Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
6Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Manfaat Asam Lemak Bagi Kesehatan

Manfaat Asam Lemak Bagi Kesehatan

Ratings: (0)|Views: 962|Likes:
Published by Sundus Wijayanti
makalah manfaat asam lemak
makalah manfaat asam lemak

More info:

Published by: Sundus Wijayanti on Feb 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/09/2013

pdf

text

original

 
TUGAS BIOKIMIARESUME TIGA JURNALPENTINGNYA ASAM LEMAK BAGI MANUSIA
Dosen PengampuDr. Drh. R. Susanti, MPDisusun:Maria Sundus RW0402510015Pendidikian IPA/kimia
PROGRAM PASCASARJANAUNIVERSIRAS NEGERI SEMARANG2011
 
PENTINGNYA ASAM LEMAK BAGI MANUSIA
Sumber Asam Lemak
Sumber makanan utama omega-6 asam lemak minyak nabati seperti minyak bungamatahari, minyak safflower, minyak wijen, palmolein minyak dan minyak jagung. Sekitar 10-15%dari asam lemak omega-6 diperoleh dari sereal, kacang-kacangan, umbi-umbian, kacang-kacangan dan sayuran sebagai 'lemak tak terlihat' yang kaya sumber makanan asam lemakomega-3 adalah minyak nabati seperti minyak biji rami atau minyak biji rami, lobak atau canola,kacang tanah minyak, minyak zaitun, kedelai minyak, minyak kenari, sayuran berdaun hijau, bijifenugreek, kacang merah, buah-buahan kering, berminyak air dingin ikan (makarel, sarden,salmon hilsa dan sebagainya) dan minyak ikan.Vegetarian khusus, yang tidak makan telur danproduk susu, cenderung untuk mengkonsumsi jumlah sedikit asam linolenat alfa (ALA)dibanding-kan dengan asam linoleat(LA). Junk food juga sarat dengan n-6 asam lemak danasam trans. Indian Kebanyakan mengkonsumsi omega-6 dan omega-3 asam lemak dalamrasio 30-70:1 namun rasio ideal adalah 5-10:1 untuk manfaat kesehatan yang optimal (Singh,2005)
Asam Lemak Tak Jenuh
Asam lemak esensial (EFA) yang diperlukan untuk pemeliharaan kesehatan yangoptimal tetapi tidak dapat disintesis dalam tubuh dan harus diperoleh dari sumber makanan.merekajuga disebut asam lemak tak jenuh ganda (PUFA). Mereka tetap dalam bentuk cair bahkan dalam cuaca dingin seperti jenuh minyak yang memperkuat. Ada dua kelas PUFA,omega-6 dan omega-3. Induk asam lemak omega-6 asam adalah asam linoleat (LA) dan Indukomega-3 asam lemak adalah alpha-linolenic acid (ALA) . Hingga baru-baru, kekurangan asamlemak esensial adalah diyakini menyebabkan kenaikan emosi ,bersisik dermatitis, alopecia,trombositopenia dan gagal tumbuh. Tapi ada bukti untuk yang menunjukkan peran penting dariEFA dan hasil metabolisme aktif mereka untuk pemeliharaan struktural dan fungsional integritassistem saraf pusat dan retina (Ginter dan Simko, 2000)N-3 asam lemak tak jenuh (PUFA/ Polyunsaturated fatty Acids) adalah keluarga asamlemak tak jenuh yang memiliki ikatan rangkap karbon pada posisi n-3 , yaitu ikatan ketiga dari
 
ujung metil dari asam lemak , n-3 dari ikan memberikan kontribusi nutrisi pentaenoic acid (EPA)dan docosahexaenoic acid (DHA). Struktur molekular khusus mereka: terminal karboksi danmetil yang diposisikan dekat satu sama lain (Gambar 1)
Gambar 1 (Ginter,Simko. 2010)
. Penggabungan EPA dan DHA ke dalam membran sel mengubah karakteristik fisik darimembran. Perubahan sifat membran dan kehadiran n-3 dipacu oleh aksi fosfolipid lipasemenghasilkan antiinflamasi eikosanoid . N-3 meningkatkan fungsi biologi seperti ligan mengikatreseptor inti , ion penghubung dan transduksi sinyaln-3 Asam lemak adalah asam lemak esensial, yang diperlukan selama kehamilan danbayi . docosahexaenoic acid , yang merupakan komponen vital dari fosfolipid dari membran sel,terutama di otak dan retina, diperlukan untuk fungsi yang tepat. n-3 Asam lemak baik untukatherosclerosis, penyakit jantung koroner, penyakit inflamasi, dan bahkan mungkin gangguanperilaku. Berikut ini adalah sebagian daftar penyakit yang dapat dicegah atau diperbaiki dengann-3 asam lemak, dalam urutan menurun dari kekuatan tersedia bukti-bukti seperti yangdirasakan oleh reviewer ini:1) penyakit jantung koroner dan stroke;2) defiency esensial asam lemak pada masa bayi (retina dan otak pembangunan);3) gangguan autoimun (misalnya, lupus dan nefropati);4) penyakit Crohn;5) kanker payudara, kolon, dan prostat;6) hipertensi ringan,7) rheumatoid arthritis8) diabetes(Conner, 2000)

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->