Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Peraturan Komisi Informasi Pusat No. 2/2010

Peraturan Komisi Informasi Pusat No. 2/2010

Ratings: (0)|Views: 1,132 |Likes:
Published by Info Publik

More info:

Published by: Info Publik on Feb 20, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/16/2013

pdf

text

original

 
 1
KOMISI INFORMASI PUSATREPUBLIK INDONESIAPERATURAN KOMISI INFORMASINOMOR 2 TAHUN 2010TENTANGPROSEDUR PENYELESAIAN SENGKETA INFORMASI PUBLIKDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAKOMISI INFORMASIMenimbang:
Bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 1 angka 4, Pasal 23, Pasal 26 ayat (1)huruf a, Pasal 26 ayat (2) huruf a dan b, dan Pasal 26 ayat (3) Undang-UndangNomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik perlu ditetapkanPeraturan Komisi Informasi tentang Prosedur Penyelesaian Sengketa InformasiPublik.
Mengingat:
1.
 
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (Lembaran Negara Republik Indonesia tahun 2008 Nomor 61, Tambahan LembaranNegara Nomor 4846);2.
 
Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2010 tentang Standar Layanan InformasiPublik (Berita Negara Republik Indonesia tahun 2010 Nomor 272, Tambahan BeritaNegara Nomor 1).
MEMUTUSKAN:
Menetapkan:
PERATURAN KOMISI INFORMASI TENTANG PROSEDURPENYELESAIAN SENGKETA INFORMASI PUBLIK
 
 2
BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1
Dalam Peraturan ini yang dimaksud dengan:1.
 
Informasi Publik adalah informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikirim,dan/atau diterima oleh suatu Badan Publik yang berkaitan dengan penyelenggaradan penyelenggaraan negara dan/atau penyelenggara dan penyelenggaraan BadanPublik lainnya yang sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentangKeterbukaan Informasi Publik serta informasi lain yang berkaitan dengankepentingan publik.2.
 
Badan Publik adalah lembaga eksekutif, legislatif, yudikatif, dan badan lain yangfungsi dan tugas pokoknya berkaitan dengan penyelenggaraan negara, yangsebagian atau seluruh dananya bersumber dari anggaran pendapatan dan belanjanegara dan/atau anggaran pendapatan dan belanja daerah, atau organisasinonpemerintah sepanjang sebagian atau seluruh dananya bersumber dari anggaranpendapatan dan belanja negara dan/atau anggaran pendapatan dan belanja daerah,sumbangan masyarakat, dan/atau luar negeri.3.
 
Sengketa Informasi Publik adalah sengketa yang terjadi antara Badan Publik danPemohon Informasi Publik berdasarkan alasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal35 ayat (1) Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan InformasiPublik.
 
4.
 
Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi yang selanjutnya disebut PPIDadalah pejabat yang bertanggung jawab di bidang penyimpanan,pendokumentasian, penyediaan, dan/atau pelayanan informasi di Badan Publik danbertanggungjawab langsung kepada atasan PPID sebagaimana dimaksud padaPeraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2010 tentang Standar LayananInformasi Publik.5.
 
Atasan PPID adalah pejabat yang merupakan atasan langsung pejabat yangbersangkutan dan/atau atasan dari atasan langsung pejabat yang bersangkutan yangditunjuk dan/atau bertanggungjawab dalam memberi tanggapan tertulis ataskeberatan permohonan informasi publik yang diajukan oleh Pemohon InformasiPublik.6.
 
Pemohon Penyelesaian Sengketa Informasi Publik yang selanjutnya disebutPemohon adalah orang perseorangan warga negara Indonesia, kelompok orangIndonesia, atau badan hukum Indonesia yang mengajukan permohonanpenyelesaian Sengketa Informasi Publik kepada Komisi Informasi.7.
 
Termohon Penyelesaian Sengketa Informasi Publik yang selanjutnya disebutTermohon adalah Badan Publik yang diwakili oleh atasan PPID.
 
 38.
 
Mediasi adalah penyelesaian Sengketa Informasi Publik antara para pihak melaluibantuan mediator komisi informasi.9.
 
Ajudikasi adalah proses penyelesaian Sengketa Informasi Publik antara para pihak yang diputus oleh Komisi Informasi.10.
 
Panitera adalah pejabat sekretariat Komisi Informasi yang bertanggungjawabmengelola administrasi permohonan Sengketa Informasi Publik, membuat BeritaAcara Persidangan, membantu Majelis Komisioner dalam persidangan, menyusunlaporan hasil pemeriksaan, dan menyusun Putusan Komisi Informasi.11.
 
Komisi Informasi adalah Komisi Informasi Pusat dan Komisi Informasi Provinsidan/atau Komisi Informasi Kabupaten/Kota.12.
 
Kaukus adalah pertemuan mediator dengan salah satu pihak tanpa dihadiri olehpihak lainnya.13.
 
Mediator adalah komisioner pada Komisi Informasi yang bertugas membantu parapihak dalam proses perundingan guna mencari berbagai kemungkinan penyelesaianSengketa Informasi Publik tanpa menggunakan cara memutus atau memaksasebuah penyelesaian.14.
 
Mediator Pembantu adalah komisioner pada Komisi Informasi atau mediator selainkomisioner pada Komisi Informasi yang ditetapkan berdasarkan ketentuan KomisiInformasi Pusat.15.
 
Majelis Komisioner adalah majelis yang terdiri dari komisioner Komisi Informasiyang bertugas menerima, memeriksa dan memutus Sengketa Informasi Publik.16.
 
Majelis Pemeriksaan Pendahuluan adalah majelis yang terdiri dari komisionerKomisi Informasi yang bertugas melakukan pemeriksaan pendahuluan.17.
 
Putusan Mediasi adalah putusan Komisi Informasi yang mengukuhkan kesepakatanperdamaian para pihak yang merupakan hasil mediasi.
Pasal 2
(1)
 
Proses penyelesaian Sengketa Informasi Publik dilakukan berdasarkan asas cepat,biaya ringan, dan sederhana.(2)
 
Proses penyelesaian Sengketa Informasi Publik dilakukan secara terbuka sesuaidengan Peraturan ini.

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
chikichikoman liked this
chikichikoman liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->