Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
23Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
TUGAS makalah BIOKIMIA

TUGAS makalah BIOKIMIA

Ratings: (0)|Views: 931 |Likes:
Published by Rahmadona Syafri

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Rahmadona Syafri on Feb 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/21/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN1.
 
1 Latar Belakang
Karbohidrat ( Hidrat Arang ) adalah makanan pokok kita Bangsa Indonesia. Padaumumnya sumber karbohidrat dalam makanan berasal dari beras, namun ada juga yang berasaldari sagu , ketela pohon atau jagung. Di negara yang sudah maju, daging merupakan menu utamadari makanan mereka. Karbohidrat dalam daging disebut dinamakan glikogen.Karbohidrat merupakan senyawa biomolekul yang paling banyak jumlahnya di permukaan bumi ini. Polimer karbohidrat yang tidak larut merupakan pelindung dan membentuk dinding sel bakteri. Pada tumbuhan senyawa ini berfungsi sebagai penopang dan pada binatang berfungsisebagai jaringan ikat dan ³cell coat´Karbohidrat adalah gula. Beberapa gula sederhana, dan lainnya lebih kompleks. Sucrose(gula meja) dibuat dari dua gula yang lebih sederhana yaitu glukosa dan fruktosa. Lactose (gulasusu) terbuat dari glukosa dan galactose. Baik sucrose maupun lactose harus dipecahkan ke dalamgula pembentuknya dengan enzim sebelum badan bisa menyerap dan memakai mereka.Karbohidrat pada roti, pasta, padi, dan makanan lain yang berisi karbohidrat adalah rangkaian panjang molekul gula sederhana. Molekul ini yang lebih panjang juga harus dibongkar oleh tubuh.Jika enzim yang diperlukan untuk mengolah gula tertentu hilang, gula bisa menumpuk di badan,menyebabkan masalah.Metabolisme adalah proses pengolahan (pembentukan dan penguraian) zat -zat yangdiperlukan oleh tubuh agar tubuh dapat menjalankan fungsinya. Fungsi utama dari metabolismkarbohidrat adalah untuk menghasilkan energy dalam bentuk senyawa yang mengandung ikatanfosfat yang tinggi. Kelainan metabolisme seringkali disebabkan oleh kelainan genetik yangmengakibatkan hilangnya enzim tertentu yang diperlukan untuk merangsang suatu prosesmetabolisme.
 
2
 
1.2
 
Tuju
an Pen
u
lisan1.2.1.
Tuju
an Um
u
m
Mengetahui kelainan- kelainan yang disebabkan oleh gangguan metabolismekarbohidrat
1.2.2.
Tuju
an Kh
u
s
u
s
a.
 
Mengetahui penyakit Diabetes Mellitus b.
 
Mengetahui penyakit Galaktosemiac.
 
Mengetahui penyakit penyimpanan glikogen (glikogenosis)d.
 
Mengetahui penyakit Intoleransi Fruktosa Herediter e.
 
Mengetahui penyakit fruktosuriaf.
 
Mengetahui penyakit Pentosuriag.
 
Mengetahui penyakit akibat gangguan metabolisme asam piruvat
 
3
 
BAB II
T
INJAUAN
T
EORI
T
IS2.1 ME
T
ABOLISME KARBOHIDRA
T
 
Peranan utama karbohidrat di dalam tubuh adalah menyediakan glukosa bagi sel-sel tubuh,yang kemudian diubah menjadi energi. Glukosa memegang peranan sentral dalam metabolismekarbohidrat. Jaringan tertentu hanya memperoleh energi dari karbohidrat seperti sel darah merahserta sebagian besar otak dan system syaraf.Salah satu fungsi utama hati adalah menyimpan dan mengeluarkan glukosa sesuai kebutuhantubuh. Kelebihan glukosa akan disimpan di dalam hati dalam bentuk glikogen. Bila persediaanglukosa darah menurun, hati akan mengubah sebagian glikogen menjadi glukosa danmengeluarkannya ke dalam aliran darah. Glukosa ini akan dibawa oleh darah ke seluruh bagiantubuh yang memerlukan seperti otak, system syaraf, jantung, dan organ tubuh lain.Metabolisme adalah proses pengolahan (pembentukan dan penguraian) zat -zat yangdiperlukan oleh tubuh agar tubuh dapat menjalankan fungsinya.Fungsi utama dari metabolism karbohidrat adalah untuk menghasilkan energy dalam bentuk senyawa yang mengandung ikatan fosfat yang tinggi. Metabolisme glukosa diketahui ada beberapa jalur antara lain :
y
 
Glikolisis
y
 
glikogenesis,
y
 
glikogenolisis,
y
 
oksidasi asam piruvat, jalur fosfoglukonat oksidatif (Hexose Mono-phosphate shunt atau pentose phosphate pathway)
y
 
Glukoneogenesis
y
 
Metabolisme fruktosa, galktosa dan heksosamin

Activity (23)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ferdi Iskandar liked this
Evi Dwi Asih liked this
Amelia Fitri liked this
nsyukriya liked this
Wiwi Ulfairah liked this
Mhyernawati Dewi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->