Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Indonesia

Indonesia

Ratings: (0)|Views: 126|Likes:
Published by Sintro

More info:

Published by: Sintro on Feb 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/10/2014

pdf

text

original

 
BAB ISEJARAH UMUM INDONESIA
Kata "Indonesia" berasal dari kata dalambahasa Latinyaitu
Indus
yang berarti "Hindia" dan kata dalambahasa Yunani 
nesos
yangberarti "pulau".
Jadi, kata Indonesia berartiwilayahHindiakepulauan, atau kepulauan yang berada di Hindia, yangmenunjukkan bahwa nama ini terbentuk jauh sebelum Indonesiamenjadi negara berdaulat.
Pada tahun 1850,George Earl,seorangetnologberkebangsaan Inggris, awalnya mengusulkanistilah
Indunesia
dan
Malayunesia
untuk penduduk "KepulauanHindia atau Kepulauan Melayu".
Murid dari Earl, James Richardson Logan, menggunakan kata
Indonesia
sebagai sinonim dari
Kepulauan India
.
Namun, penulisan akademik Belanda di mediaHindia Belandatidak menggunakan kata
Indonesia
, tetapi istilah
Kepulauan Melayu
(
Maleische Archipel
);
Hindia Timur Belanda
(
Nederlandsch Oost Indië
), atau
Hindia
(
Indië
);
Timur 
(
de Oost 
); danbahkan
Insulinde
(istilah ini diperkenalkan tahun 1860 dalam novel
(1859), ditulis olehMultatuli, mengenai kritikterhadap kolonialisme Belanda).
Sejak tahun 1900, nama Indonesia menjadi lebih umum padalingkungan akademik di luar Belanda, dan golongan nasionalisIndonesia menggunakannya untuk ekspresi politik.
 Adolf Bastian dariUniversitas Berlinmemasyarakatkan nama ini melalui buku
Indonesien oder die Inseln des Malayischen Archipels, 1884–1894
.Pelajar Indonesia pertama yang menggunakannya ialahSuwardi Suryaningrat(Ki Hajar Dewantara), yaitu ketika ia mendirikankantor berita di Belanda yang bernama
Indonesisch Pers Bureau
pada tahun 1913.Peninggalan fosil-fosil
, yang olehantropologjugadijuluki "Manusia Jawa", menimbulkan dugaan bahwa kepulauanIndonesia telah mulai berpenghuni pada antara dua juta sampai500.000 tahun yang lalu.
 Bangsa Austronesia, yang membentukmayoritas penduduk pada saat ini, bermigrasi ke Asia Tenggara dari Taiwan. Mereka tiba di sekitar 2000 SM, dan menyebabkanbangsa  Melanesiayang telah ada lebih dahulu di sana terdesak ke wilayah-wilayah yang jauh di timur kepulauan.
Kondisi tempat yang idealbagi pertanian, dan penguasaan atas carabercocok tanam padi setidaknya sejak abad ke-8 SM,
menyebabkan banyakperkampungan, kota, dan kerajaan-kerajaan kecil tumbuhberkembang dengan baik pada abad pertama masehi. Selain itu,Indonesia yang terletak di jalur perdagangan laut internasional danantar pulau, telah menjadi jalur pelayaran antara India dan Cinaselama beberapa abad.
Sejarah Indonesia selanjutnya mengalamibanyak sekali pengaruh dari kegiatan perdagangan tersebut.
1
 
Sejak abad ke-1 kapal dagang Indonesia telah berlayar jauh, bahkansampai keAfrika. Sebuah bagian dari relief kapal di candiBorobudur, k. 800 M.
Di bawah pengaruh agamaHindudanBuddha, beberapa kerajaan terbentuk di pulauKalimantan,Sumatra, dan Jawasejakabad ke-4  hinggaabad ke-14.Kutai, merupakan kerajaan tertua di Nusantara yang berdiri pada abad ke-4 di hulusungai Mahakam,Kalimantan   Timur. Di wilayah barat pulau Jawa, pada abad ke-4 hingga abad ke-7 M berdiri kerajaan Tarumanegara. Pemerintahan Tarumanagaradilanjutkan olehKerajaan Sundadari tahun 669 M sampai 1579 M.Pada abad ke-7 muncul kerajaan Malayu yang berpusat di Jambi,Sumatera.Sriwijayamengalahkan Malayu dan muncul sebagaikerajaan maritim yang paling perkasa di Nusantara. Wilayahkekuasaannya meliputi Sumatera, Jawa, semenanjung Melayu,sekaligus mengontrol perdagangan di Selat Malaka, Selat Sunda,dan Laut Cina Selatan.
Di bawah pengaruh Sriwijaya, antara abadke-8 dan ke-10 wangsaSyailendradanSanjayaberhasil mengembangkan kerajaan-kerajaan berbasis agrikultur di Jawa,dengan peninggalan bersejarahnya seperti candiBorobudurdancandiPrambanan. Di akhir abad ke-13,Majapahitberdiri di bagian timur pulau Jawa. Di bawah pimpinan mahapatihGajah Mada,kekuasaannya meluas sampai hampir meliputi wilayah Indonesiakini; dan sering disebut "Zaman Keemasan" dalam sejarahIndonesia.
Kedatangan pedagang-pedagangArabdanPersiamelalui Gujarat, India, kemudian membawa agamaIslam. Selain itu pelaut-pelaut Tiongkokyang dipimpin oleh LaksamanaCheng Ho(Zheng He) yang beragama Islam, juga pernah menyinggahi wilayah ini padaawalabad ke-15.
Para pedagang-pedagang ini juga menyebarkanagama Islam di beberapa wilayah Nusantara.Samudera Pasaiyangberdiri pada tahun 1267, merupakan kerajaan Islam pertama diIndonesia.Ketika orang-orangEropadatang pada awalabad ke-16, mereka menemukan beberapa kerajaan yang dengan mudah dapat merekakuasai demi mendominasi perdagangan rempah-rempah. Portugispertama kali mendarat di dua pelabuhanKerajaan SundayaituBantendanSunda Kelapa, tapi dapat diusir dan bergerak ke arah timur dan menguasaiMaluku. Padaabad ke-17,Belandamuncul sebagai yang terkuat di antara negara-negara Eropa lainnya,mengalahkanBritania RayadanPortugal(kecuali untuk koloni mereka, Timor Portugis). Pada masa itulah agamaKristenmasuk ke Indonesia sebagai salah satu misi imperialisme lama yang dikenal2
 
sebagai
3G
, yaitu
.
Belanda menguasaiIndonesia sebagai koloni hinggaPerang Dunia II, awalnya melaluiVOC, dan kemudian langsung oleh pemerintah Belanda sejak awalabad ke-19.
Cultuurstelsel
.
Di bawah sistem
(
Sistem Penanaman
) pada abad ke-19, perkebunan besar dan penanaman paksa dilaksanakan di Jawa,akhirnya menghasilkan keuntungan bagi Belanda yang tidak dapatdihasilkan VOC. Pada masa pemerintahan kolonial yang lebih bebassetelah1870, sistem ini dihapus. Setelah1901pihak Belanda memperkenalkanKebijakan Beretika,
yang termasuk reformasipolitik yang terbatas dan investasi yang lebih besar di Hindia-Belanda.Pada masa Perang Dunia II, sewaktu Belanda dijajah oleh Jerman, Jepangmenguasai Indonesia. Setelah mendapatkan Indonesia padatahun 1942, Jepang melihat bahwa para pejuang Indonesiamerupakan rekan perdagangan yang kooperatif dan bersediamengerahkan prajurit bila diperlukan.Soekarno,Mohammad Hatta, KH. Mas Mansur, danKi Hajar Dewantaradiberikan penghargaan olehKaisar Jepangpada tahun 1943.3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->