komunikasi dengan lingkungan di sekitarnya”. Fungsisosialisasi anak membantu menentukan tempatnya dalam kehidupan sosial inisecara mantap diterima rekan-rekanya atau lebih luas lagi dapat diterima olehmasyarakat
.
Sebagai makhluk sosial ia membutuhkan bantuan dan pertolonganorang lain. Hampir detail kehidupan kita tidak akan lepas dari bantuan orang lain,seperti apa yang kita makan, apa yang kita pakai, apa yang kita minum, dan lain-lain. Sosialisasi dimulai dalam lingkungan keluarga dengan sesama saudaranya.Mereka harus membangun kesadaran untuk hidup bersama dengan salingmembantu dan menyayangi.Fungsi sosialisasi ini merupakan fungsi keluarga yang akan memberikan peluang kepada anak untuk mampu hidup dalam masyarakat. Anak tidak mungkinmampu bermasyarakat dengan baik manakala orang tua tidak pernah memberikandan membawa anak untuk memperkenalkan dirinya dengan masyarakatsekitarnya. Fungsi sosialisasi anak membantu menentukan tempatnya dalamkehidupan sosial ini secara mantap diterima rekan-rekanya atau lebih luas lagi
 
dapat diterima oleh masyarakat. Sikap saling tolong menolong dalam kebaikanmerupakan sikap sosial yang sangat baik, yang jelas-jelas telah diperintahkan olehAllah kepada seluruh orang-orang yang beriman. Adapun dasar fungsi sosialyaitu firman Allah SWT, sebagai berikut:
ِر;قأ;ِن يدِو;ِرخ نِم ت;فام ;ق وِف ي ذام وأ ي ِِ E Eِإرخ نِم و;ف امِِ* ِنِِكا; ىمات; 'ِع
 Artinya :Mereka akan bertanya kepadamu tentang apa yang akan merekanafkahkan. Katakanlah “Apa saja harta yang kamu nafkahkan, makahendaklah diberikan kepada Ibu-Bapak, keluarga yang dekat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan (ibnu sabil)” Dan apa saja yang kebajikan yang kamu perbuat maka sesungguhnya Allah maha mengetahuinya.
( Q.S. Al-Baqarah: 215. Depag RI 1993 : 52)Kehidupan masyarakat Islam yang dikehendaki Allah bukanlah yang hidup
nafsi-nafsi
; yang kaya melupakan yang miskin. Islam memerintahkan amal disamping iman. Tidak boleh ada orang yang tidak beramal. Amal artinya berusaha.Agama memerintahkan dan negara mengatur dan mencita-citakan itu. Jangan adamasyarakat yang melarat dan tidak mendapat pekerjaan. (Hamka, 1999 ). Sikap-sikap di atas akan menjadi milik anak jika sikap-sikap tersebut dibiasakan dalamkeluarganya.
3.Fungsi Proteksi (Perlindungan)
Fungsi Proteksi adalah perlindungan yang diberikan orang tua kepada anak dalam keluarga. Fungsi Proteksi menurut Sofyan Sauri (2006 : 92) adalah“Perlindungan orang tua terhadap anaknya dapat menimbulkan rasa aman darisegala ancaman yang datang dari luar dirinya”. Peran orang tua dalammemberikan perlindungan kepada anaknya juga dapat menghindarkan segalasesuatu yang datang dari lingkungan.Proteksi yang dilakukan oleh orang tua terhadap anak-anaknya dalamkeluarga menjadikan keluarga terhindar dari bahaya-bahaya negatif yang tidak diinginkan keluarga. Kewajiban orang tua adalah melindungi anak-anaknya dari berbagai bahaya yang akan merusak kebahagiaan keluarga.Sejak anak masih dalam kandungan ibunya perlu mendapat perlindunganyang baik. Sampai akhirnya lahir dan menjadi dewasa perlindungan orang tuatetap dilakukan. Perlindungan orang tua terhadap anak-anaknya harus semakintinggi sejalan dengan pengaruh negatif yang semakin mengkhawatirkan.Kenakalan remaja, obat-obat terlarang dan pergaulan bebas harus mendapat perhatian dari orang tua agar tidak terjadi hal-hal yang tidak dikehendaki.
4.Fungsi Reproduksi
Fungsi Reproduksi adalah melahirkan keturunan yang akan menjadigenerasi penerus dalam keluarganya. Pengertian fungsi reproduksi menurut Shalih(1993: 6) “Kelahiran anak dan hukum-hukum yang berkaitan dengannyamerupakan salah satu objek dari beberapa objek penting bagi kemaslahatan dankelanggengan keluarga.” Menurut Syaiful Bahri Djamarah ( 2004 : 21 )
 Anak 

Activity (10)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
DieTa FebRiani liked this
Reea JeRemy Shedult added this note|
I LKE THIS
Emeralda Aisha liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->