Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
4Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
JENIS KASIH

JENIS KASIH

Ratings: (0)|Views: 3,763|Likes:
Published by EfriLia Simamhora

More info:

Published by: EfriLia Simamhora on Mar 01, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

02/25/2014

pdf

text

original

 
JENIS KASIHAda empat kata Yunani untuk kasih yang penting dimengerti orang Kristen. Kata-kata ituadalah
agape, phileo, storge, dan eros.
Tiga kata di antaranya muncul di dalam Alkitab.Jika kita hendak mengerti Alkitab dan dunia alkitabiah, penting bagi kita untuk mengertiapakah arti kata-kata ini dan di manakah perbedaannya. 
Eros
:Yaitu kasih yang berdasarkan kelima indera jasmani kita, kasih karena nafsu belaka. Jikaseseorang membuat kita nyaman oleh karena dia tampan atau cantik, maka ada kasih bagimereka. Kasih ini berpusat pada diri sendiri dan berusaha untuk memuaskan diri snediri pula. Ketika kasih tidak lagi memberi kepuasaan, maka kasih jenis ini akan segera sirna.Kasih semacam ini didasarkan pada hal-hal yang menguntungkan. Kasih ini timbulkarena adanya ketertarikan secara fisik. Kata ini tidak benar-benar ditemukan dalamPerjanjian Baru, tetapi merupakan acuan dari banyak penggambaran tentang kasih. Eros berarti gairah secara seksual (birahi), baik kenikmatan maupun pemuasannya. KataBahasa Yunani ini mungkin tidak ditemukan dalam Perjanjian Baru karena asal kata iniadalah dari dewa mitologi Yunani, Eros, yang adalah dewa cinta. Kata ini tersirat dalamayat dan adalah satu-satunya makna kasih yang terbatas pada hubungan lelaki dan perempuan dalam suatu ikatan pernikahan. (Ibrani 13:4, Kidung Agung 1:13; 4:5-6; 7:7-9; 8:10; 1 Korintus 7:25; Efesus 5:31).
Storge
:Storge adalah ikatan alami antara ibu dan anak, ayah, anak-anak, dan kerabat. WilliamBarclay menyebutkan, "kita tidak bisa tidak mengasihi anak-anak dan kerabat kita; darahlebih kental daripada air" (N.T. Words, 1974).
Phileo
:Suatu jenis kasih manusiawi dan bersahabat. Seseorang akan rela berkorban danmemberikan segala yang dipunyainya demi seseorang yang mereka kasihi. Namun kasihini lambat laun akan menjadi dingin bila orang yang dikasihinya itu mengecewakan ataumengkhianatinya. Rasa kasih ini akan hilang dan sangat mudah berubah menjadikebencian. Kasih macam ini juga disebut dengan kasih yang bersyarat. Kasih phileoadalah kasih yang terpancar dalam perhatian. Memang indah untuk bersama-sama denganseseorang, sesuatu kehangatan yang datang dan pergi yang lahir dari kebersamaan. Allahtidak pernah memerintahkan kasih phileo karena kasih jenis ini semata-mata berdasarkanatas perasaan. Allah sendiri tidak mengasihi dunia secara phileo tetapi bekerja dalam kitadengan kasih agape. Saya tidak bisa memberikan kehangatan kepada seorang musuhtetapi saya bisa memberikan kasih agape kepada mereka.
Agape
:Ini adalah kasih Allah iaitu kasih yang tidak bersyarat, mengasihi dalam segala keadaantanpa memperdulikan balasa. Kasih agape adalah kasih yang memberi dan rela berkorban bagi orang lain. Kasih agape adalah kasihnya Allah. Kasih agape bekerja untuk memberikan kebaikan bagi orang lain tanpa memperdulikan apa yang dirasakannyasendiri. Kasih agape tidak bisa diterjemahkan sebagai suatu perasaan atau perhatian.
 
Yesus menunjukkan kasih ini kita ia memikul salib dan mati bagi Anda dan saya tanpamemperdulikan apa yang Ia sendiri rasakan saat itu. Dalam kitab Injil Yesus berdoa, "YaBapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki."(Matius 26:39; Markus 14:36; Lukas 22:41-43; Yohanes 18:11). Yesus berusaha bagikebaikan Anda dan saya, tanpa memperdulikan perasaan-perasaan-Nya sendiri. Matius7:12 menyebutkan, "Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuatkepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dankitab para nabi."KASIH AGAPEKasih Tuhan ialah kasih “Agape,” yakni kasih yang tidak menuntut, dan tidak mementingkan diri sendiri. Itulah kasih yang sejati dan murni, dan yangmerupakan kasih yang sesungguhnya. Sayang banyak orang Kristen yang engganhidup dalam suasana yang dilingkupi dengan kasih Tuhan tersebut. kebanyakanorang lebih mengumbar kasih eros. Kasih eros ini dangkal tingkatannya dansifatnya egoistis, ia selalu menuntut kepuasan diri. Kehidupan keluarga yanghanya dilandasi oleh kasih eros saja akan sangat rapuh landasannya. Ia akangampang goyah ketika “badai” melanda. Kehidupan keluarga tanpa kasih Kristus(agape) pasti akan mengalami banyak persoalan.Oleh sebab itu firman Tuhan mengingatkan bahwa yang terpenting dari semua halyang kita lakukan adalah kasih kita. Jika kita memiliki kasih yang sejati,hidup kita tentu akan membawa yang positif. Banyak pertikaian, pertengkaran, perselisihan dan berbagai hal negatif dapat dicegah kalau dalam diri kitatersimpan kasih yang sejati itu. Kasih agape selalu memberi tempat bagi katamaaf dan ampun, ia cenderung untuk menguntungkan orang lain. Kalau setiap kitamemiliki kasih yang demikian, maka akan banyak hal positif yang dapat kitalakukan.Kata Yunani yang menunjuk kepada kasih terhadap Tuhan, salah satu jenis kasih yangharus kita miliki untuk orang lain, adalah
agape
.
Agape
adalah sifat inti Tuhan, karenaTuhan adalah kasih (1 Yoh. 4:7-12, 16b). Kunci utama untuk mengerti agape adalahmenyadari bahwa itu dapat dikenal dari tindakan yang mendorongnya. Sebenarnya,kadang kala kita berbicara tentang ”teladan perbuatan” dari kasih agape. Orang-orang pada masa kini terbiasa berpikir tentang kasih sebagai suatu perasaan, tetapi tidak demikian halnya dengan kasih agape. Agape adalah kasih karena apa yang dilakukannya, bukan karena bagaimana perasaannya.Tuhan sangat “mengasihi” (agape) sehingga Dia memberikan Anak-Nya. Tuhan tidak merasa nyaman untuk melakukan itu, tetapi itu adalah perbuatan yang penuh kasih.Kristus sangat mengasihi (agape) sehingga Dia memberikan hidup-Nya. Dia tidak maumati, tetapi Dia mengasihi, jadi Dia melakukan apa yang diminta oleh Tuhan. Seorangibu yang mengasihi bayinya yang sakit akan jaga semalaman untuk merawatnya, yangmerupakan sesuatu yang tidak mau dilakukannya, tetapi ini adalah suatu tindakan kasihagape yang sesungguhnya.
 
Pada dasarnya kasih agape bukan sekadar sebuah gerakan hati yang lahir dari perasaan.Sebaliknya kasih agape adalah gerakan kehendak, pilihan yang sengaja dilakukan. Itulahsebabnya Tuhan dapat memerintahkan kita untuk mengasihi musuh kita (Mat. 5:44; Kel.23:1-5). Dia tidak memerintahkan kita untuk ”memiliki perasaan yang baik” terhadapmusuh kita, tetapi untuk bertindak di dalam cara yang penuh kasih terhadap mereka.Kasih agape berhubungan dengan ketaatan dan komitmen, dan tidak selalu perasaan danemosi. ”Mengasihi” seseorang adalah mentaati Tuhan demi kebaikan orang lain,mengupayakan berkat dan keuntungan orang lain untuk jangka panjang.CIRI KHAS KASIH AGAPE1. Pertama, kasih Agape tidak bergantung pada keadaan dari objek kasih itu.Contohnya, Allah telah mengasihi kita bukan karena kita layak untuk dikasihi, ataukarena kita adalah sahabatNya.
 
Malah, kita yang tadinya dikategorikan sebagai"seteru" telah diperdamaikan dengan Allah oleh kematian Anak-Nya, dan diselamatkanoleh hidup-Nya. Tentu kasih seperti ini sangat berbeda dengan apa yang kita jumpaisehari-hari.
 
Biasanya kita mengasihi orang yang mengasihi kita, atau yang layak kitakasihi.
 
Kasih kita kepada seseorang akan sangat bergantung pada keadaan orang yangakan kita kasihi itu.2. Ciri khas kedua dari kasih Agape adalah bahwa, kasih ini bukan semata-mata emosiatau perasaan saja.
 
Kasih Agape adalah kasih yang dipraktekkan dengan rencanadan komitmen. Kasih ini tidak terjadi secara kebetulan.
 
Kasih Agape dilaksanakanuntuk keuntungan orang yang dikasihi itu. Karena itu Yesus telah datang ke dunia iniuntuk keuntungan manusia yang telah jatuh di dalam lumpur dosa.3. Ketiga, kasih Agape berani mengambil resiko untuk menderita kerugian, materi, atauhidup sekalipun.
 
Yesus telah buktikan bentuk kasih itu di bukit Golgota.
 
Ia rela matiuntuk keselamatan orang berdosa.GAMBARAN KASIH AGAPEBerikut ini adalah gambaran tentang kasih agape, yang juga disebut sebagai kemurahanhati (1 Korintus 13). Gambaran ini meringkas penyelidikan tentang kata-kata tentangkasih dalam Bahasa Yunani dan Inggris berserta maknanya dalam 1 Korintus 13:4-8.
 KASIH ITU SABAR
. Dalam Kasih Allah ada tenggang rasa dan kemampuan untuk tahanuji terhadap situasi yang kurang menguntungkan dan terhadap sikap orang-orang yangkurang mengenakkan. Kasih Allah itu panjang sabar.
 KASIH ITU MURAH HATI 
. Secara alami kasih Allah itu ramah, murah hati, hangat,dan baik. Kasih Allah murah hati dan rela menolong, simpatik dan memahami orang lain.Kasih Allah itu penuh perhatian, lemah lembut, tenggang rasa, adil, dan bijaksana, danhanya ingin mengusahakan kebaikan bagi orang lain. Kasih Allah itu pemurah, menerimasesama, dan kebaikannya terpancar dalam perbuatan.

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Lily Maria liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->