Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Leadership, Gaya, Aktivitas Dan Ketrampilan Memimpin

Leadership, Gaya, Aktivitas Dan Ketrampilan Memimpin

Ratings: (0)|Views: 669 |Likes:
Published by faturasia
Leadership, Gaya, Aktivitas Dan Ketrampilan Memimpin, tin agustina karnawati & rasyid latuconsina
Leadership, Gaya, Aktivitas Dan Ketrampilan Memimpin, tin agustina karnawati & rasyid latuconsina

More info:

Published by: faturasia on Feb 20, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/27/2012

pdf

text

original

 
 Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi ASIAVol.1No.3.Agustus200
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi ASIA Malang
26
LEADERSHIP,GAYA, AKTIVITAS DAN KETRAMPILAN MEMIMPINOleh :Tin Agustina Karnawati *)A. Rasyid Latuconsina *)Abstraksi
Pemimpin dan kepemimpinan seharusnya dapat diterapkan dalam semua aspek kehidupan kita, baik dimulai dari komunitas atau kelompok organisasi paling kecil yaitukeluarga, lingkungan kerja, organisasi bisnis atau social bahkan pada kehidupan berbangsadan bernegara.Pemimpin yang berhasil dan ideal adalah mereka yang mampu membuatdirinya berubah serta membuat perubahan pada gaya kepemimpinan dan lingkungan pekerjaan, perusahaan serta orang-orangnya.Gaya kepemimpinan adalah suatu cara para pemimpin mempengaruhi pengikutnyamemiliki implikasi praktis dalam menerapkan kepemimpinan. Peran seorang manajer atau pemimpin dapat ditinjau dari apa yang sesungguhnya dikerjakan para pemimpin dalam peran interpersonal dan informasional dan pengambilan keputusan. Aktivitas pemimpinadalah apa yang para pemimpin laukan dalam pekerjaan harian mereka, seperti dalamaktivitas komunikasi,manajemen tradisional, manajemen sumber daya manusia serta jaringan. Ketrampilan dan tehnik kepemimpinan digambarkan tentang bagaimana para pemimpin menjadi efektif yang harus diimbangi oleh ketrampilan personal daninterpersonal.Kata Kunci : Pemimpin, Kepemimpinan, GayaKepemimpinan, Peran Manajer,Aktivitas pemimpin , tehnik dan ketrampilan memimpin.
*) Dosen STIE ASIA MalangPendahuluan
Dalam praktek sehari-hari, pemimpin dan kepemimpinan seharusnya dapat diterapkandalam semua aspek kehidupan kita, dimulai dari komunitas atau kelompok organisasi paling kecil yaitu keluarga, kemudian diterapkan dalam lingkungan kerja sehari-hari, perusahaan atau organisasi bisnis, social dan kemasyarakatan bahkan kehidupan berbangsadan bernegara.Leader dan Leadership istilah yang padasaat ini dalam prakteknya mengalami banyak  perubahan dan penyempurnaan. Seperti diungkapkan beberapa tokoh penting yaitu John CMaxwell (Managers’Scope, 2006) bahwa kepemimpinan adalah pengaruh, dan kemampuanmemperoleh pengikut, dan menjadi seorang yangdiikuti orang lain dengan senang hati dan penuh keyakinan.Stephen P Robbins mendefinisikan sebagai “ The ability to influence a group towardthe achievement of goals” ( Seorang pemimpin dituntut memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain, mempunyaiorang/tim yang dipimpin, serta adanya pencapaiantujuan secara keseluruhan).James Riady , pimpinan Lippo Group, menyatakan bahwa memimpin keluarga adalahsalah satu ukuran utama kesuksesan seseorang di dalam memimpin organisasi yang lebih besar seperti perusahaan atau bidang kemasyarakatan lain.
 
 Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi ASIAVol.1No.3.Agustus200
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi ASIA Malang
27Tips yang disampaikan Dr Reinhard Zielgler, pemimpin harus mampumemberdayakan setiap anak buah yang dipimpinnya sehingga mengerti tentang tujuan yangdiinginkan perusahaan, cara yang diperlukan untuk bisa mewujudkannya dan komitmendari setiap bawahan adalah dengan selalu melibatkan partisipasi aktif dari setiap karyawandengan mengajukan pertanyaan yang mengacu pada model pendekatan yang manusiawi.Eric G Stephan & R Wayne Pace dalam “ Powerful Leadership How toUnleash thePotential on Other and Simplify Your Own Life (2002) mengatakan bahwa melakukan perubahan harus mengingat dua hal yaitu pola (mind set ) yang berubah dan hambatan pribadi untuk berubah. Dikemukakan 7 (tujuh) hal yang dapat dilakukan agar pemimpinsukses yaitu:1.
 Biarkan para karyawan atau bawahan memimpin
, intinya menuntutkesediaan para pemimpin menghentikan kebiasaan memberi perintah atau petunjuk secara ‘one way communication’ terutama tentang siapa dan bagaimana mengerjakan segala sesuatu.2.
Ciptakan suasana kerja yang kondusif,
 pemimpin harus mampu menciptakansuasana kerja kondusif sehingga muncul kreatifitas, inovasi serta rasa senangtanpa adanya situasi atau keadaan yang menekan dalam bekerja.3.
Ubahlah paradigma “boss into cohort”,
 pemimpin akan diterima lebih baik  bila mereka mampu menempatkan diri sebagai bagian dari tim ( be the part of team).4.
 Laksanakan model partisipasi 4E,
yaitu : a) Envisioning (ciptakan gambar menarik tentang cita-cita perusahaan yang akan dicapai), b) Enabling (bekali para bawahan), c) Energizing ( berikan motivasi berkesinambungan), d)Ensuring ( berikan kepastian dan keyakinan dalam perencanaan danimplementasinya ) ( Nadler dan Tushman, 1990)5.
 Hentikan kritik/ kemarahan, berikan pujian dan arahan/petunjuk,
kuncinyamemanusiakan setiap orang, agar semangat dan motivasi kerja akan selaluterjaga.6.
 Pilih dan lakukan jalan yang mulia,
 jangan sampai hilang hati nurani dalammemimpin, dengan mengedepankan etika, nilai moral dan perbuatan.7.
Selalu berdiri serta berada di jalanyang damai,
 bagaimanapun kacaunyakeadaan internal perusahaan serta ketidakpastian ekternal, pemimpin harusmampu menunjukkan kepemimpinannya termasuk menjernihkan hati dan pikiran dan kualitas serta profeionalitas tindakan yang dijalankan.Dari tips diatas dapat disimpulkan bahwa pemimpin yang berhasil dan ideal adalahmereka yang mampu membuat dirinya berubah serta membuat perubahan pada gayakepemimpinan dan lingkungan pekerjaan, perusahaan serta orang-orangnya.
Gaya Kepemimpinan
Perbedaan gaya, aktivitas dan ketrampilan secara sederhana ditunjukkan melalui‘cara’ pemimpin mempengaruhi pengikutnya. Peran dan aktivitas merupakan ‘apa’ yang pemimpin lakukan, dan ketrampilan berurusan dengan ‘bagaimana’ pemimpin dapatmenjadi efektif.Pada umumnya ada 5 (lima) peran kepemimpinan kunci yaitu: a) visi strategi untuk memotivasi dan menginspirasi, b) memberdayakan karyawan c) membagi pengetahuan
 
 Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi ASIAVol.1No.3.Agustus200
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi ASIA Malang
28internal, d) mengumpulkan dan menggabungkan informasi eksternal, e) menantang statusquo dan memperbolehkan kreativitas.Sebagaimana pada perusahaan yang menghadapi tuntutan tehnologi dan kemajuanzaman, maka perusahaan kecilpun bergeser dari focus local ke global, dengan mengikutiarah pasar, mencari inovasi, terbuka, intens pada kualitas pelaksanaan dan mencari network lebih luas.Sehingga jenis pemimpin dan gaya mereka memimpin mengalami bentuk tren barudalam kehidupan organisasional.
1)Implikasi gaya kepemimpinan Klasik.
Studi Hawthorne diinterpretasikan memiliki ‘gaya kepengawasan’, begitu pula studiDouglas Mc Gregor dengan teori X merupakan ‘gaya otoriter’ dan teori Y merupakan ‘gayahumanistic’.Studi Michigan menemukan bahwa penyelia yang berorientasi karyawan lebihefektif daripada yang berorientasi karyawan. Studi Ohio State menunjukkan factor  pertimbangan (mendukung gaya) dan struktur inisiatif (gaya suportif). Teori KontingensiFiedler merupakan gaya kepemimpinan yang mengarahkan, mendukung, partisipatif dan berorientasi pada prestasi.. Schmidt dan Tannenbaum (dalam Luthans,2006) merangkumKontinum Gaya Kepemimpinan dari studi Klasik dan Teori kepemimpinan sebagai berikut,
 Berpusat pada BosBerpusat pada Karyawan
Teori XTeori YOtokratikDemokratiOrientasi ProduksiOrientasi KaryawanTertutupUmumMengawali strukturKonsiderasiDikendalikan TugasHubungan manusiaDirektifSuportiDirektifPartisipatiDalam kombinasi 5 (lima) gaya Blake dan Mouton dipidentifikasi sebagai a) 1,1adalah gaya “improverished”, b) 9,9 adalah gaya “terbaik”c)5,5 adalah gaya“middle of theroader”d) 1,9 adalah gaya country club dan e) 9,1 adalah gaya Task Manager.Demikian juga dari teori Hersey dan Blanchard, diidentifikasi dua gaya utama, yaitu1) Task Style yang mana tugas anggota dijelaskan pemimpin tentang kapan, dimana serta bagaimana mereka mengerjakan 2) Relationship style di mana pemimpin dan anggotamemiliki hubungan dekat ada keterbukaan komunikasi dan dukungan psikologis danemosional.Dari sisi ditentukan oleh tiga criteria yaitu a) tingkat prestasi motivasi, b) kesediaan bertanggungjawab dan c) banyaknya pendidikan atau pengalaman.Dengan menyesuaikansituasi maka dapat diringkas 4 (empat ) gaya dasar yaitu:1)Telling style, merupakan gaya tugas-tinggi hubungan rendah akan efektif bila pengikut berada di tingkat kedewasaan sangat rendah.2)Selling style, merupakan gaya tugas tinggi hubungan tinggi akan efektif bilakedewasaan pengikut rendah.3)Participating style, merupakan gaya tugas rendah hubungan tinggi akanefektif bila kedewasaan pengikut tinggi.4)Delegating style merupakan gaya tugas rendah hubungan rendah akan efekti bila kedewasaan pengikut sangat tinggi.

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Fitradana Ahmad liked this
SuariAri liked this
Opuly Honeyber liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->