Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
58Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Penanganan Ikan Di Atas Kapal

Penanganan Ikan Di Atas Kapal

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 4,156 |Likes:
Published by Agung Wahyono
Penanganan ikan di kapal didasari indikator kesegaran dan perubahan fisik ikan setelah mati. Penggunaan Es untuk pendinginan ikan untuk menghambat kemunduran mutu.
Penanganan ikan di kapal didasari indikator kesegaran dan perubahan fisik ikan setelah mati. Penggunaan Es untuk pendinginan ikan untuk menghambat kemunduran mutu.

More info:

Categories:Types, Research, Science
Published by: Agung Wahyono on Feb 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/15/2014

pdf

text

original

 
 0
PENANGANAN IKAN HASILTANGKAPAN DIATAS KAPAL
Disampaikan pada kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Usaha bagiKelompok pada tanggal 22 s/d 24 Pebruari 2012 di Hotel Sahid Jaya Solo
OLEH :AGUNG WAHYONO
KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANANDIREKTORAT JENDERAL PERIKANAN TANGKAP
BALAI BESAR PENGEMBANGAN PENANGKAPAN IKAN SEMARANG2012
 
 1
I. PENDAHULUANA. Umum
Produk perikanan merupakan salah satu jenis pangan yang perlu mendapat perhatianterkait dengan keamanan pangan. Mengingat di satu sisi, Indonesia merupakan negara maritimterbesar di Asia Tenggara sehingga sektor perikanan memegang peranan penting dalamperekonomian nasional. Terutama dalam penyediaan lapangan kerja, sumber pendapatannelayan dan sumber devisa negara. Selain itu, produk perikanan juga merupakan sumberprotein hewani yang dibutuhkan oleh manusia. Namun di sisi lain, produk perikanan dapatmenjadi media perantara bagi bakteri patogen dan parasit yang dapat menginfeksi manusia.Penanganan ikan di atas kapal adalah segala upaya terhadap hasil tangkapan di kapalmulai dari tindakan awal sampai dengan penyimpanan yang bertujuan menjaga mutu ikansesuai dengan standar yang diinginkan.Mutu ikan tidak dapat diperbaiki tetapi hanya dapat dipertahankan. Kerusakan ataupenurunan mutu ikan dapat terjadi segera setelah ikan mengalami kematian, peristiwa ini terjadikarena mekanisme pertahanan normal ikan terhenti setelah ikan mengalami kematian. Adapunpenyebab kerusakan ikan adalah bakteri, ensim dan reaksi kimia yang terdapat didalam tubuhikan maupun lingkungan dimana ikan berada.Untuk menjaga mutu ikan hasil tangkapan, maka perlu penanganan yang baik sejakikan diangkat dari alat tangkap, selama penyimpanan, dan pembongkarannya, sehingga ikandapat sampai dikonsumen dengan mutu yang baik dan aman untuk dikonsumsi.Perlu difahami bahwa mutu ikan yang terbaik atau ”
segar
” adalah saat dipanen dimanahasil penanganan atau pengolahan selanjutnya tidak akan pernah menghasilkan mutu yanglebih baik, oleh karena itu cara penanganan pertama saat panen menjadi sangat pentingkarena akan berarti ikut mempertahankan mutunya selama tahapan distribusi, penanganan danpengolahan selanjutnya sampai siap dikonsumsi.Agar dapat melakukan penanganan ikan hasil tangkapan secara benar dan untukmempertahankan mutunya perlu diketahui ciri-ciri mutunya yang baik dan penyebabkerusakaannya sehingga dapat dicari dan dipilih cara penanganan yang paling efektif danefisien untuk mencegah atau menghambat aksi penyebab kerusakan tersebut.Kondisi komposisi kimiawi dan fisik ikan hasil tangkapan saat dipanen merupakan ciriatau kriteria mutu (kesegaran)-nya yang dijadikan standar awal mutu. Kemudian proseskerusakan ikan dimulai setelah ikan mati, mulai dari perubahan komposisi kimiawi, dilanjutkanoleh penyebab lainnya, seperti kontaminasi dan benturan/tekanan fisik. Oleh sebab itu,penanganan ikan hasil tangkapan di Kapal merupakan perlakuan terpenting dari seluruh prosesperjalanan ikan tersebut sampai kepada konsumen.Perubahan komposisi kimiawi dan fisik produk perikanan yang terjadi segera setelah dipanendapat dihambat dengan perlakuan suhu rendah.
 
 2
Dalam berbagai perlakuan penanganan ikan pada perlakuan suhu rendah, penggunakan esmerupakan salah satu cara yang paling mudah dilakukan untuk menangani ikan setelahdipanen sampai pada tahap siap untuk diolah lebih lanjut. Penggunaan es relatif murah danmudah untuk dikerjakan sesuai dengan kondisi tingkat pengetahuan teknik maupun sosial-ekonomi nelayan.Untuk melakukan penanganan ikan dengan es secara baik dalam rangka mencegah penyebabkerusakan lebih lanjut seperti kontaminasi maupun benturan/tekanan fisik, diperlukan cara,sarana atau alat penanganan yang cukup.Penanganan ikan hasil tangkapan yang tidak tepat akan menyebabkan kerusakan padaikan dan dapat menimbulkan berbagai akibat bila dikonsumsi, terutama kandungan racunhistamin.
B. Permasalahan
Masalah mutu dan keamanan pangan tidak dapat dipisahkan ketika berbicara tentangproduk perikanan. Hal ini didasari oleh fakta bahwa ikan termasuk produk pangan yang sangatmudah rusak (
perishable food 
), sehingga upaya-upaya untuk mempertahankan mutu dankeamanannya menjadi hal yang harus diperhatikan. Permasalahan mutu ikan hasil tangkapandikelompokan ke dalam dua kategori, yaitu kualitas dan keamanan (bagi konsumen).Permasalahan kualitas dan keamanan (pangan) produk ikan hasil tangkapan sangat erathubungan sebab akibatnya, bila ada kesalahan dalam perlakuan awal pasca penangkapan,maka akan terjadi proses internal yang berakibat menurunnya keamanannya, walaupunpermasalahan keamanan juga mungkinkan timbul dari pengaruh luar, misalnya sumberpencemaran atau kontaminan yang berakibat menurunnya keamanan produk ikan hasiltangkapan tersebut.Permasalahan kualitas dan keamanan produk ikan hasil tangkapan perlu mendapatperhatian yang serius, karena tuntutan konsumen di dalam maupun luar negeri yang semakinmeningkat. Justifikasi mengenai jaminan mutu dan keamanan produk perikanan adalah dalamrangka merespon tuntutan konsumen yang semakin meningkat dewasa ini sebagaikonsekuensi meningkatnya peradaban masyarakat dunia yang semakin sadar tentangkesehatan sumber pangan yang berasal dari laut.Disisi lain, dalam kaitannya dengan perdagangan bebas, terwujudnya jaminan mutu dankeamanan pangan produk perikanan akan meningkatkan daya saing produk perikananIndonesia di pasar global. Meningkatnya daya saing produk ikan hasil tangkapan, akanmeningkatkan dan mempertahankan akses pasar domestik dan internasional yang semakinkompetitif sehubungan dengan munculnya pesaing-pesaing baru dalam perdagangan sepertiVietnam dan RRC serta terbentuknya beberapa kawasan perdagangan bebas, seperti AFTA,NAFTA, Uni Eropa dan adanya beberapa negara yang telah mengadakan perjanjianperdagangan bebas (Free Trade Agreement).

Activity (58)

You've already reviewed this. Edit your review.
Lizzar Razu liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
doubleu_idha liked this
doubleu_idha liked this
doubleu_idha liked this
Whiwi Amrullah liked this
ricolalinn liked this
yuniardimz liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->