Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
P. 1
BAB I

BAB I

Ratings: (0)|Views: 1,137 |Likes:
Published by Asri Aqidah

More info:

Published by: Asri Aqidah on Feb 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/14/2013

pdf

text

original

 
Immune and Hematology system in nursing 1
1
BAB IIPEMBAHASANKASUS 1
Tn.A usia 30 tahun dirawat diruang XX sudah satu bulan, TB 170 cm BBsaat ini 50 kg BB awal 60 kg, mengeluh lemah, lemas tak bergairah, diare selama40 hari sehari 4x sehari sebanyak lebih kurang 250 cc setiap BAB, terpasanginfuse dektrose 500 cc 40 gtt/mnt dilengan kiri, setelah operan perawat Nmemeriksa ada bengkak ditempat insersi infuse, infusan tercatat 5 hari yang lalu.Kemudian perawat N berencana mengganti dengan pemasangan yang baru tetapiklien menolak dengan alasan seluruh badan terasa sakit. Tn.A merasa bahwa penyakitnya tidak bisa disembuhkan dan ingin segera pulang saja. Berdasarkan pemeriksaan vital sign : TD 90/60 mmHg, S : 40°C, R: 28x/mnt, Tn.A seringmendadak mengidap flu yang terasa seperti flu berat sampai suatu ketika hanyakarena flu tersebut Tn.A nyaris pingsan, hasil pemeriksaan laboratoriumdidapatkan nilai ELISA Western Blot (+), neutropenia, anemia normositik normokrom, limfosit CDA+ 200 sel/µl obat-obat yang dikonsumsi : zidofudin.
 Diagnosa Medis : HIV/AIDS
KONSEP
2.1 SEJARAH HIV/AIDS
Pada bulan Juli 1981, New York Times melaporkan suatu kejadian yanglangka bentuk kanker di kalangan laki-laki gay di New York dan California, pertama disebut sebagai "gay kanker"; tetapi medis yang dikenal sebagai KaposiSarcoma. Tentang waktu yang sama, Kamar Darurat di New York City mulaimelihat anguh tampaknya laki-laki muda sehat dengan presentasi fevers, sepertigejala flu, dan radang paru-paru yang disebut Pneumocystis. Tentang satu tahunkemudian, pada CDC (Pusat Pengendalian) link terhadap penyakit darah dan uang
 
Immune and Hematology system in nursing 1
2
logam istilah AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome). Pada tahun pertama lebih dari 1.600 kasus yang didiagnosis dengan hampir 700 kematian.Karena jumlah kematian soared, ahli medis goreng untuk menemukanlebih penting dan menyebabkan penyembuhan. Pada 1984, Institut Pasteur dariPrancis menemukan apa yang disebut mereka tertular virus HIV, tetapi tidak sampai satu tahun kemudian AS ilmuwan, Dr Robert Gallo dikonfirmasi bahwaHIV adalah penyebab AIDS.Setelah penemuan ini, pertama tes HIV disetujui pada 1985. Selama beberapa tahun obat untuk memerangi virus dikembangkan serta obat-obatanuntuk mencegah infeksi yang berkembang saat sistem kekebalan tubuh rusak akibat HIV dan AIDS. Hingga akhir 1987, terdapat 71.000 kasus AIDSdikonfirmasi, mengakibatkan lebih dari 40.000 kematian.Jadi di mana kita akan hari ini? Terima kasih kepada yang pernah berubah-deret baru obat anti-retroviral dan peningkatan dana awal untuk perawatan medis,kematian terkait AIDS di Amerika Serikat menurun. Orang yang sehat dan hiduplagi. Namun, di belahan dunia lainnya, epidemi AIDS di rages. Beberapamemperkirakan bahwa 40 persen dari orang di sub-wilayah Sahara Afrika yangterinfeksi HIV. Banyak dari orang-orang ini tidak menyadari bahwa mereka yangterinfeksi, sehingga dalam infeksi lain, untuk menambahkan penyebaran penyakit.Lain pengingat suram dari epidemi adalah Afrika jumlah anak-anak yatim piatuoleh AIDS. Jalan buntu adalah dengan anak-anak yang kehilangan orang tuauntuk AIDS, tidak memiliki makanan, dan tidak ada tempat untuk pergi. Dandengan uang yang tersedia tidak mahal untuk obat-obatan HIV, epidemidiharapkan untuk mendapatkan jauh lebih buruk, dengan perkiraan 20000000terinfeksi lebih dari 5 tahun berikutnya.
 
Immune and Hematology system in nursing 1
3
2.2 Definisi
Virus HIV
HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus yang dapatmenyebabkan AIDS dengan cara menyerang sel darah putih yang bernama selCD4 sehingga dapat merusak sistem kekebalan tubuh manusia yang pada akhirnyatidak dapat bertahan dari gangguan penyakit walaupun yang sangat ringansekalipun.Virus HIV menyerang sel CD4 dan merubahnya menjadi tempat berkembang biak Virus HIV baru kemudian merusaknya sehingga tidak dapatdigunakan lagi. Sel darah putih sangat diperlukan untuk sistem kekebalan tubuh.Tanpa kekebalan tubuh maka ketika diserang penyakit maka tubuh kita tidak memiliki pelindung. Dampaknya adalah kita dapat meninggal dunia terkena pilek  biasa.
Penyakit AIDS
AIDS adalah singkatan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome yangmerupakan dampak atau efek dari perkembang biakan virus hiv dalam tubuhmakhluk hidup. Virus HIV membutuhkan waktu untuk menyebabkan sindromAIDS yang mematikan dan sangat berbahaya. Penyakit AIDS disebabkan olehmelemah atau menghilangnya sistem kekebalan tubuh yang tadinya dimilikikarena sel CD4 pada sel darah putih yang banyak dirusak oleh Virus HIV.Ketika kita terkena Virus HIV kita tidak langsung terkena AIDS. Untuk menjadi AIDS dibutuhkan waktu yang lama, yaitu beberapa tahun untuk dapatmenjadi AIDS yang mematikan. Seseorang dapat menjadi HIV positif. Saat initidak ada obat, serum maupun vaksin yang dapat menyembuhkan manusia dariVirus HIV penyebab penyakit AIDS.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->