Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
22Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
SNMPTN 2012

SNMPTN 2012

Ratings: (0)|Views: 5,851|Likes:
Published by Wuri Handayani

More info:

Published by: Wuri Handayani on Feb 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

03/02/2013

pdf

text

original

 
SNMPTN 2012› SNMPTN Undangan 2012/2013 (FIXED)
Sep 14, 2011 //379 Comments//
Thank's for!
 
Pada artikel ini, termuat beberapa hal penting terkait
untuk tahun ajaran 2012/2013. Termasuk di dalamnya; ketentuan umum dan
 syarat mengikuti jalur undangan
,
, dan mekanisme pemilihan
 program studi snmptn undangan
yang semuanya merujuk pada web panitia resmisnmptn 2012.Sebagaimana kita ketahui, kuota dariSNMPTNundangan ini cukup besar sehingga dapat menjadi peluang besar bagi teman-teman untuk dapat melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri. Olehkarena itu, patut dicermati beberapa hal terkait penyelenggaraan
SNMPTNUndangan 2012
di bawah ini:
1. JadwalSNMPTNUndangan 2012
:
Pendaftaran Jalur Undangan1 Februari 8 Maret 2012 pukul 22.00 WIBSeleksi Jalur Undangan9 Maret 15 Mei 2012Pengumuman Jalur Undangan25 Mei 2012 pukul 18.00 WIBPendaftaran Ulang yang diterima12 13 Juni 2012
2. Ketentuan Umum dan Persyaratan
2.1. Ketentuan Umum1.Jalur undangan ialah mekanisme seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasiakademik tanpa ujian tertulis dan/atau keterampilan.2.Jalur undangan tidak termasuk jalur penelusuran minat dan bakat.
3.
Sekolah yang berhak mengikuti jalur undangan adalah sekolah yang diundang olehPanitia SNMPTN. Daftar sekolah yang diundang dapat dilihat di laman resmi SNMPTN jalur Undangan .
4.
Sekolah yang belum masuk dalam daftar undangan dapat mengajukan permohonan resmikepada Ketua PanitiaSNMPTN 2012dengan menyertakan profil sekolah.5.Siswa yang dapat mengikuti seleksi adalah siswa yang didaftarkan oleh Kepala Sekolahmasing-masing.2.2. Persyaratan Sekolah
 
Sekolah yang berhak mengikuti Jalur Undangan adalah SMA/SMK/MA/MAK Negeri maupunSwasta yang terakreditasi oleh BAN-SM atau lainnya dan/atau terdaftar pada basis dataSNMPTN 2011.2.3. Persyaratan Siswa Pelamar A.Pendaftaran
a.
Siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir yang akan mengikuti UN pada tahun2012. b.Memiliki prestasi akademik tinggi dan konsisten berdasarkan pemeringkatan olehKepala Sekolah, yaitu: masuk dalam peringkat terbaik di sekolah yang sama padasemester 3, 4,dan 5 dengan ketentuan berdasarkan akreditasi (akreditasi sekolahuntuk SMA dan MA atau akreditasi jurusan/bidang keterampilan untuk SMK danMAK), dengan rincian sebagai berikut:1.Akreditasi A : 50% terbaik dan konsisten di semester 3, 4,dan 52.Akreditasi B : 30% terbaik dan konsisten di semester 3, 4,dan 53.Akreditasi C : 15% terbaik dan konsisten di semester 3, 4,dan 54.Lainnya : 5% terbaik dan konsisten di semester 3, 4,dan 5Pemeringkatan dilakukan sesuai dengan jurusan IPA, IPS, atau Bahasa berdasarkan nilai mata pelajaran yang diujikan dalam UN tahun 2012.c.Memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah.d.Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di perguruan tinggi.e.Tidak buta warna bagi program studi tertentu.
B.
Penerimaan Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional, lulus seleksi jalur undanganSNMPTN 2012, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan olehmasing-masing PTN penerima.
3. Program Studi dan Jumlah Pilihan
Siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) PTN yang diminati.
Siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) program studi yang diminati pada masing-masing PTN.
Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.
Ketentuan lebih lanjut mengenai prosedurseleksi penerimaan mahasiswabaru melaluiSNMPTN Jalur Undangan diatur dan ditetapkan oleh masing-masing PTN yang dipilihsiswa pelamar. Siswa pelamar wajib membaca ketentuan yang berlaku pada masing-masing PTN di laman PTN yang dipilih.
4. Biaya Pendaftaran
Biaya pendaftaran SNMPTN Jalur Undangan Tahun 2012 sebesar Rp.175.000,00 (seratus tujuh puluh lima ribu rupiah) per siswa.
5. Mekanisme Seleksi
Proses seleksi dilakukan dalam dua tahap, yaitu:
 
Tahap pertama, siswa pelamar akan diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi pada PTN pilihan pertama.
Tahap kedua, apabila siswa pelamar tidak terpilih pada PTN pilihan pertama, maka akandiikutkan pada seleksi tahap kedua di PTN pilihan kedua berdasarkan urutan pilihan program studi pada PTN pilihan kedua.
SNMPTN-UGM Jalur Undangan
A.
Latar Belakang
Program ini dibuka bagi seluruh lulusan SLTA/sederajat dengan tahun ijazah 2012, yangmemiliki prestasi terbaik di kelas, di SLTA asalnya. Program ini dilaksanakan secaranasional melalui SLTA asal calon peserta, dengan menggunakan nilai Rapor SLTA atausederajat, semester 3 s.d. semester 5. Jumlah calon mahasiswa yang dapat diterimamelalui program ini pada masing-masing program studi dapat dilihat pada menu dayatampung. SNMPTN Undangan dilaksanakan dengan tujuan :
Mendapatkan mahasiswa baru yang mempunyai prestasi akademiktinggi di SLTA.
Memberikan kesempatan kepada seluruh anak bangsa yangberprestasi akademik tinggi untuk memperoleh pendidikan tinggi.
Memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada sekolah untukmenjadi bagian pelaksana seleksi awal di tingkat sekolah.Mulai tahun 2012, Program Penelusuran Bibit Unggul Kerjasama Instansi danPemerintah Daerah diintegrasikan pada program SNMPTN Undangan ini.B.
Ketentuan Umum
1.Jalur undangan ialah mekanisme seleksi nasional berdasarkanpenjaringan prestasi akademik tanpa ujian tertulis/keterampilan.2.Jalur undangan tidak termasuk jalur penelusuran minat dan bakat.3.Sekolah yang berhak mengikuti jalur undangan adalah sekolah yangdiundang oleh Panitia SNMPTN. Daftar sekolah yang diundang dapatdilihat di laman resmi SNMPTN jalur Undangan(http://undangan.snmptn.ac.id).4.Sekolah yang belum masuk dalam daftar undangan, maka KepalaSekolahnya dapat mengajukan permohonan resmi ke Ketua PanitiaSNMPTN 2012 dengan menyertakan profil sekolah5.Siswa yang dapat mengikuti seleksi adalah siswa yang didaftarkanoleh Kepala Sekolah -nya.
Persyaratan Sekolah
Sekolah yang dapat mendaftarkan siswanya adalah SMA/SMK/MA/MAK Negerimaupun Swasta yang terakreditasi A, B, atau C dari BAN-SM dan/atauterdaftar pada
database
SNMPTN 2011.
Persyaratan Siswa Pelamar
1.Siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir yang akan mengikuti UN padatahun 2012.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->