Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
30Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Isi Makalah Jihad

Isi Makalah Jihad

Ratings: (0)|Views: 2,559 |Likes:
Published by Irfan Fadhilah

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Irfan Fadhilah on Feb 20, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/17/2013

pdf

text

original

 
Bina Sarana Informatika
2011
1
BAB IPENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
Tidak diragukan lagi bahwa jihad adalah amal kebaikan yang Allahsyari¶atkan dan menjadi sebab kokoh dan kemuliaan umat islam. Sebaliknya(mendapatkan kehinaan) bila umat Islam meninggalkan jihad di jalan Allah. Namun amal kebaikan ini harus memenuhi syarat ikhlas dan sesuai dengansyariat islam karena kedua hal ini adalah syarat diterima satu amalan. Disamping juga jihad bukanlah perkara mudah bagi jiwa dan memiliki hubungandengan pertumpahan darah, jiwa dan harta yang menjadi perkara agung dalamIslam.Agama dewasa ini tampil dengan sosok yang menakutkan, aksi-aksikekerasan kerap kali terjadi atas nama agama. Arti kata Jihad seringdisalahpahami oleh yang tidak mengenal prinsip-prinsip agama Islam sebagai'perang suci' (holy war). Jihad sering dikaitkan dengan Terorisme. Padahalkedua hal tersebut sangatlah jauh berbeda.
1.2.Tujuan
Sering ada bom bunuh diri yang dilakukan segelintir orangmengatasnamakan Jihad,yang pada akhirnya hanya memperburuk nama Islam.Kebanyakan korban jiwa adalah pembom bunuh diri itu sendiri dan orang-orang sekitar lokasi pemboman yang dianggap sebagai ³orang kafir´ yangharus dimusnahkan. Tapi adakah bom bunuh diri itu di ajaran Islam? Tidak.Akan kita pelajari apa itu jihad menurut Islam serta penjelasan bahwa jihad itu bukan Terorisme dan Terorisme itu bukan Jihad.Makalah ini difokuskan terhadap pembahasan tentang Jihad, pengertian jihad dan terorisme, serta penjelasan tentang hakikat, hukum, dan bentuk- bentuk jihad. Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas matakuliah Pendidikan Agama Islam.
 
Bina Sarana Informatika
2011
2
1.3.Rumusan Masalah
Jihad adalah berjuang dengan sungguh-sungguh menurut syariat Islam.Jihad dilaksanakan untuk menjalankan misi utama manusia yaitu menegakkanagama Allah atau menjaga agama tetap tegak, dengan cara-cara sesuai dengangaris perjuangan para Rasul dan Al-Quran.Jihad yang dilakukan menurut Islam hanyalah mempersiapkan seluruhkekuatan baik harta, jiwa, senjata, lisan, dan sebagainya untuk berjuang di jalan Allah agar musuh tak bisa semena-mena membantai ummat Islam.Bukan untuk membunuh secara sadis orang-orang kafir karena dalam Islamdiajarkan ³Laa ikrohaa fid diin´. Tak ada paksaan dalam agama.Disini saya akan membahas definisi Jihad, definisi Terorisme, hukumJihad, bentuk-bentuk Jihad, serta perbedaan antara Jihad yang sebenarnyamenurut Islam, perang, dan tindak terorisme yang marak terjadi di dunia saatini.
1.4.
 
Sistematika Penulisan
Agar data tersusun secara sistematis maka makalah ini disusun dengansusunan sebagai berikut :BAB I ± PENDAHULUAN1.1. Latar Belakang Masalah1.2. Maksud dan Tujuan1.3. Rumusan Masalah1.4. Sistematika PenulisanBAB II ± PEMBAHASAN2.1. Definisi Jihad2.2. Definisi Terorisme2.3. Hakikat Jihad2.4. Bentuk-Bentuk Jihad2.5. Jihad, Perang, dan TerorismeBAB III ± PENUTUP3.1. Kesimpulan3.2. Saran
 
Bina Sarana Informatika
2011
3
BAB IIPEMBAHASAN
2.1.Definisi Jihad
Jihad artinya perjuangan yang sungguh-sungguh di jalan Allah denganseluruh kemampuan baik dengan harta, jiwa, lisan, mau pun yang lainnya.Jihad terutama ditujukan untuk membela kaum yang tertindas, dijelaskandalam firman Allah :
³Mengapa kamu tidak mau berperang di jalan Allah dan (membela) orang-orang yang lemah baik laki-laki, wanita-wanita maupun anak-anak yang  semuanya berdoa: ³Ya Tuhan kami, keluarkanlah kami dari negeri ini(Mekah) yang zalim penduduknya dan berilah kami pelindung dari sisi Engkau, dan berilah kami penolong dari sisi Engkau!.´ [An Nisaa' 75]
Jihad merupakan satu kewajiban penting dalam Islam, hadits nabi :
 Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda: ³Barangsiapa mati, sedang ia tidak pernah berjihad dan tidak mempunyai keinginan untuk jihad,ia mati dalam satu cabang kemunafikan.´ Muttafaq Alaihi. Dari Anas bahwa Nabi SAW bersabda: ³Berjihadlah melawan kaummusyrikin dengan hartamu, jiwamu dan lidahmu.´ Riwayat Ahmad dan Nasa¶i. Hadits shahih menurut Hakim.
Selanjutnya mari kita lihat pendapat para Imam Madzhab tentang Jihad:-
 
Madzhab Hanafi
Menurut madzhab Hanafi, sebagaimana yang dinyatakan dalam kitabBadaa¶i¶ as-Shanaa¶i¶, ³Secara literal, jihad adalah ungkapan tentang pengerahan seluruh kemampuan. Sedangkan menurut pengertian syariat, jihad bermakna pengerahan seluruh kemampuan dan tenaga dalam berperang di jalan Allah, baik dengan jiwa, harta, lisan ataupun yang lain(Al-Kasaani, Op. Cit., juz VII, hal. 97.)

Activity (30)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Winda Sulistyana liked this
Dea Rosalinda liked this
Kamalia Husna liked this
Loekman Al-hakim liked this
Dodi Doank liked this
Maharesi Hefri liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->