Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
kliping narkoba3

kliping narkoba3

Ratings:

1.0

(1)
|Views: 118 |Likes:
Published by Kas Wati

More info:

Published by: Kas Wati on Feb 28, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/14/2012

pdf

text

original

 
 
 
 
 
 
Pentingnya Wawasan TentangNarkoba
Penyalahgunaan narkoba dikalangan remaja menjadi masalahdilematis. Kenapa? Karena tidak hanya menyangkut remajaatau pelajar itu sendiri. Tetapi juga melibatkan banyak pihakbaik keluarga, lingkungan tempat tinggal, lingkungan sekolah,teman sebaya, tenaga kesehatan, serta aparat hukum, baiksebagai faktor penyebab, pencetus ataupun yangmenanggulangi.Masa remaja adalah masa peralihan dari masa kanak-kanakmenuju masa puber, pada masa inilah umumnya dikenalsebagai masa pancaroba, keadaan dimana remaja penuhenergi, serba ingin tahu, belum sepenuhnya memilikipertimbangan yang matang, mudah terombang ambing, mudahterpengaruh, nekat dan berani, emosi tinggi, selalu ingin coba dan tidak mau ketinggalan.Wawasan dan pengetahuan mengenai narkoba akan menjadi peran yang paling penting untuk mengetahuiapa itu narkoba dan bagaimana narkoba menjadi barang paling berbahaya dan rentan keberadaannyakhususnya di kalangan remaja.NAPZA adalah singkatan dari Narkotika, Alkohol, Psikotropika, dan Zat Adiktif. Bahasa populernya ialahNARKOBA yaitu singkatan dari Narkotika dan Obat Berbahaya. Kata ³Narkotika´ berasal dari bahasa Yunaniyakni ³Narkoum´ yang berarti membuat lumpuh atau membuat mati rasa. Namun perlu diketahui sebelumnyabahwa narkotika memiliki khasiat dan manfaat yang digunakan dalam dunia kedokteran padapenanganannya diperuntukan untuk kesehatan dan pengobatan serta berguna bagi penelitianperkembangan ilmu pengetahuan farmakologi. Ironisnya saat ini malah disalahgunakan oleh pihak tertentuyang menjadikan narkotika sebagai komoditas ilegal.Narkoba menyerang dan merusak syaraf manusia yang mengakibatkan perasaan dan akal seseorang tidakberfungsi normal. Bila dua organ tersebut tidak berfungsi, sebenarnya manusia telah kehilangankemanusiaannya. Pada dasarnya alkohol dan rokok adalah awal pintu masuk seseorang terjerumusnarkoba.
Penyebab Penyalahgunaan Narkoba
 Dilematis, penyebab penyalahgunaan narkoba kerap menjadi permasalahan yang kompleks. Dan banyaksekali faktor penyebabnya diantaranya:- Faktor individual: kebanyakan dimulai pada saat usia remaja, sebab pada usia tersebut sedangmengalami perubahan biologi, psikologi maupun sosial.- Faktor lingkungan: faktor lingkungan ini meliputi faktor keluarga dan lingkungan pergaulan sekitar rumah,sekolah, teman sebaya, maupun masyarakat.
Lingkungan Keluarga
Harus menjadi perhatian khususnya pada lingkungan keluarga yakni; Komunikasi orang tua dan anakkurang baik, hubungan kurang harmonis, orang tua bercerai, kesibukan orang tua yang berlebihan sehinggalupa pada anak, orang tua yang otoriter, kurangnya orang teladan disekitar keluarga dan kurangnyakehidupan beragama.
Lingkungan Sekolah
 Peranan lingkungan sekolah yang menjadi penting karena sebagian remaja hampir setengahnya di habiskandi lingkungan sekolah. Namun ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan lingkungan sekolah yangmenjadi penyebab penyalahgunaan narkoba, diantaranya; lingkungan sekolah yang kurang disiplin, letakgeografis lingkungan sekolah berdekatan dengan tempat hiburan, sekolah yang tidak memberikan perhatiandan pengembangan diri terhadap siswanya, dan adanya pengguna narkoba di lingkungan sekolah.
Lingkungan Masyarakat
Dalam lingkungan masyarakat yang perlu diperhatikan adalah lemahnya penegak hukum dan situasi politik,sosial ekonomi yang kurang mendukung. Beberapa faktor penyebab penyalahgunaan narkoba diatas tidakseluruhnya menjadi penyabab penyalahgunaan narkoba. Baiknya mencegah daripada mengobati, beberapapelaku narkoba mengakui kesusahan untuk berhenti dari narkoba karena sudah ketergantungan. Beberapaperan penting yang harus diperhatikan untuk mencegah penyalahgunaan narkoba yakni; pendidikan agamasejak dini, pendidikan dilingkungan keluarga, pendidikan agama di lingkungan sekolah atau kampus danwawasan tentang narkoba.
(DEDI Humas BNN)
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->