Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
11Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
askep Post Partum

askep Post Partum

Ratings: (0)|Views: 511 |Likes:
Published by Muhammad Irwan

More info:

Published by: Muhammad Irwan on Feb 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/26/2013

pdf

text

original

 
1
LAPORAN PENDAHULUAN POST PARTUMA.
 
ONSEP DASAR MEDI
 1.
 
PengertianPost partum / puerperium adalah masa dimana tubuh menyesuaikan, baik fisik maupun psikososial terhadap proses melahirkan. Dimulai segerasetelah bersalin sampai tubuh menyesuaikan secara sempurna dan kembalimendekati keadaan sebelum hamil ( 6 minggu ). Masa post partum dibagidalam tiga tahap : Immediate post partum dalam 24 jam pertama, Early post partum period (minggu pertama) dan Late post partum period ( minggu keduasampai minggu ke enam).Potensial bahaya yang sering terjadi adalah pada immediate dan early post partum period sedangkan perubahan secara bertahap kebanyakan terjadi pada late post partum period. Bahaya yang paling sering terjadi itu adalah perdarahan paska persalinan atau HPP (Haemorrhage Post Partum).Menurut Willams & Wilkins (1988) perdarahan paska persalinanadalah perdarahan yang terjadi pada masa post partum yang lebih dari 500 ccsegera setelah bayi lahir. Tetapi menentukan jumlah perdarahan pada saat persalinan sulit karena bercampurnya darah dengan air ketuban sertarembesan dikain pada alas tidur. POGI, tahun 2000 mendefinisikan perdarahan paska persalinan adalah perdarahan yang terjadi pada masa post partum yang menyebabkan perubahan tanda vital seperti klien mengeluhlemah, limbung, berkeringat dingin, dalam pemeriksaan fisik hiperpnea,sistolik < 90 mmHg, nadi > 100 x/menit dan kadar HB < 8 gr %.2.
 
Anatomi
 
2
 
a.
 
Vagina
 (lubang senggama), yaitu saluran berbentuk silinder yang sangatelastis dan berlipat-lipat. Fungsinya adalah sebagai tempat penis pada saat bersenggama, tempat keluarnya bayi dan menstruasi. b.
 
Cerv
ix
(leher rahim), yaitu bagian bawah rahim. Pada saat persalinan tiba,maka leher rahim membuka sehingga bayi dapat keluar.c.
 
Ut 
erus
(rahim), yaitu tempat janin dibesarkan, bentuknya seperti buahalpukat gepeng dan berat normalnya 30-50 gram. Pada saat dalam keadaantidak hamil, besar rahim hanya sebesar telur ayam kampung.d.
 
O
v
a
i
um
(indung telur), yaitu organ di kiri dan kanan rahim yang berfungsi memproduksi sel telur (
ovum
). Setiap satu bulan sekali indungtelur kiri dan kanan secara bergiliran akan mengeluarkan sel telur. Apabilatidak terjadi pembuahan, maka sel telur akan ikut keluar pada saatmenstruasi.
O
v
a
i
um
mengandung 400.000 sel telur, namun hanya akanmengeluarkan 400 sel telur sepanjang kehidupannya.e.
 
ub
a Fall 
op
ii
(saluran telur), yaitu saluran yang terdapat di kiri dan kananrahim yang berfungsi untuk dilalui oleh ovum dari indung telur menujurahim.3.
 
lasifikasi perdarahan.a.
 
Perdarahan paska persalinan dini/ early HPP/ primary HPP adalah perdarahan berlebihan ( 600 ml atau lebih ) dari saluran genitalia yangterjadi dalam 12 - 24 jam pertama setelah melahirkan. b.
 
Perdarahan paska persalinan lambat / late HPP/ secondary HPP adalah perdarahan yang terjadi antara hari kedua sampai enam minggu paska persalinan.4.
 
EtiologiPenyebab perdarahan dibagi dua sesuai dengan jenis perdarahan yaitu :
 
Penyebab perdarahan paska persalinan dini :1)
 
Perlukaan jalan lahir : ruptur uteri, robekan serviks, vagina dan perineum, luka episiotomi.2)
 
Perdarahan pada tempat menempelnya plasenta karena : atonia uteri,retensi plasenta, inversio uteri.3)
 
Gangguan mekanisme pembekuan darah.4)
 
Penyebab perdarahan paska persalinan terlambat biasanya disebabkanoleh sisa plasenta atau bekuan darah, infeksi akibat retensi produk  pembuangan dalam uterus sehingga terjadi sub involusi uterus.
 
Faktor predisposisi
 
3
 
Beberapa kondisi selama hamil dan bersalin dapat merupakan faktor  predisposisi terjadinya perdarahan paska persalinan, keadaan tersebutditambah lagi dengan tidak maksimalnya kondisi kesehatannya dan nutrisiibu selama hamil. Oleh karena itu faktor-faktor haruslah diketahui sejak awal dan diantisipasi pada waktu persalinan :1)
 
Trauma persalinanSetiap tindakan yang akan dilakukan selama proses persaliananharus diikuti dengan pemeriksaan jalan lahir agar diketahui adanyarobekan pada jalan lahir dan segera dilakukan penjahitan dengan benar.2)
 
Atonia UterusPada kasus yang diduga berisiko tinggi terjadinya atonia uteriharus diantisipasi dengan pemasangan infus. Demikian juga harusdisiapkan obat uterotonika serta pertolongan persalinan kala IIIdengan baik dan benar.3)
 
Jumlah darah sedikit
eadaan ini perlu dipertimbangkan pada kasus keadaan itu jelek, hipertensi saat hamil, pre eklampsia dan eklamsi.4)
 
elainan pembekuan darahMeskipun jarang tetapi bila terjadi sering berakibat fatal,sehingga perlu diantisipasi dengan hati-hati dan seksama.5.
 
PatofisiologiPada dasarnya perdarahan terjadi karena pembuluh darah didalamuterus masih terbuka. Pelepasan plasenta memutuskan pembuluh darah dalamstratum spongiosum sehingga sinus-sinus maternalis ditempat insersinya plasenta terbuka.Pada waktu uterus berkontraksi, pembuluh darah yang terbuka tersebut akanmenutup, kemudian pembuluh darah tersumbat oleh bekuan darah sehingga perdarahan akan terhenti. Adanya gangguan retraksi dan kontraksi otot uterus,akan menghambat penutupan pembuluh darah dan menyebabkan perdarahanyang banyak.
eadaan demikian menjadi faktor utama penyebab perdarahan paska persalinan. Perlukaan yang luas akan menambah perdarahan sepertirobekan servix, vagina dan perinium.6.
 
Gambaran klinik Untuk memperkirakan kemungkinan penyebab perdarahan paska persalinan sehingga pengelolaannya tepat, perlu dibenahi gejala dan tandasebagai berikut :

Activity (11)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
adam_abdurochim liked this
Fika Kharisma liked this
N.V.Y liked this
Isal Tulloh liked this
Isal Tulloh liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->