Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Hukum Acara Peradilan TUN (Sari Kuliah)

Hukum Acara Peradilan TUN (Sari Kuliah)

Ratings: (0)|Views: 539|Likes:
Published by Aini Nurul Iman

More info:

Categories:Types, Business/Law
Published by: Aini Nurul Iman on Feb 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/30/2013

pdf

text

original

 
HUKUM ACARAPERADILAN TATA USAHA NEGARA
Dosen :
1.Zainal Muttaqin, S.H., MH.2.Deden Suryo Raharjo, S.H.
PENDAHULUAN
Hukum Acara Peradilan Tata Usaha Negara (Haptun) membahas danmengkaji bagaimana Hukum Administrasi materiil ditegakan oleh hukum acaranya(dalam hal ini hukum acara peradilan administrasi murni).
Materinya meliputi :-Peradilan di Indonesia,-Sengketa administrasi,-Upaya hukum terhadap putusan hakim admnistrasi.
 Is
t
ilah
Menurut
Prayudi
, bahwa Administrasi Negara (AN) dan tatausaha negara (TUN) berbeda, dalam hal ini maka AN memiliki ruang lingkup yanglebih luas.
Sjachran Basah
memberikan nama yang lain terhadap matakuliah Haptun, yakni Hukum Acara Pengadilan Dalam Lingkungan PeradilanAdministrasi (HAPLA), namun istilah ini kurang populer.
Adapun alasan pemilihan istilah ini menurutnya, karenadalam Hapla ini pemahamannya lebih luas karena di dalamnya tercakup mengenai peradilan administrasi murni dan semu (kuasi). Hal ini didasarkan pada adanya beberapa kasus yang tidak diselesaikan di Pengadilan Tingkat I namun harus melalui peradilan semu.
Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran2004-2005Campus in Compact – Hukum Acara Peradilan Tata Usaha Negara
1
 
 Definisi 
Haptun adalah adalah hukum yang mengatur tentang cara-cara bersengketa di Peradilan Tata Usaha Negara, serta mengatur hak dan kewajiban pihak-pihak yang terkait dalam proses penyelesaian sengketa tersebut.
 Pengertian
Haptun; formil, sedangkan Hukum Administrasi Negara(HAN); materiil.
Berdasarkan UU No. 5 Tahun 1986 Tentang Peradilan TataUsaha Negara (UU PTUN), maka pengertian HAN dan Hukum Tata Usaha Negara(HTUN) sama.
Haptun membahas dan mengkaji bagaimana HukumAdministrasi materiil ditegakan oleh hukum acaranya.
Hukum formal berbicara bagaimana peranannya di dalammenegakan hukum materiil dan hal inilah yang merupakan persamaan dari setiaphukum acara.
Hubungan kausalitas antara hukum formil dengan hukummateriil yaitu berkaitan dengan peradilan, bahwa peradilan tanpa hukum formil akanmenjadi liar, tidak mempunyai arah, dan peradilan tanpa hukum materiil akan menjadilumpuh.
Menurut
Sjachran Basah
bahwa hukum acara mengabdi pada hukum materiil.
Untuk timbulnya hukum acara maka dalam pembentukannyaada pilihan, antara lain :1.Ketentuan prosedur berperkara diatur bersama denganhukum materiilnya,2.Ketentuan prosedur berperkara diatur berbeda- beda/terpisah.
Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran2004-2005Campus in Compact – Hukum Acara Peradilan Tata Usaha Negara
2
 
Yang ingin ditegakan oleh hukum formal adalah hukum materiil yang akan diprosesuntuk diungkap mengenai aspek keadilannya melalui pengadilan administrasi murni.
Pada hakikatnya hukum formil masuk pada rumpun hukum publik, berdasarkan teoriresidu dari
van Vollenhoven
, bahwa hukum acara merupakan bagian dari hukum publik dan merupakan bagian dari hukum Administrasi Negara sehingga pemahamannya yang muncul adalah bahwa hukum formil sebagai sarana hukum publik 
(publik rechtelijk instrumentarium).
Perbedaan Haptun dengan Hukum Acara Perdata (Haper) adalah bahwa Haper KitabUU hukum materiil dan formilnya dituangkan dalam kitab yang berbeda, sedangkandalam Haptun tidak ada kitab UU hukumnya, yang ada hanya UU saja yaitu UUPTUN.
Perbedaan Haptun dengan Haper, diantaranya :1.Hakim TUN lebih aktif guna memperoleh kebenaran materil mengarah pada pembuktian bebas.2.Gugatan TUN tidak menunda pelaksanaan keputusan TUN.3.Adanya berbagai kemudahan seperti dalam hal pihak tidak pandai baca tulis, makadibantu panitera dalam merumuskan gugatan, dll.
Teori residu:
HAN adalah keseluruhan hukum dikurangi Hukum pidana materiil,Hukum Perdata materiil, dan Hukum Tata Negara (HTN) materiil.
 Public rechtelijk instrumentarium
melahirkan 5 fungsi, antara lain :1.Fungsi direktif,Hukum berfungsi sebagai pengarah dalam membangun dan membentuk masyarakatyang hendak dicapai sesuai dengan tujuan hidup bernegara.Pengarah; posisi hukum berada di depan dalam rangka proses pembangunan, ini berkaitan dengan
 yuridis instrumentarium,
yaitu suatu kerangka yang memandangseluruh kaidah hukum dalam satu (harmonisasi) dan supremasi hukum.2.Fungsi integratif,Hukum berfungsi sebagai pembina persatuan bangsa.Harus adanya kesatuan hukum (unifikasi hukum) yang dijalankan melalui
Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran2004-2005Campus in Compact – Hukum Acara Peradilan Tata Usaha Negara
3

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Jauhary Kusuma liked this
Mochamad Indra S liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->