Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
P. 1
Laporan-Plan-Visit-2009

Laporan-Plan-Visit-2009

Ratings: (0)|Views: 3,293 |Likes:
Published by canpy
laporan PKL
laporan PKL

More info:

Published by: canpy on Feb 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/17/2013

pdf

text

original

 
 Laporan Plan visit Industrial Engineering UNDIP 2009 Angkatan 2007  PT. Djarum Kudus
BAB IPENDAHULUAN
1.1Latar Belakang
Teknik Industri merupakan suatu program studi yang mempunyai banyak disiplin ilmu untuk dipelajari, ilmu mengenai analisis sistem, desain sistem, dan mendesain ulang atau memperbaikisistem. Segi keilmuan yang dipelajari dalam teknik industri diklasifikasikan dengan referensi diatas. Perkuliahan hanyalah sebatas teori, mahasiswa pada era sekarang dirasa harus dapatmengaplikasikan pemecahan masalah yang didapatkan pada perkuliahan pada dunia nyatakhususnya permasalahan dalam dunia industri.Berdasarkan penjelasan di atas, jelaslah bahwa aplikasi teori dari studi ilmu teknik industrisangat penting bagi mahasiswa Teknik industri dalam rangka mempersiapkan diri untuk memecahkan permasalahan dunia industri nyata. Untuk itu, kami bermaksud mengadakankunjungan ke perusahaan Djarum Kudus. Dengan kunjungan ini diharapkan mahasiswa dapatmenimba ilmu serta dapat mengetahui penerapan mata kuliah yang ada pada keilmuan teknik Industri yang telah dipelajari dalam rangka melihat dunia industri yang sesungguhnya.
1.2
Tujuan dan Sasaran Pelaksanaan Plan visit 2009
Tujuan keikutsertaan dalam Plan visit Industrial Engineering UNDIP 2009 :
1.
Untuk menambah wawasan dan memperdalam ilmu pengetahuan mahasiswadalam industri nyata.
2.
Untuk dapat lebih mengerti bagaimana penerapan disiplin ilmu Teknik industridi dunia industri yang sebenarnya.
3.
Untuk mewadahi diskusi antara mahasiswa dengan perusahaan PT.DjarumKudus.
1.3 Tujuan Penulisan Laporan
1. Memenuhi tugas akhir untuk mata kuliah Perencanaan dan Pengendalian Produksi.2. Mengetahui proses produksi di PT. Djarum, meliputi SKT (Sigaret Kretek Tangan) dan SKM(Sigaret Kretek Mesin).
 Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Diponegoro
1
 
 Laporan Plan visit Industrial Engineering UNDIP 2009 Angkatan 2007  PT. Djarum Kudus
3.Mengetahui proses pengolahan limbah di PT. Djarum, sehingga tidak berbahaya bagilingkungan sekitar lingkungan PT. Djarum.4. Mengetahui Kesehatan dan Keselamatan Kerja yang diprogramkan untuk karyawan danlingkungan sekitar PT. Djarum.5. Mengetahui CSR (
Corporate Social Responsibility
) yang dilakukan oleh PT. Djarum bagilingkungan sekitarnya.
1.4 Pembatasan Masalah
Perusahaan yang menjadi objek kunjungan mahasiswa Teknik Industri UniversitasDiponegoro angkatan 2007 yaitu PT. Djarum, yang berlokasi di Jalan Jend. A. Yani 28 Kudus,Indonesia. Ada 5 lokasi yang menjadi fokus tujuan di PT. Djarum ini. Lokasi pertama yaitu SKT(Sigaret Kretek Tangan), yang dikhususkan untuk pembuatan rokok Djarum dengan cara manual(menggunakan tangan). Lokasi kedua yaitu SKM (Sigaret Kretek Mesin), di mana di sinidilakukan pembuatan rokok Djarum dengan cara modern (menggunakan mesin). Lokasi ketigayang menjadi tujuan yaitu pembibitan tanaman. Program pembibitan tanaman ini digunakansebagai bakti lingkungan hidup PT. Djarum bagi lingkungan sekitarnya. Di lokasi ini ditanam berbagai macam tanaman yang bisa menjadikan Kudus sebagai kota yang hijau. Lokasi keempatyaitu IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah),yang terletak di dekat lokasi SKM Djarum. Dilokasi ini, dilakukan pengolahan limbah hasil produksi rokok Djarum. Lokasi terakhir yaitu diGOR Bulutangkis Djarum. GOR ini digunakan sebagai tempat pelatihan bagi para atlet Djarumuntuk berlatih bulutangkis.
1.5 Metode Pengumpulan data
Pengumpulan data dilakukan secara primer dengan wawancara langsung kepada guidePT.Djarum serta secara sekunder dengan mencari literature di internet.
 Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Diponegoro
2
 
 Laporan Plan visit Industrial Engineering UNDIP 2009 Angkatan 2007  PT. Djarum Kudus
1.6 Sistematika Penulisan
Laporan Plan visit 2009 terdiri dari :BAB I berisi tentang pendahuluan.BAB II berisi tentang Gambaran umum perusahaan PT.Djarum.BAB III berisi tentang Kesehatan dan keselamatan kerja pada PT.Djarum.BAB IV berisi tentang Penutup.Daftar Pustaka.Lampiran.
 Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Diponegoro
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->