Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PANGGUL SEMPIT

PANGGUL SEMPIT

Ratings: (0)|Views: 175 |Likes:
Published by Dyaning Irawan

More info:

Categories:Topics, Art & Design
Published by: Dyaning Irawan on Feb 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/16/2013

pdf

text

original

 
PANGGUL SEMPITPENDAHULUAN
 Untuk berhasilnya suatu persalinan spontan, harus diperhatikan 3 faktor penting yaitu jalan lahir, janin, dan kekuatan-kekuatan pada ibu.
(1,2)
 Jalan lahir dibagi atas :a). Bagian tulang terdiri dari tulang panggul dan sendi-sendinya. b). Bagian lunak terdiri dari otot-otot, jaringan dan ligamentum.
ANATOMI PANGGUL NORMAL
 Bidang dan ukuran panggulKarena panggul berbentuk khas, sukar untuk menetapkan masing-masing bidang padalokasi yang tepat. Untuk memudahkan, ditentukan 3 bidang khayal dalam rongga panggul : 1)Pintu atas panggul 2) Ruang tengah panggul 3) Pintu bawah panggul.Tulang-tulang panggul terdiri dari :1. Os cocsae, yang terdiri dari :a.
 
Os ilium b.
 
Os isciumc.
 
Os pubis2. Os sacrum3. Os cocsigeusSecara fungsional, panggul terdiri dari 2 bagian yang disebut pelvis mayor dan pelvisminor. Pelvis mayor adalah bagian pelvis yang terletak diatas linea terminalis, disebut jugafalse pelvis. Pelvis minor (true pelvis) adalah bagian pelvis yang terletak dibawah lineaterminalis, yang mempunyai peranan penting dalam obstetrik dan harus dapat dikenal dandinilai sebaik-baiknya untuk dapat meramalkan dapat dan tidaknya bayi melewatinya.
(1,2,3)
 
 
Bidang atas saluran ini, normal berbentuk hampir bulat, disebut pintu atas panggul(pelvic inlet). Bidang bawah saluran ini tidak merupakan suatu bidang seperti pintu atas panggul, akan tetapi terdiri dari dua bidang disebut pintu bawah panggul (pelvic outlet).
(1,2,3)
 Diantara kedua pintu ini terdapat ruang panggul (pelvic cavity). Ruang panggulmempunyai ukuran yang paling luas dibawah pintu atas panggul, akan tetapi menyempit di panggul tengah ini disebabkan oleh adanya spina ischiadica yang kadang-kadang menonjolkedalam ruang rongga panggul.
(1,2,3)
 
PINTU ATAS PANGGUL
 Pintu atas panggul merupakan suatu bidang yang dibentuk oleh promontorium corpusvertebrae sacral 1, linea innominata (terminalis) dan pinggir atas simfisis
(1,2,3)
 Panjang jarak dari pinggir atas simfisis pubis ke promontorium lebih kurang 11 cm,disebut konjugata vera. Jarak terjauh garis melintang pada pintu atas panggul lebih kurang11,5 ± 13 cm disebut diameter trasversal. Bila ditarik garis dari articulatio sakroiliaka ke titik  persekutuan antara diameter transversa dan konjugata vera dan diteruskan ke lineainnominata disebut diameter oblique, kurang lebih 13 cm.
(1,2,3)
 Konjugata vera sama dengan konjugata diagonalis dikurangi 1,5 cm. konjugataobstretika jarak dari bagian tengah simfisis ke promontorium.
PINTU BAWAH PANGGUL
 Pintu bawah panggul bukan merupakan bidang datar, tetapi tersusun atas dasar dua bidang datar yang masing-masing berbentuk segitiga yaitu bidang yang dibentuk oleh garisantara kedua buah tubera ossis ischii dengan ujung os sacrum dan segitiga lainnya yangalasnya juga garis antara kedua buah tubera ossis ischii dengan bagian bawah simfisis.Pinggir bawah simfisis berbentuk lengkung kebawah dan membentuk sudut (arcus pubis).Dalam keadaan normal, besarnya sudut ini 90
o
atau lebih sedikit.
(1,2,3)
 Bila kurang sekali dari 90
o
maka kepala janin akan lebih sulit dilahirkan karenamemerlukan tempat lebih banyak ke dorsal. Jarak antara kedua tubera ossis ischii adalah 10,5cm.
 
RUANG PANGGUL (PELVIC CAVITY)
 Ruang panggul diatas pintu atas panggul mempunyai ukuran yang paling luas. Di panggul tengah terdapat penyempitan setinggi kedua spina ischiadika. Jarak antara keduaspina ini (distansia interspinarum) normalnya 10,5 cm.
(1,2,3)
 
PELVIMETRI RADIOLOGI
 Pelvimetri bertujuan untuk mengukur pelvis. Indikasi pemeriksaan harus dilakukansecara tepat terutama untuk kasus-kasus yang dengan pemeriksaan klinis diduga kuat adanyadisproporsi antara kepala janin dan panggul ibu. Banyak cara yang dipakai untuk mengukur  pelvis, semuanya bertujuan untuk mengukur garis-garis terpenting pelvis dan mengadakankoreksi untuk distorsi yang ditimbulkan oleh magnifikasi pada radiogram. Yang palingsederhana adalah cara cochler sussman yang dimodifikasi. Dengan ini dibuat 2 radiogramantero-posterior dan lateral pelvis yang penting diukur adalah konjugata vera, panggul tengahdan panggul bawah. Perlu juga dinilai sakrum yang konkaf atau sakrum yang lurus karenadapat mempengaruhi jalannya persalinan. Turunnya kepala dinilai terhadap spina ischiadika.Pada proyeksi ini diukur diameter melintang pintu atas panggul, jarak antara spina ischiadika panggul tengah dan jarak antara kedua tuber ischiadikum panggul bawah.Selain ukuran ± ukuran panggul, perlu diketahui 4 bentuk dasar panggul, yaituginekoid, android, antrofoid dan platipheloid. Bentuk ginekoid menunjukan pintu atas panggul yang bundar. Bentuk antropoid diameter melintangnya lebih sempit daripadakonjugata vera sebaliknya panggul plathipeloid bentuknya lonjong dengan aksis panjangdalam keadaan melintang. Akhirnya panggul android bentuknya seperti segitiga dan ukuran ± ukurannya agak sempit. Dalam praktek, konjugata vera dan diameter intertspinosummerupakan ukuran-ukuran yang terpenting, terutama konjugata vera, dalam menentukansuatu proses persalinan.
DEFINISI
 Panggul disebut sempit apabila ukurannya 1 ± 2 cm kurang dari ukuran yang normal.Kesempitan panggul bisa pada inlet, midpelvis, outlet atau kombinasi dari ketiganya.
(1,2,3,4,5)
KLASIFIKASI
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->